Buat Geeks para pecinta komik Marvel, pastinya memiliki cerita alternatif atau timeline alternatif yang menjadi favorit. Cerita-cerita tersebut biasanya menjadi jembatan atau menjadi titik balik dari series utamanya. Dari sekian banyak nama yang ada di timeline alternatif Marvel Comics, beberapa diantaranya bisa saja diadaptasi ke MCU dan juga komiknya. Apa saja?

Age of Apocalypse

Time Age of Apocalypse mungkin bisa dibilang merupakan salah satu timeline alternatif paling  populer di Marvel Comics. Timeline alternatif ini pernah beberapa kali “mati” namun, di tahun 2000an timeline ini sudah beberapa kali kembali dihidupkan. Ceritanya sendiri memperlihatkan bagaimana Apocalypse berhasil menguasai semuanya, termasuk manusia.

Apocalypse kemudian mengubah manusia menjadi sebuah kasta terendah dibawah mutan. Magneto kemudian menciptakan X-Men dan bergabung dengan manusia demi menyelematkan apa yang tersisa dari kehancuran tersebut. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, mereka mencoba untuk melawan kembali para mutan jahat tersebut.

Pasukan Keamanan Xavier

Para X-Men dipaksa harus menghadapi berbagai masa depan yang mengerikan yang sulit untuk mereka hindari. Kebanyakan dari ceritanya, mereka harus menghadapi ciptaan manusia Sentinels yang berhasil menyapu bersih para mutan. Tapi, dalam cerita Xavier’s Security Enforcers bercerita setelah Scott Summers berhasil memimpin pemberontakan melawan Sentinels, yang juga melawan pencipta mereka.

Di timeline ini, para mutan harus menghadapi musuh terbesar mereka, harus melihat semuanya menjadi buruk, namun masih bisa berhasil untuk mengembalikan keadaan. Menjaga kedamaian adalah tugas terbaru mereka, dan melihat bagaimana X-Men membentuk tim yang bisa menjaga mutan maupun manusia adalah sebuah misi yang hebat dari Xavier.

Guardians of the Galaxy 3000

Jauh sebelum kita mengenal tim Guardians of Galaxy yang sekarang, ada sebuah versi yang lain di komik dari Guardians of the Galaxy. Versi ini merupakan sebuah kelompok para pejuang kemerdekaan di tahun 3000 yang bertarung melawan ancaman badoon, sebuah ras alien yang sudah menjadi penguasa di galaksi dan sedang mengincar bumi.

Sebuah cerita yang menghadirkan para karakter dari Guardians of the Galaxy versi ini tentunya akan memberikan sebuah cerita yang baru bagi Marvel Cosmic Comics. Cerita ini juga bisa diadaptasi di cerita film Guardians of the Galaxy berikutnya, yang tentunya akan semakin memperkaya karakter di MCU.

X-Men Professor W

X-Men: Millenial Visions merupakan salah satu timeline alternatif yang cukup aeh. Setelah Wolverine membunuh sang professor dan membuatnya tidak bisa bergerak, dia pun kemudian memutuskan untuk mengambil alih X-Men dan menjadi pengganti Professor X. Anggota X-Men yang dikepalai oleh Wolverine ini benar-benar luar biasa, seperti Nightcrawler, anak dari Scarlet Witch, anak dari Apocalypse, Legacy Virus versi nyata.

The Avengers World

Dalam seri komik Avengers yang ditulis oleh Jonathan Hickman, sebelum event “Time Runs Out,” kita melihat para pahlawan Marvel tersebut terjebak di sebuah tempat atau medan akibat Time Gem yang rusak. Medan tersebut justru mengirim para Avengers ke masa yang akan datang, memberikan kita gambaran dari bumi yang berbeda-beda.

Pertama adalah mereka dikirim ke beberapa dekade kemudian,kemudian beberapa abad, selanjutnya adalah ribuan tahun. Setiap kali mereka berhenti di suatu masa, selalu bumi terlihat lebih menarik dibanding sebelumnya. Hickman sendiri kemudian terburu-buru untuk segera menulis cerita Secret Wars, tapi setidaknya kita bisa melihat bagaimana bumi di masa yang akan datang, bagaimana para Avengers tersebut bertindak.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2