One-Punch Man merupakan sebuah seri yang bisa memberikan kita banyak hal. Selain memberikan kita sebuah cerita tentang hero, kita juga akan melihat banyak sekali komedi yang membuat orang tertawa. Ada banyak elemen yang bisa membuat pembaca atau penontonnya tertawa, mulai dari desain karakter sampai pada jalan cerita yang dihadirkan.

Meskipun sebenarnya seri ini dibuat sebagai komik satir terhadap citra pahlawan, tetap saja sang kreator, ONE, memasukan unsur humor yang bisa menghibur para penggemar serinya. Dengan adanya unsur humor di dalam ceritanya, artinya akan ada banyak meme yang bertebaran di internet. Berikut adalah beberapa meme lucu tentang One-Punch Man.

Sulit Mendapatkan Nilai Bagus

Sebuah meme yang lucu biasanya mengangkat atau membahas hal-hal yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satunya adalah momen ketika berada di sekolah. Saat di sekolah, sering terjadi momen-momen yang cukup memalukan seperti misalnya saat kita yakin jika kita akan mendapatkan nilai yang bagus, namun kenyataannya justru kita mendapatkan hasil yang sebaliknya.

Hal ini juga terjadi pada Saitama, karakter utama dalam seri OPM. Ketika Saitama mengikuti tes masuk untuk menjadi seorang hero, mungkin dia bisa mengalahkan musuhnya dengan mudah. Namun, ketika dia harus menghadapi tes tertulis dia tidak akan menduga akan sesulit itu. Hasilnya bisa ditebak, nilai yang buruk dan membuatnya berada di peringkat paling bawah.

Menu Olahraga Saitama

Saitama merupakan karakter yang awalnya merupakan warga atau pemuda biasa yang berubah menjadi sosok pahlawan. Bagaimana dia melakukan hal tersebut? menurut penuturannya, rahasia olahraganya adalah dia melakukan 100 kali push-up, 100 kali sit-up, dan berlari 10 km setiap hari. Selain itu, latihan tersebut juga didukung oleh motivasi yang kuat, keteguhan hatit, dan pantang menyerah.

Dengan ucapan tersebut, Saitama seolah ingin memberi tahu jika semuanya bisa melakukan hal yang tidak mungkin dengan mengikuti aturan ala Saitama. Kata-kata ini juga ternyata coba diaplikasikan di dunia nyata, dengan adanya One-Punch Man Challange dengan harapan hasilnya akan sama dengan Saitama.

Dua Ekspresi

Salah satu hal yang membuat Saitama menjadi karakter yang lucu dan banyak digemari oleh para fans adalah dia memiliki dua wajah yang benar-benar berbeda. Hal ini terjadi ketika dia dalam mode serius dan sedang membela apa yang dia yakini benar. Mukanya akan merubah menjadi lebih sangar, dengan tatapan tajam dan bisa mengintimidasi lawannya hanya dengan tatapan tersebut.

Namun, di sisi lain (dan yang lebih sering terjadi) adalah Saitama lebih banyak memperlihatkan wajah dengan bentuk lucunya. Bentuknya simpel dan kepalanya sendiri berbentuk seperti telur. Karena bentuk wajahnya ini, tidak jarang musuh atau monster menganggap remeh sosok Saitama. Mereka menganggap Saitama hanyalah seorang pahlawan “kecil” biasa yang mudha untuk dikalahkan. Perubahan wajah ini sering dikaitkan dengan filter wajah yang ada di aplikasi media sosial.

Adaptasi Dari Karakter Anak-Anak

Ketika kita berpikir tentang penampilan dari Saitama, pasti hal yang pertama muncul dalam pikiran kita adalah kepala yang botak berbentuk unik dengan kostum kuning dan jubah berwarna merah. Tapi, ternyata desain karakter tersebut bukan hanya milik Saitama. Caillou, salah satu karakter dari acara anak-anak populer, juga memiliki penampilan yang sama dengan Saitama.

Para netizen atau para pengguna internet, seringkali menganggap jika Saitama merupakan versi dewasa dari Caillou karena penampilan tersebut. Sebuah ketidaksengajaan yang sangat lucu, dan bahkan akan sangat lucu jika Geeks pernah menonton atau tahu Caillou dan mengenal sosok Saitama.

Anpanman vs Saitama

Berbeda dengan Caillou, yang secara penampilan kedua karakter memang secara tidak sengaja memiliki kemiripan, kemiripan karakter Anpanman dan Saitama memang bukanlah sebuah ketidaksengajaan. One-Punch Man terinspirasi dari karakter Anpanman, sebuah karakter klasik pahlawan Jepang yang kepalanya terbuat dari Anpan, atau kue manis khas Jepang dengan kacang merah di dalamnya.

Saitama sendiri memiliki kepala yang bulat cenderung lonjong yang mirip dengan telur. Selain kepala, kemiripan lainnya adalah desain kostum yang digunakan oleh keduanya. Meskipun anpanman menggunakan kostum yang hampir seluruhnya berwarna merah dengan sarung tangan kuning dan boots, Saitama memiliki warna kebalikannya.

Insiden Pisang

Suasana serius muncul ketika Garou berhasil mengalahkan para pahlawan dari berbagai kelas. Mengetahui banyak pahlawan yang kalah dan dirawat di rumah sakit, Saitama kemudian memutuskan untuk pergi kesana untuk menjenguk mereka. Saat tiba di sebuah ruangan, Saitama ternyata membawa oleh-oleh berupa Pisang yang awalnya pasti disangka akan diberikan kepada teman-temannya, namun ternyata pisang tersebut merupakan makanan untuk dia sendiri.

Entah Saitama memang tidak memiliki rasa keperdulian terhadap yang lain, yang pasti dengan hal itu justru membuat suasan yang serius menjadi sedikit lebih ringan, dengan niat awalnya yang ingin memberikan semangat dengan membawakan pisang. Tapi, Saitama sendiri tetap memberikan mereka pisang meskipun hanya satu buah. Sedangkan sisanya dia yang makan.

Desain Awal Tatsumaki

Buat Geeks para fans One-Punch Man pasti sudah tahu jika gambar atau visual yang ada di komik ataupun di animenya berbeda dengan visual yang ditampilkan di versi aslinya, yaitu webcomic. Hal itu dikarenakan cerita One-Punch Man dikerjakan oleh dua orang yang berbeda. Untuk webcomic dikerjakan oleh ONE sendiri, sedangkan untuk manga dan anime dikerjakan oleh Yusuke Murata.

Di meme ini, produser anime OPM sepertinya mencoba untuk memasukan sebuah Easter Egg di animenya yang memberikan penghormatan kepada desain asli ONE. Adegannya terjadi ketika Tatsumaki menolong Fubuki yang diserang oleh Do-s. Untuk Fubuki tetap digambar sesuai visual animenya, sedangkan Tatsumaki digambar lebih kecil dan lebih simpel yang diadaptasi dari versi orisinal manganya. Perbedaan posisi dan detail visual inilah yang menjadikan adegan tersebut sebuah meme di internet.

Anak Hilang

Sebagai karakter dengan bentuk tubuh yang kecil namun mematikan, Tatsumaki sering kali juga dijadikan meme oleh para fans OPM dan pengguna internet. Tatsumaki mungkin memang salah satu karakter terkuat dari kelas S, tapi tidak jarang dengan tubuhnya yang kecil dia sering kali dianggap sebagai anak-anak. Hal ini pernah dilakukan oleh Saitama yang menganggap Tatsumaki sebagai anak hilang.

Ketika Saitama akan mengikuti sebuah pertemuan di markas asosiasi pahlawan, dia bertemu dengan Tatsumaki. Saitama yang kurang dikenal oleh Tatsumaki, dianggap tidak layak berada di pertemuan tersebut bahkan dia sempat mengusirnya. Saitama kemudian membalasnya dengan menganggapnya sebagai anak kecil yang hilang. Momen ini juga sering dijadikan meme oleh pengguna internet, dengan mengganti Tatsumaki dengan karakter lainnya.

Musuh Terbesar Saitama

Sudah banyak monster-monster kuat (dan lemah) yang dikalahkan oleh Saitama, dan sering kali Saitama menghancurkan monster tersebut dengan satu kali pukulan. Terkadang juga dia bisa menghasilkan sebuah kehancuran besar, tanpa “sengaja.” Namun, sekuat-kuatnya Saitama dia tetap memiliki satu musuh yang tidak bisa dia hancurkan yaitu nyamuk.

Saitama pada awalnya tidak menganggap serius nyamuk tersebut, sampai akhirnya nyamuk tersebut terus menganggu Saitama. Dia sudah menepuk dengan kuat dengan kekuatan penuh dan kecepatan kilat, tapi nyamuk tersebut selalu berhasil untuk hidup bahkan tidak terluka sedikitpun. Ini tentunya merupakan ironi sekaligus sebuah humor, dimana makhluk kuat seperti Saitama tidak bisa mengalahkan nyamuk kecil.

Muka Datar

Mungkin diantara sekian banyak meme tentang One-Punch Man, yang paling ikonik dari semuanya adalah wajah datar Saitama ketika mengatakan “Ok” dan seperti tanpa beban. Konteks dari meme ini berasal dari pertarungan antara Saitama dan Lord Boros, dimana Lord Boros yang mencoba untuk membuat kagum Saitama justru dianggap “biasa saja” oleh Saitama.

Sampai saat ini, meme tersebut sering digunakan untuk merespon sebuah situasi yang dianggap biasa saja oleh satu pihak dalam sebuah percakapan. Bahkan, meme Saitama ini juga sangat populer di Indonesia bahkan sering digunakan dalam kolom komentar, baik di sebuah page hiburan atau serius.