Cerita tentang Clone Saga merupakan salah satu cerita Spider-Man yang sangat menarik dari Marvel Comics. Dengan awalnya Clone saga merupakan series terbatas, cerita ini justru kemudian terus berjalan selama beberapa tahun dan bahkan menghadirkan berbagai macam Spider-Man. Ada banyak sekali karakter yang diperkenalkan dalam arc ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

Guardian

Sebagai salah satu eksperimen awal dari Jackal yang berasal dari DNA milik Peter Parker, Guardian merupakan salah satu kloning Peter yang benar-benar mirip dengan Peter. Karena Jackal memberikan berbagai bentuk lain dari DNA milik Peter, hal ini juga berpengaruh terhadap kemampuan unik yang dimiliki Guardian.

Peter Parker versi kloning ini benar-benar memiliki kekuatan yang sangat luar biasa bahkan melewati level kekuatan dari versi aslinya. Sayangnya, karakter ini tidak dikembangkan secara baik seperti para kloning lainnya, karena dia diceritakan tewas setelah diperkenalkan. Karena sangat singkat, tidak banyak informasi tentang sosok Guardian yang bisa digali.

Spidercides

Dari semua twist dan juga keanehan yang muncul dalam cerita ini, mungkin Spidercides merupakan salah satu yang paling aneh. Sama seperti Ben Reiley dan Kaine, Spidercide merupakan salah satu kloning Peter Parker yang dihasilkan dari eksperimen milik Jackal. Spider-Man versi kloning ini mampu mengatur tubuhnya, sehingga dia bisa meningkatkan ukuran dan juga kekuatan dari tubuhnya.

Spidercide juga memiliki kepribadian yang cukup menarik, dimana dia meyakini jika dia merupakan sosok Peter Parker yang asli. Spidercide benar-benar sangat brutal oleh karena itu, dia sudah dimodifikasi sedemikan rupa untuk bisa membunuh Peter Parker, Ben Reiley dan Kaine. Dengan kemampuan yang dia miliki, Spidercide bisa dibilang merupakan salah satu Spider-People yang paling kuat.

Jack

Kloning Peter Parker lainnya yang dibuat oleh Jackal adalah Jack. Selain merupakan kloning dari Peter Parker, Jack juga merupakan tangan kanan dari Jackal. Namun, Jack masih belum sempurna, dan seiring waktu dia pun mulai melemah dan bahkan dia sampai harus kehilangan kekuatan laba-laba miliknya. Tapi, Jackal punya hal lainnya yang diandalkan dari Jack selain kekuatannya.

Jackal mengandalkan kecerdasan yang dimiliki oleh Jack. Tapi, sayangnya Jack kemudian menghianati penciptanya dan justru membantu Spider-Man di akhir cerita. Meskipun tidak terlalu banyak hal yang bisa diketahui dari sosok Jack, keberaniannya patut untuk diapresiasi dan peringkatnya pun lebih baik dari Guardian.

Ultimate Scorpion

Dalam versi Ultimate Comics, Scorpion sebenarnya bukanlah Mac Gargan yang kita kenal. Justu orang dibelakang topeng tersebut adalah peter parker. Dalam cerita yang ditulis oleh Michael Bending tentang Clone Saga ini, Scorpion merupakan salah satu kloning yang dihadapi oleh Spider-Man.

Meskipun dia merupakan orang dibalik sosok Scorpion dalam versi Ultimate Comics, Scorpion cukup mudah udah ditaklukan oleh Peter yang asli. Sama seperti kloning yang lain, dia juga merupakan petunjuk bagi Peter Parker yang mengarahkannya kepada jalan untuk memecahkan misteri tentang para kloning.

Ultimate Tarantula

Setelah Ultimate Scorpion memberikan petunjuk tentang keberadaan salah satu fasilitas milik Doc Ock,, Peter kemudian menemukan jika Ultimate Scorpion bukanlah satu-satunya kloning dari dirinya. Ada juga kloning lain, yang salah satunya adalah Ultimate Tarantula. Kloning ini merupakan salah satu hasil dari percobaan awal dari Octavius Otto.

Otto pun mencoba untuk memberikan “variasi” dengan menambahkan DNA laba-laba, oleh karena itu penampilannya sedikit berbeda dengan Peter Parker aslinya. Sayangnya, sama seperti Ultimate Scorpion, Ultimate Tarantula kemudian dihabisi oleh penciptanya sendiri di akhir cerita.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2