DC Comics mencoba untuk memberikan sebuah origin yang baru kepada salah satu karakter mereka, yaitu Harleen Quinzel alias Harley Quinn. Melalui komik terbaru Harley Quinn: Breaking Glass, Harley Quinn coba digambarkan ulang karakternya oleh Mariko Tamaki dan Steve Pugh. Sama seperti komik dari keluaran DC Ink lainnya, komik Breaking Glass sendiri berada di luar universe utama DC. Hal itu memberikan Tamaki dan Pugh keleluasaan untuk menggambarkan ulang sosok Harleen.

Dalam komik ini, diceritakan jika Harleen merupakan seorang remaja yang berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di Gotham. Semua tingkah gila dan abusive dari Harleen digambarkan sudah muncul sejak dia remaja, dan bukan ketika dia sudah bertemu dengan Joker seperti yang kita ketahui selama ini.

Selain itu, di komik ini juga diperlihatkan jika semua kegilaan Harleen muncul akibat lingkungan sekitarnya, bahkan dia juga diceritakan kabur dari keluarga dan teman-temannya dibandingkan menjadi sosok psikopat dan berada dalam sebuah percintaan yang abusive. Tapi, bukan berarti Joker tidak muncul. Dia justru diajak bergabung dalam organisasi kriminalnya dan bahkan memberikannya kostum.

Meskipun terlihat sangat menarik, Harleen menolak kostum pemberian Joker dan ingin membuat kostumnya sendiri yang terinspirasi dari apa yang sudah dia lewati di hidupnya. Harleen juga secara tidak langsung merupakan perempuan yang didekati oleh Joker. Tapi, Harleen versi ini tidak senaif versi animasi atau versi di universe utamanya.

Contohnya adalah ketika Joker membuat rencana untuk melancarkan serangan bom yang akan membunuh teman-teman Harley dan keluarganya, juga membuat sebuah rencana yang menjebak Harley sebagai dalang dibalik serangan tersebut. Harleen bisa melihat manipulasi yang dibuat oleh Joker tersebut dan berusaha untuk mengentikan usaha Joker tersebut dengan tenaganya sendiri.

Hal tersebut membuat Joker menjadi musuh utama Harley dalam komik ini. Tentunya apa yang dilakukannya menjadi sebuah “peningkatan” bagi karakter Harley (selain dalam cerita Old Woman Harley), dimana dia jarang mendapatkan empowerment atau kekuatan untuk bertindak sendiri akibat hubungan yang tidak sehat dengan Joker.