Venom dan Spider-Man merupakan dua karakter ikonik dan klasik dari Marvel Comics. Keduanya memiliki sejarah panjang dalam cerita komik, terkadang mereka menjadi teman kadang juga menjadi musuh. Karakter Spider-Man sendiri sekarang sudah masuk ke MCU, sedangkan Venom masih berada di universenya sendiri. Banyak orang yang menyayangkan dengan absennya Spidey dalam film Venom yang dirilis 2018 kemarin.

Namun, sebenarnya ada rumor yang menyebutkan jika sebenarnya dalam film Venom ada cameo Spider-Man versi Tom Holland. Hal ini diungkapkan oleh aktor yang juga komedian, Jay Washington, dalam acara Collider Live. Jay mengatakan jika dirinya memang melihat Holland melakukan pengambilan gambar untuk film tersebut. Sayangnya, Marvel meminta Sony untuk tidak menggunakan adegan tersebut di final cut filmnya.

Aku akan mengatakan hal yang sebenarnya: Tom Holland memang melakukan pengambilan gambar untuk sebuah adegan di film Venom… Marvel melihat filmnya dan bereaksi ‘jangan tampilkan dia (Tom Holland). Potong adegan ini.’ Peter Parker memang muncul di film Venom, bukan Spider-Man.

Sony sendiri memang sedari awal memiliki rencana untuk menghadirkan Spider-Man versi Tom Holland dan Venom versi Tom Hardy dalam sebuah crossover. Bahkan, Sony sendiri rela untuk “membantah” keinginan fans yang ingin film tersebut memiliki rating R, dengan memberikan rating PG-13. Tujuannya tentu saja, agar Spidey bisa bertemu dengan sang symbiote Venom.

Meskipun memang tidak akan memberikan perubahan besar terhadap alur ceritanya, Marvel mungkin sadar dengan kehadiran Tom Holland di film tersebut akan memiliki implikasi atau dampak bukan hanya terhadap filmnya melainkan kepada keseluruhan franchise. Dengan kemunculan Holland di film tersebut, bisa diartikan Venom memang merupakan bagian dari MCU dan hal itu kemungkinan tidak sesuai dengan rencana yang sudah Marvel buat untuk karakter Spider-Man.

Dengan kabar Spider-Man yang sekarang sudah tidak lagi menjadi bagian dari MCU, mungkin ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagi Sony untuk bisa mempertemukan Venom dan Spider-Man lagi setelah di film Spider-Man 3. Bukan berarti juga Venom tidak akan menjadi bagian dari MCU, ketika ada kesepakatan baru muncul antara Marvel dan Sony. Bagaimana menurut kalian Geeks?