Universe di Marvel Comics mungkin banyak menghadirkan berbagai hal yang membuat kita takjub dan tercengang. Tapi, masih ada juga berbagai hal yang masih menjadi misteri di sana. Dengan banyaknya cerita, banyak juga misteri yang tersimpan di universe tersebut. Contohnya adalah banyaknya planet dan dunia alien dalam universe tersebut.

Contoh lainnya adalah sebuah dunia yang sangat aneh di universe Marvel yang dikenal sebagai Negative Zone. Meskipun sudah banyak cerita yang ditampilkan di Marvel Comics, tapi mungkin masih ada beberapa hal yang belum diketahui bahkan oleh fans Marvel sekalipun tentang Negative Zone. Apa saja?

Ditemukan Oleh Mr. Fantastic

Meskipun sepertinya dimensi ini sudah ada sejak lama, tapi dimensi tersebut baru ditemukan oleh sosok karakter Marvel yaitu Richard Reed alias Mr. Fantastic. Hal ini terjadi ketika Reed sedang mencari tahu tentang perjalanan antar dimensi. Dia kemudian tidak sengaja pergi ke sebuah dimensi yang disebut Negative Zone.

Setelah Reed menemukan dimensi tersebut, dia pun mulai mempelajarinya. Sejak saat itulah kelompok pahlawan Fantastic Four sering bepergian ke dimensi yang lainnya, bertarung dengan banyak jenis musuh dan melakukan berbagai eksperimen.

Blastaar, Penjahat Dari Negative Zone

Blastaar merupakan salah satu vilain klasik dan juga musuh lama dari Fantastic Four. Dia bukan berasal dari planet manapun, melainkan berasal dari dimensi Negative Zone. Dalam salah satu perjalanannya ke Negative Zone, Blastaar melihat sosok Reed Richard dan kemudian berusaha untuk mengikutinya sampai ke dimensi milik Richard.

Mengetahui tentang adanya dimensi yang lain selain Negative Zone, Blastaar kemudian sering berusaha untuk menguasai bumi. Sayangnya, usaha Blastaar sering kali digagalkan oleh Fantastic Four dan ketika dia kalah dia pun sering dikembalikan ke dimensi asalnya. Sebenarnya, selain Blastaar ada lagi villain lainnya dari dimensi ini yaitu Annihilus. Mereka berdua merupakan musuh bebuyutan.

Annihilus

Salah satu musuh terkuat Fantastic Four selain Blastaar. Dia merupakan villain lainnya yang berasal dari Negative Zone. Sama seperti Blastaar, Annihilus merupakan seorang penakluk planet dan villain yang gemar menginvasi dan menghancurkan planet lain yang tinggal di alternate dimensi ini. Di Negative Zone, Annihilus memiliki senjata mengerikan yang disebut Cosmic Control Rod.

Salah satu villain mematikan ini pernah menggunakan senjata Control Rod untuk menguasai seluruh dimensi yang ada di universe Marvel. Setelah dia berhasil menguasai Negative Zone, Annihilus kemudian berambisi untuk menguasai seluruh universe utama di Marvel.

Kisah Rick Jones dan Mar-Vell

Selama beberapa waktu, pahlawan super dari planet Kree, Mar-Vell, dan seorang pria petualang Rick Jones pernah saling terhubung satu sama lainnya. Ketika mereka sedang terhubung, salah satu diantaranya harus berada di Negative Zone. Sementara yang lainnya berada di bumi. Ketika siapapun yang berada di bumi menyentuhkan Nega Bandsnya, maka mereka akan langsung menukar posisi.

Pertukaran tempat ini terjadi hanya semantara saja, ketika Captain Mar-Vell dikurung di dimensi tersebut dan butuh untuk melakukan sesuatu seperti menyelamatkan Carol Danvers. Tapi, suatu ketika hubungan diantara mereka dilepas dan kedua orang tersebut mampu untuk berada di bumi secara bersamaan.

Kostum Spider-Man

Meskipun sang laba-laba tidak terlalu sering mengunjungi berbagai dimensi alternatif yang ada di Marvel Universe, salah satu pengalamannya berada di dimensi yang lain adalah ketika dia pergi ke Negative Zone. Pada saat itu, Spidey berhasil menemukan sebuah kostum terbaru yang memberikannya sebuah kemampuan yang tidak pernah dimiliki kostum lainnya.

Setelah dia berhasil keluar dari Negative Zone, Spidey membawa serta kostum tersebut sebagai “oleh-oleh” dari dimensi tersebut. Dengan menggunakan kostum terbaru itu, Spider-Man bisa menyatu dengan bayangannya dan benar-benar tidak bisa terdeteksi oleh musuhnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2