Kostum merupakan identitas dan terkadang juga menjadi sumber kekuatan bagi superhero. Wajar jika seorang superhero memiliki banyak kostum, untuk berbagai keperluan. Hal ini juga berlaku untuk Spider-Man. Baik di komik ataupun di MCU, Spidey memiliki banyak kostum yang dia gunakan. Kali ini Marvel Comics kembali memperkenalkan Spidey dengan kostum terbarunya dalam komik Spider-Man: Self Improvement #1.

Dalam komik tersebut, kita melihat Peter Parker menggunakan kostum berwarna hitam dengan logo laba-laba berwarna merah di dadanya. Dalam cerita berjudul “Burn Job,” kostum klasik Spider-Man yang berwarna merah dan biru, sedang dalam perbaikan setelah dia bertarung melawan Firebrand. Untungnya, Peter berhasil diselamatkan oleh Johnny Storm dan membawanya ke gedung Baxter. Richard Reed kemudian memberikan Peter sebuah kostum baru yang terbuat dari molekul yang tidak stabil dan penembak jaring.

Kostum tersebut terbukti ampuh saat pertarungan ulang antara Spider-Man dan Firebrand. Namun, di akhir cerita diperlihatkan Peter kemudian mengembalikan kostum pemberian Richard Reed tersebut. Peter beralasan bahwa dia takut ketika dia menggunakan kostum berwarna hitam tersebut dan bergelantungan di kota New York, orang-orang akan salah paham jika dia adalah penjahat.

Ada sebuah fakta menarik tentang kostum ini. Sebenarnya kostum baru ini tidak benar-benar baru. Kostum ini merupakan rancangan seorang fan bernama Randy Schueller yang sempat memberikannya kepada pihak Marvel pada 1980an. Desain kostum Schueller tersebut kemudian menginspirasi Marvel untuk membuat kostum Spider-Man berwarna hitam yang muncul di event Secret Wars. Bagaimana menurut kalian tentang desain kostumnya Geeks?