Sejak tahun 2017, Lucasfilm mengumumkan bahwa Rian Johnson akan mengembangkan trilogi Star Wars baru yang terpisah dengan cerita Star Wars yang kini kita kenal. Hal itu menimbulkan reaksi beragam dari para penggemar. Banyak yang setuju dan antusias menunggu kabar selanjutnya, namun banyak pula yang kontra karena dianggap terlalu memaksakan. Apalagi Star Wars: The Last Jedi yang digarap oleh Rian Johnson di anggap tidak memuaskan penggemar.

Namun, presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy, masih sangat senang dengan pekerjaan yang dilakukan Rian Johnson pada The Last Jedi. Meskipun kecaman keras cukup banyak di dapatkan, namun kursi Rian Johnson sepertinya masih dingin dan masih tetap dipercaya untuk proyek Star Wars selanjutnya. Sang sutradara pun memberi update terbaru mengenai hal ini. Seperti kutipan dibawah ini:

“Saya selalu fokus pada mengarahkan karya saya sendiri dan tidak pernah memiliki masalah di produksi. Saya senang untuk membuka semuanya dan mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang berbakat dan belajar dari mereka. Sangat banyak model mengenai cara kami bekerja, meskipun Star Wars berbeda, tetapi kami selalu berpikir seperti pembuat film indie, mempertahankan tingkat pemikiran atas apa yang telah kami lakukan. “

Intinya, Rian dan berbagai elemen di Lucasfilm tidak terpengaruh dengan kritikan dari para penggemar dalam membangun cerita Star Wars. Namun mereka kini mengubah strategi dengan memperkaya iterasi Star Wars. Seperti misalnya, setelah The Rise of Skywalker, Lucasfilm akan “hiatus” dari layar lebar dan mengalihkan fokus ke layar kecil dengan series Obi-Wan Kenobi dan The Mandalorian. Selain itu adapula trilogi yang digarap oleh showrunner Game of Thrones, David Benioff dan W.B. Weiss yang kabarnya akan berdasarkan cerita Old Republic.

Setelah seluruh rencana tersebut selesai, barulah trilogi Star Wars dari Rian Johnson dibuat. Jadi setidaknya mungkin kita baru akan melihat trilogi tersebut hingga tahun 2030 atau satu dekade mendatang. Apalagi Rian Johnson juga kini masih mengembangkan ceritanya dan ia menegaskan bahwa dirinya sangat bersemangat untuk “sesuatu yang melangkah di luar karakter warisan.”  seperti yang dilansir dari Deadline.