Karakter antihero asal Marvel, Deadpool, saat ini sedang menikmati kesuksesannya di jagat Hollywood berkat dua film solonya. Tapi, Deadpool bukanlah satu-satunya antihero yang keren dalam dunia komik. Ada satu antihero lainnya yang juga keren populer, yaitu Spawn. Karakter Spawn diciptakan oleh Todd McFarlane dan mengisahkan tentang agen rahasia yang dikhianati temannya sendiri dan dibunuh.

Dia pun kemudian kembali muncul dari neraka untuk menjadi pembawa jiwa-jiwa yang bersalah. Tapi, tahukah Geeks jika Spawn bukan hanya memiliki satu karakter yang kita kenal saat ini? cerita Spawn sendiri menghadirkan berbagai versi dari Spawn yang berasal dari universe alternatif. Siapa saja?

1Spawn X

Todd McFarlane sadar jika cerita superhero terlalu serius dan gelap, hasilnya tidak akan bisa maksimal dan diterima oleh khalayak luas. Oleh karena itu, McFarlane kemudian meciptakan karakter Spawn yang memiliki rating PG atau Parental Guide, satu tingkat dibawah Rextricted. Karakter Spawn X ini muncul dalam komik Adventures of Spawn.

Bisa dibilang Spawn X ini merupakan Spawn versi “ringan” dari cerita Spawn yang dijual untuk dewasa. Ada hal menarik juga dari karakter Spawn X ini, yaitu adanya perbedaan origin story antara versi Spawn biasa dan Spawn X. Jika pada Spawn Al Simmons tewas dan kembali bangkit dari kematian, Spawn X memperlihatkan jika Al tetaplah manusia biasa.

2White Spawn

Sebelum film Black Panther dianggap menjadi tonggak kebangkitan dari superhero berkulit hitam, ada film Blade dan juga film Spawn. Film Spawn yang dirilis pada 1997 atau setahun sebelum film Blade dirilis ini merupkan adaptasi film pertama dari Spawn, dan dibintangi oleh aktor Michael Jai. Sayangnya, film ini kurang mendapat sambutan yang positif dari para penggemar film.

Namun, terlepas dari hasil yang kurang positif tentang filmnya, ada satu hal menarik dari film tersebut yaitu filmnya mendekati sumber aslinya yaitu komik. Michael Jai bisa dibilang merupakan aktor yang baik untuk menggambarkan sosok Al Simmons, khususnya dari segi fisik. Jai juga bisa dibilang sukses untuk menggambarkan karakter Al, meskipun bisa versi adaptasi ini lebih brutal karena bukan hanya membunuh yang bersalah tapi juga yang tidak bersalah.

3Gunslinger Spawn

Gunslinger Spawn merupakan Spawn versi “maniak” dimana dia benar-benar ahli dalam hal urusan persenjataan. Namun, McFarlane memberikan penampilan yang berbeda kepada Gunslinger Spawn, karena Spawn merupakan karakter yang muncul di malam hari dan lebih mengedepankan kekuatan otot dibanding senjata. Selain itu, sosok dibalik Gunslinger Spawn juga bukanlah Al Simmons.

Karakter Gunslinger Spawn sendiri muncul dalam komik Spawn #174-175. Nama aslinya adalah Jeremy Winston dan dia merupakan rekan dari kakek Al Simmons, Francis Parker. Sama seperti Simmons, Winstons juga dihabisi nyawanya namun Mammon sang iblis memberikannya sebuah kesempatan kedua dan menjadikannya Hellspawn. Winston kemudian setuju dan Gunslinger Spawn pun muncul dan dengan kekuatannya dia balas dendam kepada seluruh orang yang sudah membunuhnya. Namun, Winston tidak membunuh kakek Simmons karena perintah dari Mammon yang sudah memiliki rencana untuknya.

4Japanese Spawn

Sama seperti Wolverine dari X-Men, Spawn juga cukup populer sebagai karakter antihero yang kemudian diadaptasi oleh industri hiburan Jepang. Oleh karena itu, mereka juga kemudian memiliki izin resmi untuk menghadirkan versi Jepang dari Spawn. Mereka bahkan mengubah karakter Spawn dalam style manga. Juzo Tokoro adalah penulis dan seniman yang mengerjalan manga Spawn yang memiliki 200 halaman.

Untuk Spawn versi Jepang, nama aslinya adalah ken Kurosawa. Dia merupakan seorang penjahat jalanan yang banyak melakukan pekerjaan kotor untuk kehidupannya sehari-hari. Ken kemudian dibunuh oleh kliennya sendiri dan kemudian sesuai dengan jalan cerita Al Simmon, dia diberi kesempatan kedua untuk menjadi Spawn. Dalam manganya sendiri diceritakan jika Ken bertemu dengan Al Simmons.

5Medieval Spawn

Medieval Spawn memiliki cerita yang sama dengan Jeremy Winston sang Gunslinger Spawn. Medieval Spawn merupakan korban kekerasan dan kekejaman dari masyarakat pada era itu. Nama aslinya adalah Sir John dan berasal dari York. Dia merupakan seorang ksatria dari Inggris di abad ke 16. John dihukum akibat membunuh seseorang, setelah dia salah paham karena menganggap amarah sang raja Inggris sebagai perintah untuk membunuh korbannya.

Akibat perbuatan tersebut John dieksekusi mati oleh sang raja. Sir John kemudian dikirim ke neraka dan iblis Malebolgia senang dengan karakter Sir John yang gemar membunuh. Kemudian cerita pun sama, iblis tersebut merubah Sir John menjadi seorang Hellspawn. Karena dia berasal dari abad pertengahan, senjata yang dia gunakan adalah sebuah kapak besar dan tameng.

6Dark Age Spawn

Jauh sebelum Medieval Spawn atau Spawn abad pertengahan muncul dan mulai menghancurkan berbagai gerakan feodalisme di abad pertengahan, Spawn versi abad kegelapan sudah muncul. Spawn di era kegelapan tersebut muncul di abad ke 10 di Eropa. Zaman tersebut disebut era kegelapan setelah jatuhnya kerajaan besar Roma. Para bangsa barbar pun menguasai di era tersebut.

Sebelum menjadi seorang Hellspawn, Dark Ages Spawn memiliki nama Black Knight atau Lord Covenant. Meskipun namanya terdengar jahat, dia merupakan pelindung bagi rakyat biasa dan sering menolong mereka. Ketika dia berubah menjadi seorang Hellspawn, dia harus bergelut dengan dua pilihan. Pertama adalah menolong orang-orang yang tidak bersalah yang diserang oleh kaum barbar dan kedua adalah menjadi pemimpin di era kegelapan tersebut.

7Hellspawn

Mungkin ada sebagian orang atau fans pecinta komik dan superhero yang berpikir jika Spawn tidak perlu untuk dibuatkan versi jahatnya, mengingat dia pun sudah jahat. Namun, Brian Michael Bending memperkenalkan versi lainnya dari Spawn dalam komik Hellspawn. Hellspawn sendiri merupakan sebuah spinoff dari Spawn yang menghadirkan lebih banyak lagi cerita yang dewasa dan penuh dengan kekerasan, bahkan ada beberapa subjek yang ditambahkan sangat mirip dengan aslinya seperti bunuh diri dan penyiksaan.

Meskipun seluruh unsur-unsur tersebut sudah dimunculkan dalam karakter Billy Kincaid, seorang pembunuh anak-anak dalam cerita Spawn, dan juga cerita yang sangat dark Hellspawn tetap meraih kesuksesan dan membuat cerita Spawn sangat “mild” untuk dinikmati. Atmosfer ceritanya sendiri benar-benar seperti sebuah mimpi buruk dan penuh dengan twist. Hellspawn juga tidak terlalu banyak bicara dan lebih banyak menghabisi nyawa orang.

8Spawn

Tentunya ada yang kurang jika kita tidak memasukan karakter Spawn yang asli dalam list ini, dan lagi pula dialah karakter yang kemudian menjadi pemicu untuk berbagai versi dari Spawn lainnya. Al Simmons merupakan seorang agen CIA yang dikhianati oleh atasan dan rekannya dan kemudian dibawa ke neraka. Disana dia diberikan kesempatan kedua oleh Malebolgia untuk menjadi Hellspawn.

Ceritanya sendiri terbilang klasik dengan tema tentang balas dendam seseorang dan menjadi seorang antihero yang sangat berbeda dengan karakter lainnya. Selain berubah menjadi mayat yang kembali hidup, Al harus menghadapi sebuah kesedihan yang berat ketika istrinya menikah lagi dengan orang lain. Tapi, sebenarnya hal ini bukanlah sebuah kecelakaan melainkan takdir.

Seperti yang diungkapkan dalam cerita Gunslinger Spawn, Mamon memerintahkan Winston untuk tidak menghabisi kakek Al Simmons. Meskipun Spawn merupakan seorang antihero, tidak jarang juga dia membantu orang-orang dan bergabung dengan para superhero lainnya untuk menumpas kejahatan.

9Angel Spawn

Angel Spawn pada dasarnya bukanlah Spawn yang berbeda, dia tetap orang yang sama yaitu Al Simmons. Hanya saja perbedaan Angel Spawn dan Spawn adalah dari segi penampilan. Jika Spawn memiliki jubah dan kalung, Angel Spawn memiliki sayap malaikat di belakangnya. Sebenarnya penampilan ini lebih cocok bagi Spawn dibandingka penampilannya seperti yang kita kenal.

Spawn sendiri mendapatkan sayap malaikat tersebut dari the Mother. Dialah sosok pencipta alam raya di dunia Spawn dan tidak memiliki batasan. Saat Al Simmons melakukan sebuah tes untuk menguji apakah dia pantas, Judas (yang berasal dari alkitab) kemudian menusuk dan membunuh Spawn. Al lolos dari ujian tersebut dan Mother menghidupkan kembali Spawn dengan menggunakan buah terlarang. Hal itu memberikannya sayap dan kekuatan untuk mengalahkan dewa dan para iblis.

10Omega Spawn

Spawn versi ini tidak pernah dianggap sebagai versi canon dari Spawn, karena serinya sendiri tidak pernah selesai dibuat. Namun, Omega Spawn bisa dibilang merupakan Spawn yang paling mengerikan dan paling kuat. Omega Spawn adalah perwujudan ketika Malebolgia dan iblis juga setan-setan lainnya memberikan kekuatan kepada Al Simmons.

Dalam cerita Omega Spawn, Satan memberikan Simmons kendali neraka dan kemampuan tidak terbatas dari necro-power. Hal ini membuatnya lebih kuat dari tuhan dan Satan sekalipun. Tujuannya adalah menggabungkan kekuatan bumi dan neraka untuk menghancurkan surga. Untuk itu, neraka pelru menghancurkan bumi terlebih dahulu dan untuk itu Omega Spawn dibuat. Dia melepaskan seluruh penjahat yang dikurung  di neraka dan mengirimnya ke bumi. Sayangnya cerita ini tidak pernah diselesaikan oleh McFarlane.