Thanos, yang biasa disebut sebagai Mad Titan, merupakan salah satu villain terkuat dan juga paling ditakuti di seluruh cerita Marvel Comics. Thanos sendiri merupakan keturunan dari ras alien kuno yang dikenal sebagai Eternals. Thanos sendiri merupakan “mutan” di kaumnya, karena gen Deviant yang ada di dalam dirinya yang merubah struktur dari tubuhnya dan memiliki kekuatan dari para Eternals terdahulu.

Marvel Universe sendiri memiliki banyak sekali versi, selain versi utamanya yaitu Earth-616. Dengan banyaknya versi dari universe tersebut, maka ada banyak pula versi karakter yang muncul dalam cerita termasuk Thanos. Selama ini, mungkin kita mengenal Thanos yang berasal dari universe utama. Tapi, sebenarnya ada versi Thanos lainnya di alternatif universe lain. Siapa saja?

Ultimate Thanos

Ultimate Thanos berasal dari salah satu alternatif universe, yaitu Ultimate Universe. Universe ini  dikenal di kalangan para fans sebagai sebuah universe yang memiliki kekuatan karakter sedikit lebih lemah dibandingkan universe utamanya. Tapi, Thanos terbukti pengecualian dari hal itu. Thanos versi ini sudah bisa dibilang dewa, dengan dia yang sudah menaklukan universe tersebut 30.000 tahun sebelumnya.

Fantastic Four merupakan salah satu kelompok pahlawan yang pernah berhadapan dengan Ultimate Thanos. Meskipun untuk urusan kekuatan, Fantastic Four memiliki keunggulan dibanding superhero lainnya, tim pahlawan ini tetap bukan apa-apa dihadapan Ultimate Thanos. Ultimate Thanos memiliki kekuatan yang luar biasa, cosmic awareness yang membuatnya bisa melihat keadaan jarak jauh bahkan sampai dengan ujung sistem tata surya, dan pengendali pikiran. Yang lebih gila lagi, dia memiliki kemampuan untuk bisa kembali hidup setelah dia tewas.

Avengers Thanos

Bagaimana jika Thanos, salah satu villain terkuat, bergabung dengan tim pahlawan Avengers? Hal ini terjadi dalam komik Thanos #10, dimana dia digambarkan sebagai sosok yang telah berubah menjadi baik dan menjadi bagian dari Avengers. Tapi, sebenarnya Thanos versi ini sengaja dikirim ke masa tersebut sehingga dia bisa menjadi seorang pahlawan.

Dalam volume tersebut, Thanos diperhitungkan sebagai salah satu orang terkuat di bumi dan sangat senang dengan khidupannya tersebut. Namun, Thanos kemudian sadar jika itu hanyalah sebuah realita rekaan yang dibuat oleh The Sister of Eternity. Thanos sendiri sempat ditawari untuk tetap berada di realitas itu dan diberikan kekuatan tambahan. Namun, Thanos menolak dan lebih memilih kembali ke realitanya.

Poison Thanos

The Poisons merupakan makhluk monster kecil dengan kemampuan yang sama dengan symbiote. Jika menyatu atau terkena symbiote tersebut, tubuh tersebut akan menjadi inang dan akan memberikan mereka kekuatan yang sangat besar. Seperti Venom atau Carnage. Bagaimana jika hal ini terjadi kepada Thanos? dia menjadi sosok yang lebih kuat dibandingkan versi sebelumnya.

Pertama kali diperkenalkan di Edge of Venomverse #2, makhluk Poisons tersebut berencana untuk menggunakan korban mereka sebagai alat untuk menyerbu ke realitas lainnya. Tujuannya adalah agar mereka semakin banyak dan kekuatan mereka pun semakin kuat. Meskipun sering kali gagal, rasa haus untuk sebuah dominasi tetap membuat mereka merencanakan hal tersebut. Pemimpin dari para Poisons sendiri adalah Thanos yang pikirannya sudah rusak.

Thanoseid

DC dan Marvel terkenal akan persaingannya di era modern ini. Namun, di era 90an mereka pernah melakukan kerja sama untuk meluncurkan sebuah judul komik. Mereka pertama kali memperkenalkan DC vs Marvel, dan kemudian kedua publisher ini memperkenalkan sebuah alternate universe yang bernama Amalgam Universe. Hal unik dari universe ini adalah para karakter pahlawan favorit keduanya, disatukan menjadi satu karakter.

Diantara sekian banyak karakter yang disatukan, ada nama Thanos dan Darkseid yang kemudian berganti nama menjadi Thanoseid setelah mereka menyatu. Dengan kekuatan tersebut, Thanoseid menjadi salah satu karakter villain paling kuat dalam sejarah komik. Menjadi pemimpin bagi planet Apokolips, Thanoseid berencana untuk menghancurkan Amalgam Universe demi mendapatkan cinta dari Lady Death. Sayangnya, rencana tersebut gagal dan Thanoseid tidak lagi terlihat sejak Amalgam universe berakhir.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2