Troopers dan Star Wars adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, rasanya tidak mungkin jika kita membicarakan film Star Wars, apa pun itu, tanpa mengingat para Troopers yang menjadi salah satu ikon dari franchise film ini. Tapi mungkin ada beberapa dari kamu yang belum mengenal seluruh Troopers. Yup, ada beberapa jenis Troopers di Star Wars Universe.  Gak cuma Stromtrooper, masih ada Troopers lain yang masing-masing memiliki tugas dan spesialisasi khusus. Nah langsung aja kita bahas satu persatu jenis para Troopers yang hadir dalam Star Wars Universe :

Stromtrooper

Kita mulai dari yang paling sering kita temui, yaitu Stormtrooper, Ciri paling khas untuk Troopers jenis ini adalah armor besi putih dan sarung tangan hitam. Armor ini merupakan armor yang memungkinkan bagi Stromtroopers untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim sekali pun. Pasukan ini berada di bawah komando khusus pasukan kekaisaran,dan merupakan pasukan yang memiliki loyalitas mutlak untuk kaisar Sheev Palpatine dan rezim Empire Pertama.

Para clone yang menjabat di Republik Galactic merupakan pasukan pertama yang dijadikan pasukan Stromtroopers akibat buntut dari Clone Wars. Mereka di tugaskan untuk mengamankan para pemberontak dan menegakan rezim Empire di seluruh galaksi. Seiring waktu pasukan ini mulai merekrut banyak manusia untuk menjadi seorang prajurit, meskipun mereka harus berperang dengan pihak Rebelion. Empire akhirnya dapat di kalahkan dan Kaisar terbunuh dalam pertempuran Endor. Akibat kondisi ini para pejabat pihak Empire harus menandatangani sebuah perjanjian Galactic Cocordance. Sebuah perjanjian damai yang di antaranya berisi pelarangan perekrutan Stromtroopers. Namun generasi baru pasukan ini mulai di latih kembali di bawah bimbingan first order pihak Empire.

Stormtroopers dilengkapi dengan senjata laser ringan E-11, namun juga bisa memanfaatkan senapan laser DLT-20A atau DLT-19 yaitu senapan blaster kelas berat bila diperlukan.

Clone Troopers

Clone Troopers adalah para pasukan yang terlatih untuk membela Galactic Republic ( berbeda dengan Galactic Empire yang merupakan rezim otoriter setelah mengkudeta rezim Galactic Republic ) . Dikembangkan dari template genetik pemburu hadiah bernama Jango Fett, Clone Troopers mewakili generasi terbaru dalam Perang Galaksi saat itu karena keunggulan mereka dibandingkan Battle Droid. Perkenalan formal mereka sebagai kekuatan militer baru dari Galactic Republik bertepatan dengan pecahnya Galaxy Civil War.

Selama tiga tahun, mereka mengabdi kepada para Jedi dan bersama-sama memerangi kaum separatis. Namun meskipun berulang kali mereka menunjukan kesetiaan untuk para Jedi dan Republic, tetapi sebenarnya Clone Troopers adalah senjata rahasia para Sith. Sebuah orde gelap yang bersekongkol untuk merebut galaksi.

Terlepas dari upaya mereka untuk menyelamatkan Republik, Clone Troopers akhirnya memainkan peran ganda saat pembantaian para Jedi dan kebangkitan Galactic Empire Sith. Dan para Clone Troopers yang masih membela Republic disebut Stormtroopers Imperial. Clone tersebut akhirnya diberhentikan dan diganti dengan para rekrutan baru tepat sebelum perang Yavin.

Shock Trooper

Shock Troopers adalah anggota elite dari kesatuan Stormtroopers yang dikhususkan untuk bertarung di darat dan menggunakan senjata dan perlengkapan non standar. Shock Troopers terbentuk setelah mendapatkan investasi besar dari Imperial Remnant, yaitu wilayah kekuasan kecil yang tersebar dan dimiliki oleh para mantan petinggi Galactic Empire setelah mereka takluk di Galactic Civil War. Mereka dapat dibedakan dari Troopers lainnya dengan tambahan plat baja pada armornya, beberapa anggota Shock Troopers menggunakan warna yang berbeda ( tidak hanya putih seperti armor standar stormtroopers ) bahkan hampir mirip dengan phase I clone armor yang menggunakan plat tersebut untuk menunjukan pangkat mereka.

Shock Troopers sebagai pasukan elit dilatih untuk berbagai macam medan perang, selain membawa peralatan yang lebih canggih dan mematikan, Shock Troopers pun dilengkapi dengan peluncur misil MiniMag PTL dan detonator termal yang dapat menyebabkan ledakan dahsyat. Itulah mengapa Troopers ini memiliki nama depan unit ‘shock’.

Scuba Trooper

Scuba Troopers atau dikenal juga dengan Subtroopers Clone merupakan pasukan serang elit yang berasal dari planet Kamino untuk Galactic Republic. Perbedaannya tentu dari segi armor yang disesuaikan dengan kondisi bawah air. Mereka dilatih khusus dengan taktik menyerang dibawah laut dan dilengkapi dengan senapan blaster. Scuba Troopers yang biasanya dipimpin oleh Master Jedi dikerahkan untuk segala medan perang dengan wilayah perairan selama Clone Wars dan hampir dipastikan dapat memenangkan setiap peperangan di wilayah lautan untuk Galactic Republic.

Scuba Troopers adalah clone dari pemburu hadiah asal Mandalorian, Jango Fett yanglahir di planet Kamino, sebuah planet berair yang terletak di salah satu wilayah galaksi paling jauh dan dikenal sebagai Wild Space. Scuba Troopers dilatih dalam simulator tempur bawah laut di sakah satu kota di planet Kamino untuk pertempuran bawah laut yang efisien dan mematikan.

Keterlibatan awal yang menunjukkan keterampilan para prajurit Scuba Toopers  adalah pertempuran Mon Calamari dibawah komando Jedi bernama Kit Fisto. Bersama-sama mereka berhasil mengalahkan droid tangguh melalui taktik brilian penyerangan bawah laut. Setelah itu, Fisto meninggalkan pasukan Scuba Troopers di operasi sapu bersih sementara ia secara pribadi menyelidiki kehadiran Moappa yaitu benih kehidupan pintar yang baru tumbuh dan mengusahakan negosiasi demi perdamaian di Mon Calamari.

Purge Trooper

Purge Troopers memiliki keunikan dari postur tubuh yang tingginya mencapai dua kali lipat ras manusia biasa. Namun Troopers ini tidak diisi dengan makhluk hidup tetapi pengendali dibalik armor tersebut adalah droid. Senjata yang mereka gunakan mungkin yang paling keren diantara Troopers lainnya, yaitu pisau energi yang keluar dari lengan kiri mereka, dan perisai yang keluar dari lengan kanan armor Troopers ini. Armornya yang berwarna hitam pun membuat mereka tampat lebih garang dan tanpa kompromi.

Selain itu, Troopers ini dilengkapi dengan Duranium armor yang dikombinasikan dengan cortosis halus yang bermanfaat untuk mengurangi kerusakan oleh serangan lightsaber dari para Jedi. Purge Troopers awalnya merupakan ide dari seorang insinyur dari Techno Union. Tetapi rancangannya diambil secara paksa oleh para pasukan clone dari Galactic Empire dan diselesaikan oleh para peneliti dan satuan intelijen dari Empire. Oleh Empire, para Purge Troopers ini dibuat dengan tujuan spesifik untuk melawan para Jedi dan ancaman darat lainnya dengan lebih efektif.

Scout Trooper

Awalnya Scout Troopers merupakan Troopers yang melayani Galactic Republic, fungsi dari satuan unit ini adalah unit yang dapat menjelajah jarak jauh sekaligus unit bantuan untuk Stormtroopers. Namun setelah era Galactic Empire, Scout Troopers menjadi salah satu armada pribadi milik Darth Vader yang bermarkas di pesawat Death Squadron.

Salah satu tugas prioritas Scout Troopers adalah membantu Lord Sith untuk melawan para Rebel Alliance dan simpatisannya. Selain itu, Scout Troopers juga melindungi SLD-26 planetary shield generator yang merupakan alat pelindung selama pembangunan Death Star II di hutan bulan Endor. Dengan kondisi medan yang membatasi diri untuk bergerak sedangkan tugas yang membutuhkan reflek yang cepat, Scout Troopers akhirnya dilengkapi dengan sebuah alat peluncur ( yang bentuknya seperti scooter mengapung ) dengan daya jelajah luas dan berkecepatan tinggi.

Scout Troopers dilengkapi dengan armor ringan untuk mobilitas yang lebih tinggi dan optik pintar di helm mereka yang memungkinkan reaksi lebih cepat ketika mengendarai pelucurnya, Scout Troopers juga merupakan penembak jitu yang ahli dan terlatih dalam pengintaian juga infiltrasi serta kemampuan beradaptasi yang lebih baik daripada kebanyakan Empire Troopers.

ARC Trooper

Advance Recon Commandos atau dikenal juga dengan ARC Troopers merupakan varian Clone Troopers di Galactic Republic selama periode Clone Wars. Meskipun lebih jarang dibandingkan Troopers lainnya dalam skala jumlah, namun mereka adalah prajurit paling terampil di galaksi.

Awalnya pada saat tahap perencanaan dan pengembangan Clone Troopers, Jango Fett dan penasehat militer dari Mandalorian menyimpulkan Clone Troopers sebagai unit standar belum mampu menangani misi rahasia dan ‘terlalu lembut’ dalam penyelesaian misi. Maka para Kaminoans mencoba untuk merekayasa geneti mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan, terutama untuk kecakapan fisik.

Akhirnya Kaminoans berhasil dalam upaya kedua mereka menciptakan Clone Troopers yang stabil, baik dari segi fisik dan menta, mereka menghasilkan 100 Arc Troopers yang di klasifikasikan sebagai Alpha-class ( kelas pasukan paling elit dan terampil ). Setelah menyelesaikan pelatihan dan mempercepat pertumbuhan jumlah, clone ini ditempatkan di bawah pengawasan langsung dari Jango Fett.

Shadow Trooper

Yang membedakan Shadow Troopers adalah kostum yang berwarna hitam besi namun sangat mirip dengan Stromtroopers,  keunggulan dari kostum Shadow Troopers kemampuan memberi kesan siluman. Hal ini didapatkan dari bahan kostum bernama Stygian-triprismatic. Pasukan ini dikomandoi langsung oleh Emperor Shadow Guard dan Stroomtrooper Commanders. Dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih, Shadow Troopers mampu menyelinap dan menyerang secara diam-diam ke markas musuh tanpa diketahui.

Selama tahap akhir Clone Wars, tugas dari Shadow Troopers diperluas dengan tambahan sebagai sniper dan sebagian lainnya menjadi garda terdepan peperangan, meskipun sistem yang mengatur mereka mencegah untuk bekerja saling berdampingan dengan unit Troopers biasa ( Stormtroopers ), maka Shadow Troopers dikirim lebih dulu menuju lokasi untuk mengamankan keadaan dan memungkinkan Troopers lainnya untuk masuk dengan aman.

Death Trooper

Death Troopers adalah sebuah pasukan elit Troopers yang di miliki oleh pihak Galactic Empire yang bertugas sebagai pasukan intelijen. Berbeda dengan Troopers lainnya, pasukan ini mempunyai ciri khas sendiri dimana kostum yang mereka kenakan berwarna black metallic. Death Troopers berada di bawah komando Director Orson Krennic, yang di tugaskan sebagai salah satu pengawa pembangunan senjata pemusnah massal milik Galactic Empire. Terkadang mereka pun di tugaskan untuk melindungi personil tingkat tinggi dan juga memiliki tugas untuk melindungi rencana pencurian senjata milik Death Star terutama dari Rebel Alliance.

Death Troopers dikenal sebagai Stormtroopers tingkat tinggi yang dilengkapi senjata hasil dari divisi Advanced Weapons Research milik Galactic Empire. Mereka diketahui memegang sebuah senapan SE-14, yaitu sebuah senapan yang menembakan laser mematikan yang mirip dengan E-11, mereka pun memiliki senapan laras panjang DLT-19.

Sith Trooper

Sith Trooper, dari namanya saja sudah pasti bahwa pasukan ini dikhususkan untuk mengawal Lord Sith.  Dibentuk sejak era First Order selama perang melawan Rebellion. Pasukan ini sebenarnya adalah evolusi berikutnya dari stormtroopers Imperial / First Order. Mereka mengenakan armor stormtrooper berwarna merah dan menggunakan sejenis senapan blaster hitam dan merah. Kemunculan Trooper ini bisa kamu saksikan di film Star Wars: The Rise of Skywalker nanti loh Geeks!