Ketika pertama kali diperkenalkan pada Action Comics #1 yang dirilis pada 1938, Superman digambarkan sebagai sosok pahlawan yang membela kebenaran, keadilan, dan hidup dengan cara Amerika. Sejak saat itu, Superman sudah menjadi sebuah simbol bagi kebebasan manusia yang ada di bumi ini. Lambang “S” yang ada di dadanya sendiri diartikan sebagai harapan bagi manusia.

Tidak diragukan lagi, dia merupakan salah satu karakter DC yang paling populer dan paling dicintai oleh para fansnya. Merupakan orang terakhir dari planet Krypton, Superman menjadi pelindung kota Metropolis dan menjadi pelindung manusia ketika terjadi kejahatan. Dengan karir superheronya yang sudah berpuluh-puluh tahun, tidak jarang ada hal yang dirasa tidak masuk akal oleh para fans. Hal itu kemudian dijadikan bahan candaan oleh para fans melalui meme. Berikut adalah beberapa meme tentang Superman.

Meme Tentang Kryptonite

Superman merupakan salah satu karakter hero yang paling kuat di DC Universe. Dia digambarkan sebagai sosok yang mampu menahan apapun, berbeda dengan manusia biasa, dan juga sangat sulit untuk dihancurkan atau dikalahkan. Dia merupakan sumber referensi dari berbagai superhero lainnya di era lalu. Namun, dibalik  semua kekuatan tersebut tentunya Superman memiliki kelemahan.

Seorang hero tanpa kelemahan tentunya akan terasa sangata overpowered dan terkesan membosankan. Untuk Superman sendiri, dia memiliki sebuah kelemahan yaitu sebuah batu menyala berwarna hijau bernama Kryptonite. Batu tersebut merupakan pecahan dari planet Krypton yang menghambat seluruh kekuatan dan kemampuan dari Superman. Meme tentang Kryptonite ini menyindir bagaimana Superman bisa kalah hanya dengan sebongkah batu kecil yang menyala.

Meme Penampilan Superman

Seorang superhero tentunya perlu untuk melindungi identitas aslinya, agar mereka tidak membahayakan orang-orang yang dia cintai. Superman juga sebuah identitas rahasia yang dia gunakan untuk berbaur dengan manusia, yaitu Clark Kent. Berkacamata, selalu berpenampilan rapih, dan seorang jurnalis di koran Metropolis adalah identitas dari Clark Kent.

Tapi, ada hal yang konyol dan tidak masuk akal dalam penampilannya tersebut. Pertama adalah Superman tidak menggunakan topeng ketika beraksi. Kedua bagaimana mungkin orang-orang tidak mengenali Clark Kent sebagai Superman, hanya karena Superman menggunakan kacamata dan penampilan yang rapih. Hal inilah yang sering dijadikan bahan lelucon oleh para fans DC dan menjadi tema dari meme ini.

Meme Tentang Logika Yang Tertukar

Selain muncul di film animasi atau film layar lebar, para karakter DC juga sering muncul di medium lainnya, seperti permainan game. Injustice: God Among Us merupakan salah satu game yang populer di kalangan para pecinta game dan juga fans DC. Setting cerita gamenya sendiri adalah sebuah alternatif universe dimana Superman berubah menjadi seorang diktator kejam setelah Joker berhasil mengendalikan pikirannya, menghancurkan Metropolis dan membunuh Lois Lane.

Di sisi lain Batman merupakan pemimpin dari pasukan pemberontak yang menolak semua kekejaman dan penindasan yang dilakukan oleh Superman. Hal yang konyol dan tidak masuk akal dalam cerita ini adalah Superman tumbuh di keluarga yang harmonis di sebuah peternakan. Bagaimana mungkin dia bisa berubah menjadi tirani dan gemar menindas? Sedangkan Batman yang lahir di keluarga kaya dan menjadi seorang yatim piatu, menjadi sosok yang melawan kekejaman tersebut dan menjadi harapan bagi orang-orang.

Meme Kemampuan Superman

Selama beberapa tahun belakangan, karakter Superman mengalami sebuah inkonsistensi terhadap seluruh kemampuan yang dia miliki. Hal ini terjadi ketika berbagai penulis silih berganti menangani cerita tentang Superman. Hal itu tentunya berdampak terhadap kemampuan dan kekuatan Superman, dimana para penulis tersebut mencoba untuk lebih bisa diterima oleh era yang baru.

Namun, hal itu tentunya bisa menjadi bumerang bagi DC dan karakter Superman. Contohnya adalah ketika Superman harus menggunakan alat bantu pernapasan di bawah air dalam seri animasi Justice League. Konyolnya adalah Green Lantern sendiri, yang notabene adalah “alien” yang sama dengan Superman, tidak menggunakan alat bantu pernapasan. Rasanya konyol bagi Superman tidak bisa bernapas secara normal dibawah air.

Meme Kryptonite Part II

Film Batman vs Superman: Dawn of Justice merupakan cerita adaptasi dari komik The Dark Knight Returns karya Frank Miller, dimana Batman dan Superman bertarung satu sama lainnya sampai mati. Batman sendiri menggunakan sebuah armor yang terdapat Kryptonite di dalamnya. Hal itu sudah disiapkan oleh Batman sejak lama, untuk mencegah Superman yang bisa saja menjadi jahat suatu hari.

Ada beberapa adegan dimana Superman gagal untuk menghentikan upayanya menghabisi nyawa Batman. Hal itu dikarenakan batu Kryptonite di dalam armor Batman tersebut, dan hal itu membuat Superman lemah. Tapi, ada hal konyol dari pertarungan ini yaitu contohnya ketika dia menggunakan kecepatan super untuk menghindar dari armor Batman dan mengeluarkan sinar panas ke arah Batman. Hal ini konyol karena kita tahu jika Kryptonite bisa membuat lemah Superman. Pertanyaannya mengapa dia masih bisa menggunakan kecepatan super dan mengeluarkan sinar panas? Dalam cerita ini Batman menang dan sinar panas tersebut hanya melelehkan armornya dan justru hal itu membuat radiasi Kryptonite semakin besar.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2