Moro

Dalam cerita terbaru dari Dragon Ball Super, kita diperkenalkan oleh seorang villain baru yang sangat kuat. Namanya adalah Moro. Meskipun bentuknya seperti hewan dan sudah tua, kekuatannya tidaklah serendah yang dibayangkan. Bahkan, Moro sendiri sudah muncul jutaan tahun yang lalu sebelum cerita utama Dragon Ball muncul. Hal yang paling mengerikan adalah dia ternyata mengkonsumsi planet untuk memenuhi rasa laparnya.

Moro sendiri sempat dikurung di penjara galaktik, setelah Grand Supreme Kai mengorbankan setengah kekuatan miliknya. Setelah kabur dari penjara galaksi, Vegeta dan Goku harus menjalankan misi untuk menangkap kembali Moro. Setelah bertemu, Vegeta dan Goku menyadari jika Moro bukanlah musuh yang biasa. Moro juga sempat akan menghancurkan planet New Namek.

Chi Chi

Chi-chi sudah lama dikenal sebagai istri dari Goku. Bahkan semenjak kecil, Chi-Chi memiliki keinginan untuk menikahi Goku. Banyak yang kemudian berpendapat jika Goku dan Chi-Chi merupakan salah satu cerita romantis dalam Dragon Ball, tapi ada hal lain. Sejak kecil Chi-chi sudah memiliki tendensi yang luar biasa. Chi-chi juga pernah dibesarkan oleh Ox King.

Sempat beredar rumor yang mengatakan jika Chi-chi pernah memakan seseorang. Tapi, hal itu belum terbukti kebenaranya. Yang pasti, Chi-chi juga merupakan seorang wanita yang kuat. Terkadang Goku sendiri takut ketika menghadapi Chi-Chi.

Shenron

Mungkin terdengar aneh jika Shenron membunuh Goku, tapi ada sebuah cerita yang cukup menyentuh di akhir Dragon Ball GT. Dalam arc terakhir di seri tersebut, diceritakan jika Goku dan Pan berkelana keliling dunia untuk mencari keberadaan Shadow Dragons, yang merupakan hasil dari energi bola naga yang corrupt atau rusak akibat terlalu sering digunakan.

Di akhir ceritanya, Goku akhirnya dipertemukan dengan villain terkuat dari Shadow Dragons, Omega Shenron. Setelah berhasil mengalahkannya dan menyelamatkan Shenron yang asli, Goku kemudian naik ke punggungnya. Kemudian bola naga yang ada “diserap” masuk ke dalam tubuh Goku. Setelahnya, Goku pun menghilang. Apakah Goku memang benar-benar menghilang ataukah hanya sebuah perjalanan spiritual.

Menua/Usia

Sekuat apapun Goku, selincah apapun Vegeta, mereka tidak bisa menghadapi hukum alam yang membuat waktu terus berputar. Hasilnya adalah usianya pun bertambah, dan gerakannya tidak lagi secepat yang dulu. Mungkin ada beberapa cara untuk bisa memanjangkan usia, seperti dalam cerita Dragon Ball GT yang membuat Goku kembali menjadi anak kecil.

Kondisi fisik Goku yang tetap terlihat mudah mungkin merupakan salah satu DNA yang dimiliki oleh bangsa Saiyan, dimana usia mudanya lebih lama dibandingkan manusia. Tapi, tentu saja seiring berjalannya waktu usia muda tersebut akan tetap berubah menjadi usia tua, meskipun definisi tua Saiyan dan manusia tentu berbeda.

Vegeta

Ada banyak cerita atau hal-hal menarik dalam franchise Dragon Ball seperti selalu ada musuh yang lebih kuat dan pertarungan energi yang tidak ada habisnya. Tapi, salah satu hal lainnya yang menarik adalah bagaimana rivalitas diantara dua karakter utama Dragon Ball, Goku dan Vegeta. Rivalitas ini bahkan sudah muncul semenjak mereka pertama kali bertemu.

Skenarionya adalah dengan usia yang terus bertambah, Goku kemudian memberikan tawaran bertarung yang terakhir kepada vegeta dengan kekuatan penuh dan tanpa ada orang di planet atau wilayah tersebut. Tujuannya tentu saja untuk mencari siapa Saiyan terbaik diantara keduanya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.