One Piece merupakan sebuah dunia bajak laut yang penuh dengan berbagai sistem kekuatan yang unik, perbedaan mitologi, dan berbagai teknologi imajinatif yang bisa melakukan apapun, mulai dari menyelamatkan nyawa sampai bisa menghancurkan sebuah kerajaan. Berbagai senjata-senjata hebat juga muncul di dalam cerita ini, dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Meriam Gaon

Meriam Gaon ini berada di kapal milik bajak laut topi jerami yaitu Thousand Sunny, yang dibuat oleh Franky. Meriam Gaon didesain oleh Franky yang terinspirasi dari meriam udara yang biasa digunakan oleh “cyborg” Franky di tangannya. Letaknya sendiri ada di bagian depan kapal, tepatnya tersembunyi di dalam mulut wajah singa Sunny.

Meriam Gaon ini merupakan senjata utama dari Sunny, yang bisa melenyapkan banyak musuh dan juga kapal-kapal mereka. Kehebatan meriam ini dibuktikan saat pertarungan melawan Duval dan gerombolan Flying Fish Rider. Meskipun kekuatannya dahsyat, meriam Gaon ini membutuhnya tiga tong cola. Jadi, tidak bisa secara terus menerus digunakan.

Energi Steroid

Senjata ini mungkin tidak bisa menembakan laser atau meledakan kapal musuh. Tapi, energi steroid ini bisa memberikan berkali-kali lipat energi dan kekuatan bagi orang yang memakannya. Hal ini dibuktikan oleh Hody Jones dan kelompok bajak lautnya. Dia akan menggunakan pil tersebut ketika ada bajak laut manusia atau musuh lainnya yang berani mendekati pulau duyung.

Seperti yang dijelaskan oleh Hody, kemampuan steroid ini tergantung pada penggunanya. Jika digunakan pada manusia biasa, kekuatannya mungkin hanya dua kali lipatnya saja. Namun, jika dikonsumsi oleh manusia ikan yang fisiknya lebih kuat, kekuatannya bisa mencapai empat kali lipat. Sayangnya ada “harga” yang harus dibayar ketika mengkonsumsi pil ini, yaitu usia penggunanya akan berkurang.

Buggy Ball

Banyak orang yang meremehkan senjata milik Buggy si badut ini. Padahal kekuatan Buggy Ball yang kecil saja bisa lebih kuat dibandingkan kekuatan meriam biasa. Buktinya adalah satu Buggy Ball bisa menghancurkan setengah dari sebuah desa. Dalam arc Impel Down, Buggy menggunakan miniatur dari Buggy Ball yang disebut “Muggy Balls,” namun terbukti masih kuat dengan melumpuhkan salah satu monster.

Meskipun salah satu senjata mematikan ini sudah jarang muncul dalam ceritanya akhir-akhir ini, senjata ini masih menjadi andalan bagi Buggy dan tetap menolong Buggy menjadi salah satu bajak laut “legendaris” dari era bajak laut terbesar.

Pacifista

Pacifista sendiri merupakan ebuah penemuan yang relatif baru di dunia One Piece, yang biasa disebut “Senjata Manusia”. Sama seperti namanya, senjata ini sendiri merupakan sebuah robot yang sangat kuat dengan bentuk atau model dari salah satu Shichibukai yaitu Bartholomew Kuma. Senjata yang ditemukan oleh Dr. Vegapunk ini bertujuan untuk mengalahkan bajak laut yang kejam dan kuat.

Butuh peralatan satu kapal penuh untuk membuat satu Pacifista. Para Pacifista ini memiliki sebuah program visual yang secara spesifik mencari bajak laut yang masuk dalam daftar pencarian, dan ketika sudah menemukan targetnya dia akan menembakan laser dahsyat dari mulutnya. Contoh nyata kekuatan Pacifista adalah ketika Sentomaru berhasil membuat Luffy dan yang lainnya kewalahan di Sabaody.

General Franky

Ketika membutuhkan sebuah pertahanan, Franky sang tukang kapal dari bajak laut topi jerami akan menggunakan salah satu mode robot miliknya yaitu General Franky. General Franky sendiri merupakan sebuah robot yang memiliki persenjataan lebih kuat dari tubuh dasar Franky. Salah satunya adalah meriam Gaon milik General Franky yang disebut Genereal Cannon.

Meriam tersebut cukup kuat untuk menghancurkan musuh-musuhnya, baik ketika dalam sebuah pertarungan atau dalam mode biasa. Dalam arc Punk Hazard, salah satu agen Donquixote yaitu Baby 5 menyebutkan jika General Franky mampu menyaingi serangan Pacifista. General Franky tentunya bisa diandalkan ketika Luffy dan yang lainnya dalam keadaan terdesak.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2