Dragon Ball merupakan salah satu franchise anime yang paling populer saat ini, dan rasanya sangat luar biasa melihat karya dari Akira Toriyama ini masih bisa bersaing dengan berbagai franchise populer lainnya. Meskipun dalam cerita dari Dragon Ball kebanyakan membahas tentang salah satu ras yang sangat populer, Saiya, dan beberapa lainnya. Berikut adalah ras terkuat yang ada dalam cerita Dragon Ball.

Earthlings/Manusia Bumi

Dalam cerita di franchise Dragon Balls, Earthlings atau makhluk bumi tidak sekuat ras lainnya yang ada di bumi. Jika diibaratkan sebuah tangga, Earthlings berada di deretan paling bawah dan berusaha untuk bisa tetap keep up dengan para ras lainnya yang ada di cerita Dragon Ball. Terlepas dari batasan yang mereka miliki, terlepas dari kelemahan yang mereka miliki, mereka mampu untuk bisa menonjol dalam cerita.

Makhluk bumi juga dianggap merupakan ras yang memiliki petarung terbaik. Contohnya adalah Master Roshi (Jin kura-kura), Tenshihan, dan Kuririn. Mereka adalah beberapa makhluk bumi yang memiliki kemampuan bela diri yang di atas rata-rata. Meskipun mereka mungkin tidak akan pernah menghancurkan musuh utama dalam seriesnya, makhluk bumi ini masih akan tetap terus berjuang dan membuktikan diri.

Bangsa Namek

Bangsa Namek sudah sejak lama merupakan bangsa yang nomaden alias tidak pernah menetap di suatu tempat. Kebanyakan dari bangsa Namek bukanlah seorang petarung, mereka hanyalah seorang petani biasa dan juga bangsa yang cinta damai. Tapi, mereka beberapa petarung yang sangat kuat dan tangguh dalam cerita Dragon Ball.

Seiring berjalannya waktu, bangsa Namek menjadi bangsa yang kuat. Kemampuan bertarung dari bangsa Namek juga kini semakin tinggi. Contohnya adalah Piccolo, karakter klasik dari seri ini. Awalnya dia merupakan karakter yang lemah, sedikit lebih lemah dibanding Nappa. Namun, dia kemudian berkembang menjadi karakter yang sangat kuat, bahkan kekuatannya sama dengan second form milik Freeza dengan bersatu dengan Nail.

Bangsa Freeza

Sampai saat ini kita masih belum mengetahui apa ras dari sosok Freeza. Para fans hanya menyebutkan jika bangsa Freeza merupakan bangsa Frost Demons. Permainan Dragon Ball Online dan Xenoverse hanya menyebut bangsa ini sebagai “Freeza Race” atau bangsa Freeza. Namun, ada sebuah fakta menarik yaitu ketika Ginyu menyebutkan asal usul Freeza dia hanya mengatakan bahwa Freeza secara teknis adalah seorang mutan.

Secara keseluruhan bangsa Freeza bukanlah bangsa yang terlalu kuat, meskipun masih tetap mampu mendominasi jika harus bertarung melawan bangsa manusia.  Namun, mereka memiliki potensi untuk menjadi ancaman besar dan mengambil alih dunia. Freeza dan King Cold adalah pengecualian dari bangsa Freeza. Sampai sejauh ini, selain Freeza Coola juga disebut sebagai mutan. Selain mereka bertiga, tidak ada lagi bangsa Freeza yang pernah diperlihatkan, setidaknya di Universe 7.

Artificial Human

Artifical Humans atau manusia buatan yang diciptakan oleh Dr. Gero merupakan salah satu ras dan karakter yang paling kuat dalam series orisinal Dragon Ball. Meskipun pada akhirnya masih ada ras yang lebih kuat dari mereka, namun bangsa ini tetap menduduki peringkat tinggi dalam ras terkuat. Hal itu masuk akal memang.

Rata-rata manusia buatan tersebut memiliki stamina yang hampir tidak terbatas, kemampuan untuk bisa meregenerasi, dan juga daya tahan yang sangat tinggi. Dr. Gero dan 19 bahkan memiliki kemampuan untuk menyerap energi. Dalam cerita Dragon Ball Super, bahkan memperlihatkan bahwa 17 dan 18 bisa tumbuh menjadi sangat kuat. Bahkan nomor 17 pernah memenangkan Tournament of Power.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.