Film keempat dari franchise The Matrix akhirnya resmi akan diproduksi. Setelah beberapa tahun rumor dan kabar burung berkembang tentang The Matrix 4, akhirnya rumah produksi Warner Bros. secara resmi mengumumkan jika film tersebut akan segera diproduksi. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Variety. Dalam laporannya juga menyebutkan jika Keanu Reeves akan kembali berperan sebagai Neo.

Selain Keanu Reeves, Carrie-Anne Moss juga akan kembali berperan sebagai Trinity. Lana Wachowski sudah ditunjuk sebagai sutradara untuk proyek film ini. Sebelumnya, Lana bersama adiknya Lilly Wachowski sempat menjadi wakil sutradara untuk trilogi pertama filmnya. Chairman dari Warner Bros. Pictures Group, Toby Emmerich, mengkonfirmasi langsung kabar ini.

Kami tidak bisa lebih senang lagi untuk kembali mempersembahkan ‘The Matrix’ bersama Lana (Wachoski). Lana benar-benar seorang yang visioner, seorang pembuat film yang kreatif, dan kami sangat senang dia akan menulis, mengarahkan dan memproduksi chapter baru dalam universe ‘The Matrix.’

Sutradara John Wick, Chad Stahleski, beberapa waktu yang lalu sempat mengabarkan jika film The Matrix yang baru sedang dikerjakan. Namun, kabar tersebut kemudian dibantah meskipun pada akhirnya kabar tersebut sudah resmi dikonfirmasi. Detail plotnya sendiri masih belum diketahui dan masih dirahasiakan oleh pihak Warner Brothers.

Berdasarkan laporan sebelumnya, mengindikasikan bahwa film terbarunya akan menjadi film prekuel dari film sebelumnya. Michael B. Jordan dikabarkan akan membintangi film tersebut, namun dengan kabar keanu Reeves dan Carrie-Anne yang kembali ke perannya bisa dipastikan filmnya merupakan sekuel. Masih belum diketahui juga apakah Laurence Fishburne akan kembali ke perannya sebagai Morpheus.