Para fans Keanu Reeves dan franchise The Matrix dikejutkan dengan kabar rencana proyek film keempat dari franchise tersebut. Selain kabar tersebut, yang menjadi sebuah kabar positif lainnya adalah para cast utama dari film sebelumnya juga akan kembali hadir. Keanu Reeves sendiri akan kembali berperan sebagai Neo, dan begitu juga para cast lainnya seperti Carrie-Anne Moss, Hugo Weaving, dan Laurence Fishburne. Lalu, apa saja informasi yang sudah diketahui mengenai film tersebut?

Kembalinya Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss

Ketika kabar konfirmasi film The Matrix 4 muncul, kabar lainnya mengenai cast juga ikut diumumkan diantaranya adalah kembalinya dua karakter utama Neo dan Trinity. Dua aktor yang sebelumnya memerankan karakter ini juga akan kembali di film keempat nanti. Hal ini tentunya menarik, mengingat kedua karakter ini sudah terbunuh di film ketiga, The Matrix Revolutions.

Mengingat realitas dalam cerita The Matrix, membangkitkan kembali kedua karakter tersebut dari kematian bukanlah hal yang mustahil. Lagipula kata-kata yang diucapkan oleh Oracle di akhir filmnya, seolah memberikan petunjuk jika Neo memang akan kembali dihidupkan untuk film mendatang. Namun, masih belum diketahui apakah cast lainnya akan kembali muncul.

Disutradarai Oleh Lana Wachowski

Film The Matrix 4 akan diarahkan oleh sutradara Lana Wachowski, yang bukan merupakan nama asing bagi franchise ini. Trilogi awal filmnya ditulis oleh Lana dan adiknya, Lilly Wachowski. Namun, untuk proyek film keempat ini Lana hanya bekerja sendiri tanpa didampingi adiknya. Lilly sendiri saat ini sedang sibuk dengan proyek lainnya yaitu sebuah seri drama komedi Work In Progress.

Cerita The Matrix 4

Karena pengumumannya sendiri baru beberapa waktu yang lalu, masih sangat sedikit informasi detail yang berkaitan dengan cerita atau plot filmnya. Namun, ada kecenderungan jika filmnya nanti akan menceritakan proses bagaimana Neo dan Trinity akan kembali dihidupkan, juga akan mengisahkan tentang mengembalikan kedamaina dunia saat perang mesin (Machine War) berakhir. Di akhir trilogi awal filmnya, disimpulkan bahwa siapapun yang masih terhubung dengan dunia the Matrix akan dibebaskan.

Secara teori, hal tersebut akan membuat seluruh dunia simulasi tersebut tidak lagi akan digunakan di film The Matrix 4. Jadi, di filmnya nanti kita mungkin akan disuguhkan tentang bagaimana caranya agar para karakter utama kembali ke dunia simulasi tersebut. Bisa jadi juga film ini menjadi semacam “serah terima” dari Neo dan Trinity kepada cast baru, yang akan melanjutkan kisah franchisenya. Ada laporan jika Morpheus muda akan ditampilkan di filmnya, yang artinya akan ada sebuah perjalanan waktu atau adegan flashback.

Jadwal Tayang

Selain belum adanya informasi detail tentang jalan cerita filmnya, kita juga masih belum tahu kapan film The Matrix 4 akan tayang di bioskop. Proyek ini masih sangat awal, artinya mungkin Warner Bros. saat ini masih menyusun berbagai hal yang terkait filmnya dan juga menentukan siapa cast dan kru yang akan mengerjakan film ini. Namun, ada kemungkinan proses produksi akan dimulai pada 2020 mendatang.

Jadwal tersebut bisa saja kembali diubah, mengingat padatnya jadwal dari Keanu Reeves. Situs IMDB sendiri sudah menulis bahwa film The Matrix 4 akan tayang pada 2022 mendatang, jika seluruh proses produksinya tidak mengalami hambatan jadwal tersebut merupakan jadwal yang paling memungkinkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2