Persaingan di jagat film Indonesia kini semakin sengit dengan diumumkannya proyek Jagat Sinema Bumi Langit, yang akan menampilkan berbagai film-film bertema pahlawan dan patriot asli dari dari Indonesia. Karakter-karakternya sendiri berdasarkan komik buatan anak bangsa, seperti Gundala, Godam, dan Mandala. Puluhan aktor dan aktris siap membintangi film-film tersebut.

Joe Taslim merupakan salah satu aktor yang akan berperan di Jagat Sinema Bumi Langit. Aktor yang yang sedang melejit karirnya ini sedang mempersiapkan diri untuk berperan sebagai Mandala, dalam film Mandala: Golok Setan. Ini merupakan karakter besar kedua yang diperankan oleh Joe Taslim, setelah sebelumnya dia ditunjuk untuk berperan sebagai Bi Han alias Sub-Zero dalam film Mortal Kombat. Siapa Mandala dan Sub-Zero?

Siapa Mandala?

Mandala merupakan seorang pendekar yang dalam timeline Bumi Langit, dia hadir di era jawara. Dia berasal dari sungai ular dan merupakan anak dari Nyi Nara Sati, Ratu dari Siluman Buaya Putih. Namun, Mandala kemudian kabur dari pengawasan ibunya dan berlatih dengan pamannya, Batara, seorang pendekar hebat berlengan satu.

Mandala sendiri merupakan seorang pendekar yang ahli dalam pertarungan jarak dekat. Dia memiliki berbagai ajian-ajian langka dan sakti mandraguna, mirip seperti Si Buta Dari Gua Hantu. Mandala juga ahli dalam berkuda dan ahli dalam memainkan pedang. Kudanya sendiri merupakan teman setia Mandala ketika berpetualang berkeliling Nusantara.

Selain ahli dalam berkuda dan menggunakan pedang, Mandala juga memiliki jurus tenaga dalam yang disebutnya sebagai Gelombang Batu Karang. Dengan tenaga dalam ini, Mandala bisa menghancurkan apapun dengan mudah. Dia juga menggunakan ilmu tenaga dalam ini untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Secara fisik, Mandala memiliki tinggi sekitar 177cm dan berat badan sekitar 71 kg.

Sedangkan untuk penampilannya, Mandala memiliki tubuh yang kekar, berbadan tegap dan berotot yang dikombinasikan dengan rambut panjang berwarna hitam. Mandala sendiri merupakan karakter pendekar hasil karya dari komikus legendaris Mansyur Daman alias MAN, yang dirilis pada dekade 1970an. Mandala sendiri sebelumnya pertama kali muncul di komik Bidadari Mata Elang, sebelum akhirnya mendapatkan seri komiknya sendiri.

Sebenarnya film Golok Setan sendiri sudah pernah dibuatkan filmnya di era 80an, tepatnya di tahun 1983. Pada saat itu aktor laga Barry Prima yang berperan menjadi Mandala, sedangkan Advent Bangun menjadi Banyu Jaga. Film ini sukses besar sampai akhirnya filmnya mendapatkan sekuelnya yaitu Mandala Dari Sungai Ular yang dirilis pada 1987.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2