Joaquin Phoenix mengklaim bahwa karena peran Joker, dia benar-benar mulai menjadi gila. Bintang yang sempat tiga kali masuk nominasi Oscar ini sebelumnya memang memiliki sejarah terbawa perannya ke kehidupan nyata. Seperti saat ia membintangi film Walk the Line, di mana ia memainkan legenda musik country Johnny Cash, dan pada 2010’s I’m Still Here, di mana ia memalsukan pensiunnya dari dunia akting dan berkonsentrasi pada karier sebagai rapper.

Sekarang dengan peran terbarunya dalam Joker karya Todd Phillip, Joaquin mendapatkan banyak perhatian, apalagi peformanya mendapat review fantastis setelah tayang premier di Venice Film Festival baru-baru ini. Hal ini juga membuat para penggemar semakin gelisah dan tidak sabar melihat dengan apa yang ditawarkan Phoenix ketika film ini secara resmi dirilis bulan depan.

Akan tetapi, terlepas dari seberapa penasarannya kita menyaksikan aksi Joaquin, namun karakter Joker tampaknya memang membuat aktor pengisinya mengalami “perubahan”. Apalagi Joaquin memang terkenal dengan pendalaman perannya, hingga tidaklah aneh jika karakter Joker sedikit terbawa dalam kehidupannya. Seperti yang ia ungkapkan dalam interview dengan ET Kanada, ia mengurangi banyak berat badannya dan hal itulah yang memicunya hampir gila:

“Hal pertama (mempersiapkan peran) adalah penurunan berat badan, itulah yang saya mulai. Ternyata, itu mempengaruhi psikologi Anda, dan Anda benar-benar mulai menjadi gila ketika Anda kehilangan berat sebanyak itu dalam waktu singkat. Ada juga sebuah buku tentang pembunuh politik yang saya pikir menarik, dan memecah berbagai jenis kepribadian menjadi macam-macam. Saya melakukan hal-hal semacam itu [dalam film]. “

Sebelumnya, adalah aktor Heath Ledger yang membawa pulang Oscar untuk perannya yang memukau sebagai Joker di film Batman 2008 karya sutradara Christopher Nolan. Namun sayang, sebelum memegang piala tersebut, dirinya meninggal akibat bunuh diri dan sebabnya dikarenakan ia terlalu mendalami karakter Joker, hingga depresi.

Tentu kita berharap agar hal tersebut tidak menimpang Joaquin, tapi disisi lain kita juga berharap agar peran yang ia bawakan sememukau Joker yang diperankan Heath Ledger, bahkan lebih. Untuk karakter Joker ini, telah dibawakan oleh beberapa aktor. Mulai dari Cesar Romero di serial Batman versi jadul, lalu Jack Nicholson di film Batman karya Tim Burton 1989, lalu Jared Leto menghidupkan kembali karakter Joker dalam Suicide Squad tahun 2016, hingga yang terbaru yang kita tunggu Joker ala Joaquin Phoenix yang sangat menjanjikan.