Untuk merayakan ulang tahun yang ke 20, One Piece merilis sebuah film terbaru dan terbesar yaitu One Piece: Stampede. Film ini menghadirkan hampir semua bajak laut (bahkan bukan bajak laut pun ada) yang pernah muncul dalam cerita One Piece. Bagi para pengunjung film Stampede, selain bisa menyaksikan filmnya mereka juga diberikan sebuah komik edisi khusus Stampede yaitu komik One Piece 10098.

Salah satu pembahasan yang ada di dalam komik tersebut adalah desain dari kapal-kapal milik para supernova. Desain tersebut digambar langsung oleh sang kreator, Eiichiro Oda, berupa sketsa gambar yang kemudian disempurnakan oleh tim animasi. Berikut adalah detailnya yang sudah diterjemahkan oleh Library of Ohara.

Victoria Punk

Kapal Victoria Punk merupakan kapal yang dimiliki oleh bajak laut Eustass Kid. Tema perahunya sendiri adalah dinosaurus dan berbentuk seperti ikan raksasa. Di bagian depannya terdapat desain yang mitip dengan tengkorak ikan. Ada dua tiang di kapal ini, pertama ada di belakang di bagian kemudi dan satu lagi ada di tengah kapal dengan bendera bajak laut Kid.

Bagian depan sendiri sengaja didesain untuk menjadi pelindung dari serangan musuh. Seperti permintaan dari Oda sensei, desain kapal ini dan juga desain dari layarnya sempat beberapa kali diperbaiki. Nama Victorian Punk sendiri sepertinya terinspirasi dari ratu Inggris Victoria dan zaman tersebut, juga serapan dari bahasa Spanyol yang bisa berarti kemenangan. Kid memang selalu haus akan kemenangan.

Jewerly Margherita

Kapal Jewelry Margherita merupakan kapal yang dimiliki oleh bajak laut yang memiliki selera makan yang sangat besar, Jewelry Bonney. Desain kapalnya sendiri terinspirasi dari makanan favorit Bonney yaitu Pizza. Hampir di seluruh bagian kapal memiliki desain dari bentuk pizza. Ada fakta menarik dari kapal Bonney ini.

Dengan desain kapal yang mirip dengan bentuk Pizza, Oda sampai-samapai melakukan hal detail terhadap desainnya, contohnya adalah dengan memberi tahu pada para staffnya bagaimana cara menggambar warnanya juga dimana peletakan keju juga paprikanya. Oda juga sempat bertanya apakah mungkin untuk memberikan bentuk pizza yang mengembang dan juga warna-warna terang di makanan.

Nostra Castello

Kapal selanjutnya adalah Nostra Castello, kapal milik bajak laut Capone Bege. Terlihat dari desainnya, kapal bajak laut sang godfather ini mirip seperti sebuah benteng pertahanan yang mengambang diatas air. Bahkan kapal ini juga memiliki kemampuan untuk bisa berjalan di daratan berkat rantai yang mirip tank yang ada di bawah kapal tersebut.

Sebenarnya kapal Nostra Castello ini sempat muncul di arc Whole Cake Island ketika bajak laut Capone mencoba untuk menyelamatkan Sanji. Nostra Castello sendiri terinspirasi dari sebuah kelompok mafia asal Sisilia, Italia, Nostra Casa, yang juga digunakan referensinya di film The Godfather. Inilah yang juga menginspirasi bajak laut Bege.

Stay Tuned

Dengan desain kapal bertema musik, rasanya kita sudah tahu jika kapal ini milik Scratchmen Apoo. Di dalam kapalnya kita bisa melihat berbagai instrumen musik seperti drum, speaker, bahkan sampai alat pengukur tempo, metronom. Di bagian depannya terdapat tulisan “On Air” juga terdapat sebagian dari drum.

Di bagian depannya terdapat sebuah speaker besar dengan terompet raksasa di bagian ujungnya. Oda sensei sendiri yang menentukan warna untuk setiap detail di kapal tersebut. Kata stay tuned yang menjadi nama kapal ini tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Jika Geeks pernah menonton atau mendengar acara musik, kata ini sering diucapkan untuk mengajak kita tetap di saluran tersebut dan mendengarkan musik lainnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2