Dalam cerita One Piece, aliansi atau menggabungkan kekuatan merupakan sesuatu hal yang lumrah terjadi entah itu untuk tujuan yang baik atau buruk. Luffy sering kali memperlihatkan bagaimana aliansi yang baik berjalan. Contohnya adalah bagaimana dia bekerja sama dengan Ivankov dan Crocodile keluar dari penjara Impel Down, juga masih ada contoh-contoh lainnya.

Namun, ada juga aliansi yang dilakukan secara sembunyi alias tidak ada yang tahu bagaimana proses aliansi tersebut terjadi. Mungkin hal inilah yang bisa menjawab pertanyaan mengapa Law hanya tersenyum ketika dirinya ditangkap oleh Basil Hawkins. Dia rela menukarkan dirinya untuk membebaskan krunya. Dilihat dari gelagatnya, sepertinya dia memiliki sebuah hubungan rahasia dengan Drake. Benarkah?

Sudah Kenal Dari Dulu

Sebenarnya Law dan Drake sudah saling kenal sejak lama, meskipun keduanya memiliki latar belakang atau cerita masa lalu yang berbeda. Law sendiri dulunya merupakan anak buah dari salah satu Shichibukai, Doflamingo, sedangkan Drake merupakan anak dari seorang angkatan laut yang berubah menjadi seorang bajak laut, Diez Barrels.

Ada yang membuat Law dan Drake saling berhubungan yaitu ayah Drake, Diez Barrels, dibunuh oleh Doflamingo. Kedua Drake pernah tidak sengaja menyelamatkan nyawa Law. Donquxote Rosinante, anak kedua dari keluarga Donquixote, berbohong jika Law sudah kabur dari Birdcage dan sudah pergi ke tempat yang aman. Meskipun berhasil kabur, Drake sempat dikira Law oleh Doflamingo.

Bertemu di Sabaody

Keduanya kemudian bertemu kembali di pulau Sabaody. Keduanya bertemu ketika Drake berhasil menghentikan pertarungan antara Killer dan sang rahib gila, Urouge. Dengan nada sombongnya, Law bertanya kepada Drake sudah berapa banyak orang yang dia bunuh dalam petualangannya. Namun, pertemuan mereka tidak berlangsung lama. Law langsung pergi ke tempat lelang duyung, sedangkan Drake entah pergi kemana.

Drake dan Law kemudian pergi dari pulau Sabaody ketika Kizaru dan angkatan laut datang ke pulau tersebut, akibat Luffy yang menghajar kaum naga langit dan menghancurkan acara lelang. Entah apakah Law pada saat itu sudah mengetahui identitas Drake atau belum, yang pasti dia mengenal sosok Drake.

Rencana Balas Dendam Kepada Doflamingo

Law dan Drake memiliki dendam kepada orang yang sama, Doflamingo, terlepas dari apa alasan mereka dendam kepada Shichibukai tersebut. Karena hal itu, Law sebenarnya memiliki rencana untuk balas dendam dan pada awalnya dia kemungkinan akan mengajak Drake, yang juga memiliki dendam pada orang yang sama. Namun, semuanya berubah ketika Luffy datang.

Semua rencana Law bisa dibilang berantakan. Faktanya Doflamingo tidak benar-benar mundur dari jabatannya, dia hanya berpura-pura karena koneksinya dengan para naga langit. Meskipun “mengacau”, Luffy tetap membantu rencana Law untuk balas dendam kepada Doflamingo dan setelah hal itu selesai, rencana selanjutnya adalah menghabisi Kaido.

Rencana Mengalahkan Kaido

Law sudah paham jika Doflamingo sudah berhasil dikalahkan, Kaido akan mengincar nyawanya. Bertarung secara langsung tanpa persiapan tentunya merupakan sebuah langkah yang kurang cerdas, dan Law paham hal itu. Sehingga ada kemungkinan Law adalah orang yang meminta Drake untuk menyusup dan menjadi bagian dari kelompok Kaido.

Setelah dia menjadi bagian dari Kaido, Drake bisa kemudian berubah arah menyerang Kaido tinggal menunggu waktu yang tepat. Drake mungkin tidak suka dengan siapapun yang memiliki kaitan dengan keluarga Donquixote dan berencana untuk balas dendam. Namun, mengingat dia memiliki tujuan yang sama, menumbangkan Kaido, dia memutuskan untuk menyetujui aliansi keduanya.

Petunjuk Aliansi Keduanya

Sebenarnya ada petunjuk menarik yang bisa menguatkan dugaan adanya aliansi rahasia antara Drake dan Law. Dalam salah satu Vivre Card Databook, ada sebuah trivia menarik tentang Drake. Pertama adalah dia ingin bergabung dengan bajak laut Kaido sejak lama dan alasan dirinya ingin bergabung pun tidak diketahui. Apakah ini berkaitan dengan rencana awal Law dan Drake?

Kemudian yang menarik juga adalah dia tertarik dengan aliansi antara Law dan Luffy, setelah keduanya berhasil mengalahkan Doflamingo. Kemungkinan ketertarikan Drake untuk bergabung dengan aliansi Law dan Luffy adalah dia melihat adanya perubahan besar dalam rencana awal Law. Sekarang mereka punya Luffy, yang tidak takut menghadapi siapapun dan bisa merubah keadaan.