Impel Down

Luffy mencoba untuk berpacu dengan waktu dalam cerita ini. Setelah mengetahui kakaknya, Portgas D. Ace ditahan di penjara Impel Down, Luffy pun mencoba menyusup ke penjara tersebut. Dengan bantuan dari Hancock, akhirnya Luffy berhasil masuk dan pergi ke level 6, level paling bawah tempat para penjahat kejam yang namanya tidak boleh diketahui oleh masyarakat.

Sayangnya, Luffy gagal menyelamatkan Ace karena dia sudah dibawa oleh angkatan laut untuk di eksekusi. Di Impel Down, dia kemudian bertemu dengan Jinbe dan juga teman dari ayahnya yang juga merupakan anggota pasukan revolusi, Emprio Ivankov. Luffy juga bertemu dengan musuh lamanya, Bon Clay, Mr. 3, dan bahkan Buggy juga Crocodile.

Dressrosa

Arc Dressrosa merupakan sebuah arc yang memberikan sebuah tantangan besar pertama yang harus Luffy hadapi ketika tiba di New World. Dalam arc ini juga kita mendapatkan informasi lebih dalam dari sosok Donquixote Doflamingo. Karena terpisah dengan seluruh krunya, Luffy akhirnya bergabung dengan para bajak laut yang pernah menjadi korban Doflamingo.

Hal yang menarik adalah di arc ini, kita akhirnya melihat saudara Luffy lainnya selain Ace yaitu Sabo yang juga sudah menjadi bagian dari pasukan revolusi. Selain itu, para fans juga akhirnya diperlihatkan Gear 4 yang sudah lama dinanti-nanti. Di akhir ceritanya, Luffy dan seluruh bajak laut yang menjadi sekutunya kemudian membentuk aliansi yang disebut Straw Hat Grand Fleet.

Whole Cake Island

Meskipun diawali oleh pace yang lambat, namun arc ini kemudian menjadi momentum dimana akhirnya Luffy dan seluruh aliansinya bertarung melawan salah satu Yonko atau penguasa laut, yaitu Big Mom. Terungkap juga jika Sanji merupakan salatu pangeran dari kerajaan Germa, dan juga masa lalu dari Sanji sehingga akhirnya dia bisa berada di restoran Barattie.

Berbeda dengan arc atau jalan cerita sebelumnya, disini bukan tentang bagaimana cara luffy untuk mengalahkan musuhnya. Melainkan lebih kepada bagaimana Luffy dan seluruh kru juga aliansinya mampu bertahan hidup dari serangan kemarahan Big Mom. Disinilah Luffy menemukan salah satu musuh yang paling tangguh yang pernah dia hadapi, Charlotte Katakuri.

Marineford

Arc Marineford merupakan “cerita penutup” dari bagian pertama seriesnya. Arc ini benar-benar sangat masif, karena hampir seluruh nama-nama besar bajak laut berada di satu tempat. Mereka saling bertarung dengan kekuatan penuh dari angkatan laut. Tujuannya tentu, menyelamatkan Ace yang akan dieksekusi oleh angkatan laut.

Marco, Diamond Jozu, sampai White Beard hadir dalam pertempuran besar tersebut. Meskipun Luffy sudah berhasil membebaskan Ace, Akainu alias Sakazuki berhasil membunuh Ace. White Beard pun tewas dalam pertempuan itu. Apa yang terjadi di Marineford menjadi akhir bagi sebuah era, sekaligus memperlihatkan bagaimana seorang Yonko pun bisa dikalahkan. Kematian Ace juga menjadi salah satu hal yang paling diingat dari seluruh cerita One Piece, bahkan sampai saat ini.

Ennies Lobby

Diantara sekian banyak cerita One Piece, bisa dibilang Ennies Lobby merupakan jalan cerita yang paling menarik. Dalam arc ini, kita diperlihatkan masa lalu Robin yang sangat tragis ketika masih kecil, Franky yang menghancurkan cetak biru dari salah satu senjata kuno Pluton, dan memperkenalkan kita kepada Gear dua dan tiga dari Luffy.

Luffy dan seluruh kru topi jerami diperlihatkan mencoba untuk melindungi Robin dari serangan pasukan pemerintah CP9. Namun, yang paling menarik adalah bagaimana akhirnya mereka berhasil mengembalikan semangat hidup Robin dan bahkan mereka pun menantang perang kepada pemerintah dunia. Dimulai dari bajak laut biasa, dan kemudian berubah menjadi incaran pemerintah dunia.