Geeks tentu tahu dengan simbol smiley berwarna kuning dengan sedikit cipratan darah yang sudah menjadi simbol bagi Watchmen. Simbol tersebut bukan hanya memiliki desain yang sangat menarik, tapi juga memiliki makna yang sangat dalam bagi ceritanya. Dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly, salah satu kreator dari Watchmen, Dave Gibbons, memberikan sedikit penjelasan tentang hal tersebut.

Gibbson mengungkapkan bahwa badge atau lencana tersebut merupakan sebuah cara untuk memberikan Eddie Blake atau the Comedian sebuah sentuhan humor, tapi tanpa membuatnya terlihat terlalu kikuk, dan Alan Moore kemudian mengembangkan citra dari simbol tersebut sebagai sebuah simbol bagi the Comedian yaitu periang di luar dan kegelapan dan juga kekerasan di dalamnya.

Namun, makna sebenarnya dari logo Watchmen tersebut baru dikembangkan secara penuh di akhir proses pembuatannya. Secara esensi, gambar dari wajah tersenyum yang tertutupi oleh cipratan darah merefleksikan keseluruhan etos dari Watchmen. Moore dan Gibbons memberikan cerita tentang superhero yang kita kenal dan memasukan unsur gelap ke dalam realita ceritanya.

Di sisi lain, cipratan darah the Comedian yang berada di lencana wajah tersenyum berwarna kuning tersebut membuat Watchmen bisa untuk menunjukan tujuannya sedari awal. Ada beberapa perbedaan yang siginifikan antara buku komiknya dan adaptasi filmnya di 2009 lalu, yaitu dengan menghilangkan sisi komiknya dan diganti dengan tone dengan nuansa kelam ala Zack Snyder.

Dengan perubahan yang terjadi, hal ini membuat Watchmen semakin bisa terkonik dengan makna dibalik smile face tersebut. Seperti cerita orisinalnya yang mengisahkan superhero yang dipadukan dengan politik, kekerasan, dan sebuah akhir yang tidak bahagia, dua adaptasi live-action Watchmen terus merubah franchise ini menjadi lebih dewasa, lebih intens, memberikan twist dari pendekatan komiknya.