Luke Skywalker dan Anakin Skywalker mungkin adalah dua nama populer dalam cerita Star Wars, selain beberapa nama lainnya seperti Hans Solo, Darth Vader, dan sebagainya. Namun, yang pasti para fans Star Wars pasti mengenal sosok master Jedi dan guru bagi Anakin Skywalker yaitu Obi-Wan Kenobi. Karakter Obi-Wan pertama kali muncul di film Star Wars: A Phantom Menace, yang dirilis pada 1999 silam.

Salah satu karakter favorit para fans tersebut rencananya akan dibuatkan sebuah TV seriesnya yang akan tayang di saluran milik Disney, Disney Plus. Sebenarnya beberapa waktu yang lalu sempat ada rencana pembuatan filmnya, namun karena film Solo: A Star Wars Story mendapatkan hasil yang kurang bagus, akhirnya pihak rumah produksi pun membatalkan proyek tersebut. Jika TV seriesnya jadi dibuat, berikut adalah karakter yang harus ada di dalam ceritanya.

Ahsoka Tano

Dalam salah satu film Star Wars yaitu A New Hope, Obi-Wan sempat menyinggung tentang Clone Wars atau perang kloning, yang membuat para fans penasaran dengan perang tersebut. Kemudian dalam film Attack of the Clones, kita melihat berbagai persiapan serangan besar para kloning namun kita tidak melihat bagaimana perang besar tersebut.

Dalam TV series animasi Star Wars: The Clone Wars barulah kita melihat perang kloning tersebut. selain memperlihatkan perang kloning,kita juga diperkenalkan dengan seorang Jedi bernama Ahsoka Tano, yang sudah menjadi salah satu karakter favorit para fans. Meskipun tidak tampil secara utuh (bisa saja muncul dalam adegan flashback), kemunculan Ahsoka tentunya akan membuat senang para fans.

Darth Maul

Dalam film Phantom Menace, selain kita bertemu dengan Obi-Wan Kenobi kita juga diperkenalkan dengan sosok Darth Maul, yang pernah hampir membunuh sang master Jedi. Beberapa fans mungkin berpikir jika Maul sudah tewas, namun dalam Clone Wars dikonfirmasi bahwa dia selamat dan mendapatkan kaki robot, menghilangkan “Darth” dari namanya,dan menjadi penguasa para penjahat.

Dalam series Star Wars Rebel, kita kembali melihat Maul dan Kenobi. Dengan apa yang terjadi sebelumnya diantara keduanya, hal itu bisa membangun sebuah cerita mengapa mereka bertarung dan saling membenci satu sama lainnya. Ray Park, pemeran Maul versi live-action sempat kembali muncul di film A Star Wars Story. Banyak yang menduga jika hal tersebut merupakan salah satu penampilan “kembali” dari Maul.

Karakter Dari Film Solo

Film spinoff Rogue One: A Star Wars Story merupakan film live-action pertama yang menceritakan di luar kisah tentang Skywalkers. Sementara itu, film Solo: A star Wars Story juga menceritakan hal di luar tentang Skywalkers dan berkisah tentang origin story dari Hans Solo. Ada beberapa referensidari film tersebut yang bisa digunakan di film series Obi-Wan nanti.

Meskipun hasil yang di dapat di film Solo kurang begitu memuaskan dan mungkin memupuskan harapan film sekuelnya, yang pasti film tersebut sudah memperkenalkan kita dengan beberapa karakter baru yang menarik. Dengan film tersebut memiliki setting waktu yang sama dengan periode series Obi-Wan, menghadirkan karakter-karakter seperti Qi’ra, Becket, atau mungkin Dryden Vos bisa menjadi cara lain menghadirkan karakter tersebut dibandingkan harus menunggu sekuel filmnya.

Pasukan Ghost

Star Wars Rebel merupakan seri animasi pertama dari Lucasfilm setelah Disney membeli sebagian besar saham Lucasfilm. Seri animasi tersebut bersetting sebelum kejadian yang terjadi di film pertama Star Wars dan menceritakan tentang para pasukan Ghost yang bekerja untuk Rebel Alliance. Selain menhadirkan karakter baru, di series ini juga kembali menampilkan Ahsoka Tano.

Obi-Wan sendiri sempat muncul di seri animasi tersebut, dan mengkonfirmasi bahwa dia sedang berada di luar pada latar waktu di series tersebut, meskipun dia bukanlah bagian aktif dari Rebellion. Kemunculan kembali para pasukan Ghost tentunya akan menjadi sebuah kejutan yang menyenangkan bagi para fans.

Jabba the Hutt

Obi-Wan Kenobi menghabiskan banyak waktunya di Tattoine saat mengasingkan diri, tapi seperti yang diceritakan di berbagai komik, sangJedi tersebut memiliki hubungan dengan Jabba the Hutt. Meskipun pertemuan langsung dengan Jabba mungkin bisa menjadi pilihan, tapi dengan menghancurkan berbagai hal yang berkaitan dengan Jabba bisa juga menjadi pilihan lainnya.

Luke Skywalker

Selain memiliki hubungan dengan Anakin Skywalker, Obi-Wan juga merupakan guru dari Luke Skywalker. Menghadirkan karakter Luke di series Obi-Wan juga bisa menjadi sebuah fan service yang bisa membuat para fans senang. Ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan oleh Disney untuk menghadirkan sosok Luke di series Obi-Wan. Pertama adalah dengan bertatap muka langsung dalam sebuah adegan atau peristiwa.

Pilihan lainnya adalah dengan mengawasinya dari jauh, seperti dalam novel Ahsoka karya E.K. Johnson yang dirilis pada 2016 silam. Dalam buku tersebut, diceritakan Obi-Wan yang sedang dalam pengasingan menggunakan waktunya di Tatooine untuk mengeksplor tentang the Force, berkomunikasi dengan mantan mentornya Qui-Gon Jinn, dan mengawasi Luke dari jauh. Series ini mungkin tidak akan banyak adegan aksi, tapi bisa menjadi sebuah series yang menggali lebih dalam tentang karakter Luke atau Obi-Wan.

Jar Jar Binks

Jar Jar Binks merupakan teman dari Obi-Wan dan Anakin Skywalker sejak film pertama. Di beberapa film selanjutnya, Jar Jar hanya terlihat sebentar saja. Nasibnya pun masih sedikit menggantung, namun dalam novel Star Wars Aftermath: Empire’s End diketahui jika Jar Jar menjadi seorang seniman jalanan.

Dengan sekali lagi menampilkan reuni antara Jar Jar Binks di salah satu episode seriesnya bukan hanya memberikan kita kejelasan tentang nasib dari Jar Jar Binks, tapi juga sekali lagi memberikan kesempatan pada Ahmed Best untuk kembali memerankan karakter terebut. Bukan berarti keseluruhan ceritanya berpusat pada reuni antara Jar Jar dan Obi-Wan, tapi dengan menghadirkannya di salah satu episode bisa memberikan sebuah kejutan yang membuat para fans senang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.