Walt Disney Studios, studio raksasa dari Hollywood mengumumkan project film terbarunya yang terinspirasi dari kultur budaya Indonesia dan wilayah di Asia Tenggara. Film animasi tersebut akan berjudul Raya and The Last Dragon. Hal ini diumumkan di event Expo D-23 yang kini telah berlangsung.

Dalam presentasinya, Disney mengumumkan akan melibatkan Dean Wellins ( The Iron Giant ) dan Paul Briggs ( Big Hero 6 ) untuk membangun film ini. Mereka juga akan melakukan riset kultur dan budaya ke beberapa negara, termasuk Indonesia, Vietnam, Kamboja, dan Malaysia. Selain itu, beberapa siswa asal negara-negara tersebut juga akan terlibat dalam riset untuk membangun cerita film ini.

Raya & The Last Dragon memang jadi target Disney yang sejak beberapa tahun lalu menggembar gemborkan “diversity”. Hal itu dimulai dari film Moana yang mengambil tema dari negara Oceania, dan Raya & The Last Dragon jadi film pertama Disney yang mengangkat tema Asia sentris.

Belum ada detail lain mengenai film ini, namun Disney menyiapkan Raya & The Last Dragon untuk rilis pada Thanksgiving 2020. Dengan jadwal rilis yang tinggal setahun lagi, mungkin dalam waktu dekat kita akan mendapat informasi lebih jauh mengenai film ini.