Dengan banyaknya karakter yang muncul dalam cerita One Piece, wajar jika banyak dari para fans yang ingin mengenal lebih dalam tentang karakter-karakter tersebut. Meskipun banyak diantara karakter tersebut hanya figuran atau tampil sebentar, beberapa diantaranya memiliki peran penting dalam cerita. Untuk memberikan informasi lebih banyak tentang hal di cerita One Piece, Oda sensei merilis sebuah buku yaitu Vivre Card Databook.

Sesuai dengan namanya, Databook tersebut berisi kumpulan data dan trivia dari berbagai cerita dan karakter One Piece, baik yang sudah lama ataupun baru. Sudah ada 11 volume yang dirilis dan pada awal Agustus ini, Oda merilis Databook untuk volume ke 12. Salah satu pembahasan yang muncul di volume 12 adalah desain awal dari beberapa komandan dari pasukan bajak laut Big Mom. Siapa saja?

Charlotte Katakuri

Katakuri merupakan salah satu karakter terkuat diantara beberapa komandan lainnya. Katakuri memiliki penampilan yang khas dengan bulu-bulu di sekitar badannya. Mirip dengan karakter Don Flamingo. Tapi, desain awal yang ditunjukan dalam Vive Card Databook terbaru ini benar-benar berbeda dari bentuk visual Katakuri sekarang.

Selain dari segi visualnya, di Databook terbaru ini terungkap jika pada awalnya Katakuri bukanlah pemakan buah iblis yang sama seperti saat ini. Awalnya Oda Sensei berencana untuk memberikan buah iblis Kona Kona untuk Katakuri. Tidak disebutkan apa arti dari buah Kona Kona, tapi mengingat bajak laut Big Mom bertema makanan, kemungkinan Kona Kona diambil dari makanan tradisional Jepang, Konyaku.

Charlotte Cracker

Desain awal Cracker juga sama seperti desain awal Katakuri, yaitu tidak sama dengan desain visual karakter Cracker yang diperkenalkan saat ini. Menurut Databook, desain awal Cracker ini kemungkinan terinspirasi dari gambar Joker yang ada di permainan kartu. Namun, Oda Sensei kemudian mengubah desain awal Cracker tersebut untuk menghindari kebingungan para pembaca dengan karakter lainnya, seperti Don Flamingo.

Charlotte Smoothie

Berbeda dengan dua karakter sebelumnya, untuk karakter Smoothie sepertinya Oda Sensei tidak terlalu memberikan perubahan yang berarti. Bentuk dasarnya sesuai dengan apa yang kita lihat saat ini. Meskipun tidak ada perubahan signifikan dari sisi visual, untuk detail lainnya sepertinya Oda memberikan perubahan besar, contohnya adalah buah iblis yang dia makan.

Pada awalnya, buah iblis yang akan diberikan kepada Smoothie bernama Kajyu Kajyu. Kemudian Oda juga sempat memiliki rencana untuk memberikan buah Shiru Shiru. Buah iblis Shiru Shiru sendiri memiliki kekuatan yang tidak terlalu berbeda dengan Shibo Shibo yang dikonsumsi Charlotte dalam ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.