Buat Geeks penggemar Marvel Comics tentu mengenal salah satu karakter klasik mereka, Beta Ray Bill. Karakter tersebut ternyata memiliki kemiripan dengan sosok Thor Odinson. Selain dari sisi penampilan, Beta Ray Bill juga memiliki kesamaan lainnya yaitu sama-sama bisa menggunakan Mjolnir. Tapi, pasti ada pertanyaan apa yang tidak bisa dilakukan oleh Thor namun bisa dilakukan oleh Beta Ray Bill? Berikut adalah pembahasannya.

Desain yang Ambigu

Beta Ray Bill pada awalnya sengaja didesain dan diperkenalkan untuk membuat bingung para fans, apakah dia merupakan karakter villain atau karakter protagonis. Tapi, seiring berjalannya waktu kita akhirnya tahu jika Beta Ray Bill adalah seorang karakter protagonis. Jika dilihat dari desain karakternya, dia memang terlihat lebih kejam dibandingkan sosok Thor sehingga pastinya orang banyak yang berpikir jika dia adalah karakter villain.

Meskipun Thor bisa berbaur dengan manusia dengan desainnya tersebut, sayangnya hal itu tidak berlaku bagi Beta Ray Bill. Tapi hal positifnya adalah artinya Bill bisa berbaur dengan makhluk dari luar angkasa lainnya atau mungkin juga dengan berbagai karakter atau makhluk dari alam lainnya.

Mampu Memecahkan Teka-Teki

Beta Ray Bill mungkin memang bukan orang yang paling pintar di universe Marvel (sudah ada karakter yang memegang titel tersebut), tapi dia tetaplah karakter yang cerdas. Hal ini tentunya tidak ada di dalam diri Thor, yang (terkadang) lebih mengedepankan emosi, ego, dan amarahnya. Ketika ada sebuah misteri atau teka-teki yang harus dipecahkan, Bill bisa lebih baik dibanding Thor.

Ada sebuah data statistik yang mendukung opini ini. menurut data statistik Marvel (Marvel stats list), Beta Ray Bill memiliki rating 5 (dari 7) untuk tingkat kecerdasannya. Sedangkan Thor, hanya mendapatkan nilai 2. Perbedaan angka yang cukup jauh, bukan?

Daya Tahan

Sebenarnya, untuk poin daya tahan (durability) antara Beta Ray Bill dan Thor ini sangatlah tipis perbedaannya. Baik Bill atau Thor tetap bisa terus bertarung dan berjuang meskipun mereka mendapatkan serangan besar yang melukai dirinya. Beta Ray Bill sendiri memang sedari awal didesain untuk bisa melakukan hal tersebut, sedangkan Thor memiliki kekuatan Asgardian dan Mjolnir yang menolongnya. Baik Bill maupun Thor sama-sama sudah mengalami banyak pertarungan dalam hidup mereka, dan mereka terbukti mampu terus bertahan.

Pertarungan Jarak Dekat

Tahukah Geeks jika Beta Ray Bill dan Thor pernah saling bertarung satu sama lain? Hal ini terjadi ketika keduanya bertemu di universe yang lain, dan mereka bertarung demi memperebutkan kehormatan untuk menggunakan Mjolnir. Odin menyaksikan langsung pertarungan tersebut, menentukan lokasinya dan menentukan pertarungan seperti apa yang akan dilakukan.

Hasil dari pertarungan tersebut adalah Beta Ray Bill menjadi pemenangnya. Meskipun pertarungannya sendiri merupakan pertarungan sampai mati, tapi Bill menolak untuk membunuh Thor. Hal itu disambut baik oleh Odin dan Bill pun mendapatkan hormat dari Odin. Hal inilah yang kemudian menjadi awal mula terbentuknya Stormbreaker, salah satu senjata lain Thor.

Metode Penyembuhan

Kita semua tahu jika baik Thor ataupun Beta Ray Bill memiliki sebuah kemampuan untuk bisa menyembuhkan dirinya sendiri ketika terluka. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa mereka sulit untuk ditaklukan.  Tapi, kemampuan untuk menyembuhkan yang lain adalah hal yang membedakan kedua karakter ini. Meskipun keduanya sama-sama memiliki keinginan untuk menolong orang lain.

Alter ego dari Thor adalah seorang doktor dan dia tentunya menyembuhkan orang lain. Hanya saja Thor melakukannya dengan cara medis. Sementara itu, Beta Ray Bill memiliki kemampuan untuk bisa menggunakan healing factor miliknya demi menyembuhkan luka orang lain. Meskipun penyembuhannya sendiri bukan dalam tingkatan “ekstrim” seperti memunculkan kembali tulang atau bagian tubuh yang hilang, namun hal ini menjadi sebuah kelebihan yang positif.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2