Buat Geeks yang menjadi bagian dari generasi 90an, pasti kenal dengan sosok seorang samurai bernama Himura Kenshin. Kenshin dulunya merupakan seorang pembunuh kejam yang sudah menelan korban yang sangat banyak. Tidak mau terjebak di masa lalunya, dia pun kemudian berubah menjadi sosok samurai yang tidak ingin lagi membunuh siapapun.

Oleh karena itu, pedang yang selalu dia bawa ditukar mata pisaunya. Bagian yang tajam dari pedang tersebut dibalik ke arah atas, sehingga bagian yang tumpul yang akan menjadi andalan Kenshin. Nama pedangnya adalah Sakabato, pedang ini selalu dibawa kemanapun oleh Kenshin. Tidak jarang banyak orang yang bertemu dengannya merasa heran dengan sikap Kenshin tersebut. Berikut adalah beberapa hal menarik tentang Sakabato milik Kenshin.

Dibuat Oleh Arai Shakku

Pedang yang hebat tentunya dibuat oleh seorang pandai besi yang hebat pula. Dialah Arai Shakku, seorang pandai besi yang banyak menciptakan pedang-pedang hebat termasuk pedang Sakabato milik Kenshin. Seluruh pedang-pedangnya benar-benar menjadi sebuah senjata yang sangat mengerikan. Selain Sakabato, dia juga menciptakan pedang hebat lainnya seperti Renbato, Mugenjin, dan Hakujin no Tachi.

Sakabato merupakan pedang terakhir yang dia buat di era Bakumatsu, era yang penuh dengan kekerasan. Untuk menyambut era Meiji, dimana kedamaian merupakan hal yang utama, Arai kemudian menciptakan sebuah pedang dengan bilang terbalik. Tujuannya adalah agar tidak ada lagi korban yang jatuh. Tidak sedikit orang yang menganggap Arai gila dengan menciptakan pedang tersebut. Sakabatou juga menjadi karya terakhirnya sebagai seorang pembuat pedang.

Sakabatou Pertama

Sakabatou pertama yang dimiliki oleh Himura Kenshin adalah Sakabatou Kageuchi. Pedang ini adalah pedang yang digunakan oleh Kenshin sejak pertama kali muncul dalam seri Rurouni Kenshin. Namun, pedang tersebut kemudian hancur saat pertarungannya melawan Soujiro. Pedang buatan Arai Shakku ini benar-benar tanggung saat digunakan oleh Kenshin.

Pedang ini diberikan oleh Arai Shakku setelah pertarungan yang terjadi di Toba-Fushimi. Pedang ini juga tidak memiliki dekorasi atau ukiran apapun. Sudah banyak “korban” yang dikalahkan oleh Kenshin saat menggunakan pedang Sakabatou Kageuchi ini. Mereka adalah Oniwabanshu, Aoshi, Jin-E, Sasonusuke, dan masih banyak lainnya.

Sakabatou Kedua

Meskipun Sakabatou Kageuchi merupakan sebuah pedang yang hebat dari seorang Arai Shakku, masih ada pedang Sakabatou lainnya yang ternyata lebih hebat dari Sakabatou kageuchi yaitu Sakabatou Shinuchi. Arai sengaja membuat pedang tersebut khusus untuk diberikan kepada kuil Hasukan di Kyoto, sebagai salah satu pedang suci dari kuil tersbut.

Sakabatou Shinuchi kemudian digunakan oleh Kenshin atas izin dari anak dari Arai Shakku, yaitu Arai Seiku. Kenshin menggunakan pedang Shinuchi ini untuk bertarung melawan Sawagejo Chou. Saking kuatnya Hiten Mitsurugi-ryū: Ryūkansen Tsumuji milik Kenshin, pegangan kayunya rusak. Kenshin kemudian menggunakan pegangan milik Kageuchi di pedang Shinuchi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2