Wolverine Membunuh Moira Dan Nyawa Kesembilannya

Meskipun tidak ditampilkan secara eksplisit, Wolverine membuktikan dirinya adalah orang yang vital bagi nasib para Mutan. Hal yang tidak diduga oleh para fans adalah ternyata Wolverine memberikan pengetahuannya kepada Moira, sehingga dia bisa merubah masa depannya ketika dia terlahir kembali.

Wolverine pun kemudian mengeluarkan cakar adamantiumnya dan menghujamkannya tepat di dadanya, yang membuatnya langsung terbunuh. Tapi akhirnya timeline ini bisa masuk akal, masa depan Power of X merupakan contoh akhir dari usaha Moira yang gagal untuk menyelamatkan bumi dan para Mutan. Kegagalan lainnya yang diakibatkan oleh kemunculan dari kecerdasan buatan, yang memicu peperangan manusia dan Mutan.

Tapi, twist yang terjadi ini juga bisa berarti bahwa cerita di masa sekarang yang diceritakan di komik House of X tidak secara langsung menjadi jembatan bagi masa depan di timeline Power of X. Faktanya adalah justru sebaliknya.

House of X Merupakan Kehidupan Moira Yang Selanjutnya

Pada akhirnya, sebagian besar pertanyaan yang menyangkut Moira, Charles Xavier, X-Men, Krakoa, dan seluruh kejadian di House of X akhirnya sudah terjawab. Seperti yang diperlihatkan dalam chart nyawa Moira di akhir akhir ceritanya, masa depan yang hancur dimana Wolverine membunuh Moira akhirnya menuntunnya menuju kehidupannya yang baru.

Kehidupan yang baru tersebut merupakan kehidupan yang saat ini terjadi di komik House of X. Hasilnya, adegan yang sebelumnya disebutkan antara Moira dan Charles Xavier sudah tidak lagi menjadi sebuah misteri. Masa depan yang dia perlihatkan kepada Charles merupakan salah satu hal yang akhirnya terungkap dalam Power of X.

Sejak saat itu, Moira bekerja sama dengan Charles dan Erik (magneto) untuk mencegah masa depan yang kelam tersebut agar tidak terjadi, yang mana Krakoa merupakan hal (atau orang) yang bisa membuat cerita tersebut bisa terjadi. Oleh karena itu, Charles kemudian memerintahkan Cyclops untuk menghancurkan markas dari Sentinel.

Dilihat dari semua penjelasan ini, cerita di House of X bersetting setelah apa yang terjadi di Power of X dan di kehidupan Moira yang kesepuluh, merupakan apa yang terjadi di Marvel Universe saat ini. Tapi, bukan tidak mungkin kedepannya Hickman masih akan memberikan sebuah cerita yang bisa membuat otak kita “ngebul” diantara kedua komik ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.