Dalam cerita arc Wano yang masih berjalan sampai saat ini, kita mengetahui jika pedang Shushui merupakan sebuah pedang yang masuk kategori “black blade” atau pedang hitam. Pedang hitam sendiri merupakan sebuah tahapan dimana pedang biasa berubah menjadi hitam yang disebabkan oleh kekuatan dari pemiliknya. Semakin kuat hubungan pedang dan pemiliknya, semakin kuat pedang tersebut. Mihawk sendiri pernah mengatakan jika pedang apapun bisa menjadi sebuah pedang hitam.

Selama ini, Shushui sudah menjadi salah satu pedang andalan dari Zoro. Namun, di chapter kemarin kita melihat jika Gyukimaru mencoba untuk mengambil kembali pedang tersebut demi bisa menghilangkan kutukan Wano. Lalu, apa yang akan dilakukan Zoro selanjutnya? Hiyori sendiri sempat menawarkan pedang milik Oden yaitu Enma, pedang yang pernah melukai Kaido.

Meskipun ada kemungkinan jika Zoro menerimanya, kemungkinan lainnya adalah Zoro membuat pedangnya sendiri. Bukan pedang biasa, melainkan pedang hitam yang sangat kuat. Zoro pernah mengatakan jika dia ingin menjadi ahli pedang terkuat dengan menggunakan pedang Wado Ichimonji. Mungkin disaat inilah Zoro “merelakan” Ichimonji miliknya berubah menjadi pedang hitam.

Jika hal ini benar terjadi, bukan tidak mungkin Zoro akan menjadi orang yang bisa melukai Kaido dan membantu Luffy untuk menaklukannya. Bisa jadi Zoro mencoba untuk mencari tahu tentang hal tersebut dan bertanya kepada seseorang yang paham akan hal tersebut. Kawamatsu dan Hyogoro merupakan dua orang yang bisa Zoro tanya tentang hal itu. Kita nantikan saja ya Geeks kejutan dari pedang hitam Zoro ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.