Meskipun saat ini banyak dari perhatian yang ditujukan kepada Rey yang diperkirakan sudah beralih ke Dark Side dalam trailer terbaru Star Wars: The Rise of Skywalker, dia bukanlah satu-satunya karakter yang tidak disangka akan diberikan perubahan drastis di filmnya. Salah satu adegan dalam trailer tersebut memperlihatkan kita sebuah droid C-3PO dengan mata merah menyala, mengisyaratkan bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan droid protokol tersebut.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dengan droid C-3PO? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi dengan droid tersebut. Apa saja?

Perubahan Program

Droid 3PO mungkin dikenal sebagai droid atau robot yang menyebalkan dan cerewet. Tapi, mau bagaimana lagi, hal itu sudah menjadi program yang ada di dalam diri mereka. Namun, di film The Rise of Skywalker sepertinya droid tersebut akan diberikan perubahan program. Ada beberapa contoh dari hal tersebut, pertama dalam teaser trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu kita melihat 3PO berada di sebuah pertarungan yang terjadi di gurun Pasaana.

Tidak terlalu sulit untuk bisa memahami, mengapa 3PO berubah dari droid yang “damai” menjadi droid yang ikut membantu menyerang. Seperti yang kita lihat di film The Last Jedi, sebagian besar pasukan Resistance sudah disapu bersih. Tersisa beberapa pesawat lagi dan juga beberapa kelompok pasukan. Meskipun di trailer terbaru kemarin kita melihat bahwa mereka masih memiliki pesawat tambahan, pada dasarnya mereka sudah kalah jumlah dengan pasukan milik Kylo Ren dan First Order.

Apa pun misi yang diberikan oleh Leia kepada para pasukan dan teman-temannya, mereka membutuhkan pasukan untuk membantu mereka, tidak terkecuali 3PO. Untuk itulah Resistance sepertinya mencoba untuk merubah karakter dan program di dirinya, dari sebuah droid asisten menjadi droid pembunuh yang mengerikan.

Efek Milenium Falcon

Selain perubahan program, ada faktor lainnya juga yang bisa mempengaruhi. Salah satunya adalah kemungkinan jika pesawat Milenium Falcon merusak komponen yang di dalam diri 3PO. Droid tersebut pernah menyebutkan jika sistem yang dimiliki oleh pesawat Millenum Falcon benar-benar sangat luar biasa dan sulit untuk dikendalikan.

Kita kemudian mengetahui cerita dibalik Millenium Falcon dalam film Solo, yaitu droid partner dari Lando Carlrissian yaitu L3-37 menyatu dengan sistem pesawat tersebut dan menciptakan sebuah pesawat hybrid yang memadukan pesawat dan droid. Kembalinya Lando ke pesawat tersebut mungkin membangkitkan beberapa bagian dari droid L3 yang tersisa.

Kemungkinan lainnya, hal itu berakibat pada program yang ada di dalam diri 3PO dan membuatnya berpikir untuk melanjutkan perjuangan dari L3 untuk kebebasan para droid. Dipengaruhi oleh droid lainnya sendiri bukan hal yang pertama bagi 3PO. Dalam film Attack of the Clones, dia juga pernah mengalami hal serupa.

Sepupu 3PO

Perlu juga untuk diingatkan jika droid 3PO memiliki banyak “kembaran” yang tersebar di seluruh galaksi, artinya dia bukanlah satu-satunya droid dari modelnya. Dalam film A New Hope, kita melihat droid yang mirip dengan C-3PO yaitu U-3PO droid yang dibangun oleh Anakin Skywalker. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jika droid bermata merah tersebut bukanlah C-3PO yang kita kenal.

Setidaknya ada dua karakter Star Wars lainnya yang memiliki kemiripan bentuk dengan C-3PO. Namun, dua droid tersebut bukanlah droid yang menawarkan perdamaian melainkan droid yang senang untuk melihat manusia menderita. Pertama ada C-3PX, droid yang dulunya menjadi asisten dari Darth Maul. Terlepas dari adanya tanda ‘X’ berwarna hitam di kepalanya, model dan desainnya mirip dengan 3PO.

Satu hal yang membedakan 3PX dan 3PO adalah dia selalu membawa senapan blaster dan diprogram untuk memberikan hukuman yang sangat berat kepada siapapun. Yang kedua adalah 0-0-0 atau biasa dikenal sebagai Triple Zero. Droid ini merupakan asisten dari Darth Vader. Bisa dibilang merupakan versi warna hitam dari 3PO.  Triple Zero merupakan droid yang haus darah dan sangat sadis. Triple Zero selalu bersama dengan droid lainnya yaitu BT-1, yang merupakan versi hitam dan jahat dari R2-D2.

Pengaruh Palpatine

Salah satu kemungkinan gila lainnya adalah 3PO mungkin sudah dikendalikan oleh Palpatine. Seperti yang kita ketahui, kemungkinan besar Palpatine akan memiliki sebuah peran besar dalam cerita The Rise of Skywalker meskipun belum diketahui, peran besar apa yang akan melibatkannya. Sampai saat ini kita masih belum melihat secara langsung sosok Palpatine, baik di trailer kemarin maupun di teasernya. Kita baru mendengar suara tawa mengerikannya saja pada teaser filmnya.

Hal tersebut kemudian membangkitkan kemungkinan bahwa Palpatine akan muncul dalam bentuk Force Ghost. Dia bisa jadi menjadi otak dibalik perseteruan First Order dan Resistance sebagai cara untuk mendapatkan kembali tubuh dan kekuatannya. 3PO bisa jadi merrupakan vessel atau wadah sementara dari Palpatine yang kemudian menyusup ke pihak Resistance dan membujuk Rey untuk masuk ke Dark Side.

Meskipun banyak kemungkinan yang bisa terjadi dengan 3PO, aktor dibalik droid tersebut, Anthony Daniels, sudah memberikan petunjuk bahwa karakter yang dia mainkan akan melakukan sesuatu yang sangat mengejutkan di film The Rise of Skywalker. Apapun itu, film ini akan menjadi film “penutup” dari kisah legendaris Skywalker. Wajar jika hal “gila” coba disuguhkan Abrams di filmnya.