One-Punch Man memulai debutnya sebagai sebuah komik yang terinspirasi dari berbagai karakter superhero yang muncul dalam budaya pop, seperti Superman atau Goku. Karakter utamanya sendiri, yaitu Saitama, merupakan seorang pahlawan yang sangat kuat. Bahkan saking kuatnya, dia bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan satu kali pukulan saja. Berikut adalah beberapa detail yang terkait dengan sang karakter utama, yang mungkin belum kalian ketahui.

Tribute/Pengharhagaan Kepada Anpanman

Ada alasan mengapa kostum yang digunakan oleh Saitama didominasi berwarna kuning dan merah, serta ada alasan dari desain tersebut. Alasannya adalah Anpanman. ONE, kreator dari cerita One-Punch Man, menciptakan karakter Saitama yang terinspirasi sekaligus tribute dan penghrgaan bagi karakter Anpanman, sebuah karakter klasik yang sangat dicintai oleh anak-anak sejak dahulu.

Anpanman sendiri merupakan seorang pahlawan yang unik, karena kepalanya merupakan roti manis berbentuk bulat yang didalamnya berisi kacang merah. Anpanman sendiri memegang rekor dunia Guiness untuk kategori jumlah karakter terbanyak dalam berbagai franchisenya. Selain dari penampilan, kesamaan Anpanman dan Saitama adalah namanya (One-Punch Man sering disebut Wanpan).

Lebih Cepat Dari Cahaya

Perlu diingat, jika sampai saat ini kita masih belum mengetahui batas atau sampai sejauh mana kekuatan dan kemampuan dari Saitama. Di sisi lain, dia terus mendapatkan kemenangan yang dihasilkan dari mengalahkan berbagai monster atau musuh yang sangat hebat dan kuat. Hal itu tentunya menjadi sebuah petunjuk baru bagi para fans tentang kekuatannya.

Salah satunya adalah ada kemungkinan Saitama lebih cepat dari cahaya. Saat pertarungannya melawan Boros, Saitama dipukul sangat jauh bahkan sampai ke bulan. Namun, dia kemudian melompat dan kembali ke bumi hanya dengan satu lompatan tersebut. Mengingat jarak dari bumi ke bulan, Saitama kemungkinanan bisa bergerak sampai melebihi kecepatan cahaya.

Tidak Butuh Kemampuan bernafas

Saitama sempat berada di ruang hampa udara di luar angkasa selama beberapa saat,ketika Lord Boros memukulnya jauh sampai ke bulan. Setelah beberapa detik terkejut oleh sebuah kekutan yang bisa mengirimnya jauh ke luar angkasa, Saitama kemudian tersadar jika dia harus segera kembali ke bumi dan harus menahan napasnya.

Sampai pada saat tersebut, Saitama tidak bernapas, dan sepertinya tidak memerlukan hal tersebut karena bahkan dia tidak mengalami luka sedikit pun setelah serangan dari Lord Boros. Jadi, ada kemungkinan jika Saitama tidak lagi membutuhkan nafas untuk bertahan hidup. Bernafas sendiri hanya untuk mengingat sisi manusia yang ada dalam dirinya.

Alasan Kebotakan Saitama

Saitama merupakan karakter dalam seri One-Punch Man yang tidak memiliki rambut, alias Botak. Tapi, hal itu memang sengaja dilakukan oleh sang kreator serinya, ONE. Dia ingin menciptakan sebuah karakter superhero yang benar-benar memiliki penampilan yang sangat biasa dan tidak mencolok. Karena, menurutnya superhero yang keren sudah banyak bermunculan dimana-mana.

Jadi, ONE ingin menampilkan karakter hero yang keren secara kepribadiannya, terlepas dari penampilan karakter hero tersebut yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, penampilan Saitama sangat kontras dengan pahlawan dari seri animelainnya. Bahkan, di serinya sendiri kekurangan dari sisi fisik seorang Saitama menjadi yang paling menonjol diantra yang lainnya.

Genos Terlalu Serius Dalam Mencatat Hal Tentang Saitama

Genos tidak ingin apapun kecuali menjadi lebih kuat dan semakin kuat melalui metode yang diajarkan oleh Saitama. Kekuatan hebat Saitama membuat Genos takjubdan bahkan dia ingin menjadi murid bagi Saitama. Untuk melaksanakan hal tersebut, Genos selalu membawa buku catatan kemanapun dia pergi. Hal itu untuk mencatat apa yang dilakukan oleh Saitama dan apa petuah yang diucapkannya.

Catatan tersebut kemudian dihapal oleh Genos dan diaplikasikan ketika dia melawan musuh atau monster. Saking detailnya, diantara catatan tersebut Genos mencatat hal-hal yang cukup menarik. Contohnya adalah bagaimana cara memegang dan membaca manga sambil tiduran di atas futon. Juga bagaimana menggantungkan cucian di atas mesin cuci.

Genos Penjaga Rumah Yang Baik

Genos mungkin seorang cyborg ataurobot manusia yang sangat kuat dan mengerikan, mengingat berbagai senjata dan kemampuan yang dia miliki. Namun, kebanyakan dari waktunya adalah menjaga dan membersihkan apartemen Saitama. Entah mengapa, tubuh robotnya seakan cocok dengan pekerjaan-pekerjaan untuk membersihkan rumah.

Di tangan kanannya dia memiliki sebuah alat pengupas sayuran yang menyatu dengan tubuhnya, sementara di telapak tangannya bisa mengeluarkan udara atau angin untuk mendinginkannya. Di waktu yang lain, terlihat Genos memiliki sebuah botol minuman yang sudah terbuka di bahu kanannya, dan beberapa aksesoris pembersih rumah lainnya. Ini juga merupakan salah satu keunikan karakter hero dalam cerita OPM.

King Adalah Musuh Sepadan Saitama

King adalah orang yang selalu diberikam kredit atas apa yang sudah dilakukan oleh Saitama. Hal itu sebenarnya membuat King merupakan seorang penipu, karena pada dasarnya dia tidak memiliki kekuatan apapun. Terlepas dari itu semua, Saitama dan King merupakan teman yang baik. Keduanya sering berkumpul bersama dan bermain permainan video.

King mungkin kalah dalam pertarungan di dunia nyata, tapi di dalam permainan game dialah rajanya. Dia sering mengalahkan Saitama dalam game apapun yang dia mainkan, meskipun Saitama sudah mengeluarkan seluruh kemampuannya. Bahkan King pernah mengalahkan Saitama hanya dengan satu jari dan health point yang tinggal 10% lagi. Hal tersebut membuat King merupakan satu-satunya karakter yang sepadan dengan Saitama, meskipun hanya terjadi di dalam permainan game.

Manusia OP (Over Powered)

Mungkin Geeks sudah tahu mengapa nama serinya, atau Saitama diberi julukan One-Punch Man. Hal itu dikarenakan oleh kemampuan Saitama yang mampu untuk mengalahkan musuh apapun hanya dengan satu kali pukulan saja, sebuah judul cerita yang menarik. Karakter dalam ceritanya sering memanggil namanya atau memanggilnya dengan ‘Caped Baldy’ (botak berjubah).

Tapi, sebenarnya jika diperhatikan ada sebuah hubungan antara judul dengan kekuatan Saitama. One-Punch Man bisa diperpendek menjadi OP Man. OP sendiri dapat diartikan sebagai over-powered atau  kekuatan yang sangat besar dan istilah ini sering direferensikan terhadap karakter seperti Superman atau Goku. Saitama sendiri memang merupakan karakter yang terlalu kuat dalam ceritanya, dan judulnya sendiri merupakan petunjuk yang cerdas terhadap temanya.

Ponsel Lipat Genos

Meningat Genos merupakan seorang cyborg yang memiliki berbagai kelebihan di tubuhnya yang dibalut dengan berbagai teknologi kecerdasan buatan yang modern dan maju, sangat mengejutkan ketika melihat Genos menggunakan sebuah telepon seluler yang memiliki model lipat. Tapi, ada alasan mengapa Genos tidak menggunakan telepon pintar.

Smartphone atau ponsel pintar sendiri mengharuskan penggunanya menggunakan sidik jari atau kulit untuk menyentuh atau memilih apa yang mereka inginkan di layar tersebut. Genos tidak akan bisa menggunakan telepon seperti itu, karena dia tidak memiliki tangan manusia atau hal yang memiliki permukaan yang sama dengan manusia dan bisa direspon oleh layar ponsel pintar.

Lagipula, telepon model lipat ini merupakan “kebudayaan” di Jepang yang sudah berlangsung sejak lama. Contohnya adalah di era modern sekarang, meskipun Jepang sudah dibanjiri oleh berbagai merek telepon pintar masyarakatnya tetap menggunakan telepon lipat sebagai bentuk kemudahan.

Saitama Adalah Ratu Bagi King

Bayangkan cerita One-Punch Man sebuah sebuah papan permainan catur. Dalam permainan catur raja memang sosok yang sangat kuat dan penting. Tapi, sang raja membutuhkan sosok kuat di belakangnya yaitu ratu. Hal ini juga berlaku dalam cerita OPM. King sering digembar gemborkan sebagai orang paling kuat di dunia. Namun, pada kenyataannya Saitamalah yang membantu King.

Saitama merupakan alasan mengapa King menjadi terkenal di seluruh dunia, dan mendapatkan gelar tersebut terlepas dari King yang tidak memiliki kekuatan apapun. Saitama akan selalu membantu King ketika dalam keadaan apapun. Contohnya adalah dia pernah menghajar Garou yang hendak menyerang King, dan yang paling baru adalah ketika Saitama menghajar Elder Centipede untuk melindungi King.