Grudgedorf

Kapal Grudedorf merupakan kapal yang dimiliki oleh Basil Hawkins. Sebenarnya desain kapal Grudgedorf sendiri tidak terlalu rumit, hanya saja di seluruh bagian kapal tema boneka jerami menjadi highlightnya. Bahkan di bagian belakang kapal terdapat paku yang biasa digunakan untuk ritual voodoo. Hal ini dikarenakan buah iblis Wara Wara no mi yang dikonsumsi oleh Hawkins.

Di bagian atas kapal terdapat sebuah lilin raksasa sedangkan di bagian depan kapal terdapat sebuah kepala boneka raksasa yang tertusuk oleh paku. Sebenarnya, desain awal dari bagian depannya memiliki ukuran kepala boneka yang lebih kecil dan tidak ada paku. Oda kemudian merivisi gambar tersebut dan meminta untuk membuatnya lebih besar dengan tambahan paku. Dorf sendiri berarti desa dalam bahasa Jerman.

Hanjoumaru

Kapal Hanjoumaru merupakan kapal milik bajak laut Fallen Monk, dengan sang kapten kapal Uruouge si rahib gila. Desain kapalnya sendiri mirip dengan kapal Grudgedorf milik Hawkins, dimana desainnya tidak terlalu rumit. Di atas kapalnya terdapat sesuatu yang menarik, yaitu adanya sebuah kuil  di atas tiang kapal. Selain di atas kapal, kuil juga terdapat di belakang kapal.

Di bagian depannya terdapat dekorasi berupa topeng Hannya besar dengan pedang Naginata dan berbagai ornamen khas Uruouge lainnya, seperti tasbih dan bulu-bulu. Desain awalnya sendiri berupa topeng Onii (iblis) dengan tombak, namun Oda kemudian merubah desain tersebut. Hanjou sendiri bisa berarti kemakmuran, tapi dalam kanji yang digunakan di kapal ini diartikan sebagai kapal perang. Sedangkan Maru, merupakan nama yang digunakan oleh setiap kapal laut Jepang.

Liberal Hind

Kapal terakhir adalah Liberal Hind, milik kelompok bajak laut Drake. Dibandingkan dengan desain kapal bajak laut lainnya, desain kapal Liberal Hind bisa dibilang paling sederhana. Tidak ada ornamen atau bentuk yang nyentrik dari kapal ini. Hal ini dikarenakan Drake dulunya merupakan mantan perwira di angkatan laut, sehingga bentuk dan desain kapalnya mirip kapal angkatan laut.

Untuk membedakan kapal Liberal Hind dengan kapal angakatan laut pada umumnya, Oda memberikan sebuah sentuhan unik di bagian depan kapal. Bentuk dari ujung kapalnya terinspirasi dari topi yang digunakan oleh Drake dua tahun yang lalu. Juga penggunaan warna merah yang kontras dengan warna milik kapal angakatan laut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.