Eraserhead merupakan salah satu karakter terkuat dan karakter terpopuler dari seri My Hero Academia. Sosok Eraserhead juga cukup misterius. Banyak para fans yang penasaran dengan masa lalu dari sang guru tersebut. Namun, ternyata kisah masa lalu dari Eraserhead tidak dimunculkan dalam seri utamanya melainkan dalam sebuah spinoff.

Vigilante-My Hero Academia: Illegals merupakan manga spinoff yang baru-baru ini resmi dirilis. Salah satu hal yang dibahas di dalam manga spinoff tersebut ternyata adalah masa lalu dari sosok Eraserhead. Sempat dibahas juga cerita masa lalu bagaimana Shota Aizawa alias Eraserhead ini akhirnya menjadi pengajar di UA High School.

Selain itu, kita juga diperlihatkan masa-masa Aizawa ketika dia masih bersekolah. Dia juga dulunya merupakan murid di UA High School. Berbeda dengan saat ini, pada saat dia masih bersekolah dia merupakan sosok anak yang pemurung dan pendiam. Dia tidak percaya diri untuk menjadi seorang hero. Bahkan, dia tidak percaya diri bahwa dia tidak akan mampu untuk menolong siapapun yang sedang dalam kesulitan.

Ada hal menarik yang juga dibahas di komik Vigilante ini, yaitu kita juga melihat bagaimana rupa dari Hizashi Yamada alias Present Mic saat berusia 16 tahun alias ketika dia bersekolah. Hal yang menarik lainnya adalah ternyata dia merupakan teman sekelas dari Aizawa di sekolah tersebut. Mereka terlihat sudah cukup akrab satu salam lainnya.

Saat memperlihatkan cerita masa lalu dari Eraserhead, kita akan diperkenalkan dengan seorang karakter baru. Masih belum diketahui identitas dari karakter baru ini, namun sepertinya dia merupakan karakter yang periang dan sangat positif. Ada kemungkinan karakter ini akan menjadi sosok karakter penting dalam perjalanan “karir” Aizawa sebagai murid UA High School. Dilihat dari narasinya, Aizawa yang murung tersebut perlahan berubah sering berjalannya waktu. Apakah karakter ini yang menjadi penyebabnya? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!