Inilah Cara Membedakan Funko Pop Asli Dan Palsu

0
858

Saat ini, salah satu jenis figures yang paling digandrungi adalah Funko Pop. Figures yang diproduksi oleh perusahaan Funko ini digandrungi karena bentuknya yang memang unik, harga yang bersahabat dan kualitasnnya yang baik. Bahkan Funko Pop ini tidak hanya disukai para kolektor, semua kalangan pun tertarik untuk setidaknya membeli figures ini, entah untuk pajangan sendiri, atau hadiah untuk orang lain.

Tapi karena hal itu pula, mulai banyak Funko Pop palsu berkeliaran, tentunya dengan harga miring. It’s your choice banget sebenarnya, kamu bisa beli Funko Pop asli atau palsu, tapi yang jadi masalah, kalau kamu terjebak beli Funko Pop palsu. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, lebih baik kamu tau cara buat membedakan mana Funko asli dan palsu. Cek dibawah ini ya Geeks!

1. Cek Serial Number Dibawah Box

Setiap Funko original pasti memiliki kode serial number dibawah boxnya. Serial number tersebut juga bervariasi, ada yang berawalan FAC, JJL, DRM, atau FM. Setiap serial number juga kadang dicetak di media dan lokasi yang berbeda, ada yang di press emboss , ada yang label sticker, ada pula yang di print. Jadi sebelum kamu ingin membeli Funko original, agar semakin yakin cobalah minta foto di bawah box kepada seller.

2. Cek Serial Number Di Body Item

Selain serial number di bawah box, ada pula serial number dibagian body. Mayoritas serial number tersebut terdapat di bagian bawah telapak kaki Funko. Tapi ada pula beberapa item yang letak serial numbernya dibagian lain seperti Funko Avengers: Endgame Rescue yang letak serial numbernya ada dibawah kepala. Tapi ada pula item yang tidak memiliki serial number dibagian bodynya, seperti Funko Fugitive Predator Exclusive Fall Convention.

3. Cek Detail Kemasan & Item

Cara lainnya untuk membedakan mana Funko asli dan palsu adalah detail dari gambar di box dan detail item. Cara ini memang agak sedikit sulit dan mengecoh. Terkadang Funko palsu memiliki perbedaan kecil antara gambar di Box dengan item. Lalu item tersebut juga kadang memiliki polesan detail yang kurang rapi, meskipun memang beberapa Funko original edisi lama juga memiliki detail yang tidak terlalu rapi.

4. Beli di Seller Terpercaya

Cara terakhir untuk membedakan Funko asli dan palsu adalah membeli di seller terpercaya. Terkadang beberapa seller memang memiliki stock Funko palsu/bootleg, namun yang terpenting adalah kejujuran seller tersebut dan harga yang masuk akal untuk “kelas” bootleg. Jika kamu ingin membeli Funko Pop yang asli dan terjamin kualitasnya, kamu bisa beli item favorit kamu di www.worgen.id. Reputasinya yang menjual item secara internasional udah gak perlu diragukan lagi. Jadi, kamu bisa nambah koleksi kamu dengan tenang Geeks!

Itu dia beberapa cara untuk membedakan mana Funko Pop asli dan palsu. Semoga dengan cara ini kamu ga akan terjebak saat membeli Funko Pop favorit kamu ya Geeks!