Warning! Spoiler One Piece Stampede

Buat Geeks penggemar seri One Piece, pasti pernah mendengar (atau melihat) tentang pulau Raftel. Dalam cerita One Piece, Pulau Raftel adalah pulau terakhir yang pernah diceritakan oleh bajak laut Gold D. Roger. Pulau Raftel juga pernah diucapkan ketika Roger dan Newgate sedang bersantai di sebuah pulau, bahkan Roger menawarkan untuk memberi tahu bagaimana caranya untuk pergi kesana.

Tapi, ternyata ada hal menarik dari pulau Raftel ini. Ternyata selama ini kita salah melafalkan pulau Raftel. Dalam film One Piece: Stampede yang baru dirilis kemarin di Jepang, ada sebuah fakta menarik tentang pulau Raftel. Sebenarnya pelafalan pulau tersebut bukanlah Raftel, melainkan Laugh Tale. Namun, Raftel sendiri diduga karena pelafalan yang diucapkan oleh orang Jepang.

Hal ini kemudian menimbulkan sebuah teori tentang pulau tersebut memang ada hubungannya dengan semangat D. Orang-orang yang memiliki semangat atau tekad D, mereka selalu tersenyum bahkan saat mereka akan menghadapi kematian. Itulah mengapa pulau Laugh Tale sering diidentikan dengan orang-orang dengan tekad D.

Sebuah fakta besar dan menarik tentang pulau Laugh Tale juga diungkapkan di film tersebut. Jika selama iniĀ  kita mengetahui untuk menemukan pulau Raftel, kita harus menemukan empat buah Road Poneglyph yang berisi berbagai petunjuk tentang cara untuk pergi kesana. Namun, di film Stampede kita diberikan petunjuk lain tentang adanya sebuah log pose atau kompas yang mengarah ke arah pulau Raftel. Log pose itulah sebenarnya harta Gold D. Roger, itulah One Piece, seperti yang diungkapkan oleh Douglas Bullet.