Buat Geeks para penggemar One-Punch Man, pasti sudah mengenal siapa Boros, atau yang biasa dipangil Lord Boros. One Punch Man Chapter 164.

Dia adalah pemimpin dari Dark Matter Thieves, sebuah kelompok alien penjelajah yang bertanggung jawab atas hancurnya banyak planet di tata surya ini. Mereka juga merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas hancurnya A-city.

Lord Boros merupakan villain utama yang muncul di musim pertama seri anime One-Punch Man. Saitama merupakan orang yang mengalahkan Boros, disaat para superhero kelas S lainnya kesulitan menghadapi pasukan Boros. Meskipun kemunculan dari Lord Boros di musim pertama One-Punch Man hanya sebentar, tapi popularitasnya bisa dibilang sangat tinggi. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Lord Boros

Desain Terlihat Lebih Manusia

Seperti yang kita ketahui Geeks, Lord Boros memiliki penampilan yang besar bermata satu dengan rambut model spike, dan mengenakan armor baja yang sulit untuk dihancurkan. Benar-benar sangat alien. Tapi, tahukah Geeks, jika sebenarnya pada awalnya Lord Boros memiliki desain awal yang lebih terlihat mirip dengan manusia dibandingkan alien.

Dalam desain orisinalnya, Boros menggunakan armor dengan lapisan yang sangat kuat yang tahan terhadap berbagai serangan dan dipadukan dengan berbagai ornamen tengkorak yang menarik. Kemudian, ketika Yusuke Murata “mengambil alih cerita”, dia merubah penampilan Boros dengan lebih terlihat alien. Dia mengganti ornamen tengkorak dengan armor berwarna emas dengan besi tajam di pundak dan tangannya. Di tengahnya juga terdapat orb berwarna merah.

“Tiruan” Dari Karakter ONE Lainnya

ONE adalah orang dibalik cerita One-Punch Man. Dia merupakan kreator dan sekaligus seniman dari cerita ini, sebelum akhirnya Yusuke Murata mengambil alih dan membuat Saitama lebih terlihat manga. Pada dasarnya ONE adalah seorang komikus. Dia sudah membuat beberapa karya (berupa komik) selain One-Punch Man, contohnya adalah Mob Psycho.

Tapi, tahukah Geeks jika sebenarnya karakter Lord Boros merupakan “tiruan” dari karakter ONE lainnya?  Boros merupakan tiruan seorang karakter bernama Taiyo Man, atau manusia matahari. Karakter tersebut benar-benar sangat kuat, bahkan butuh 20 tahun baginya untuk bisa membuat cerita seseorang yang akhirnya mampu mengalahkan Taiyo Man. Sebenarnya, inspirasi ceritanya sendiri berasal dari dia masih kecil, dimana saat dia menggambar manga hanya untuk kesenangan saja. ONE sendiri kemudian menghubungkan karakter tersebut dengan Lord Boros.

Level Ancaman Paling Tinggi

Asosiasi pahlawan memiliki sebuah sistem ranking, dimana masing-masing rangking tersebut menentukan apa tindakan yang harus dilakukan. Sistem rangking ini berlaku untuk para pahlawan dan juga untuk berbagai serangan yang terjadi. Di seri animasinya sendiri terdapat 3 level ancaman yang ada di cerita One-Punch Man (meskipun dalam manganya sendiri ada 4), yaitu Tiger, Demon, dan Dragon.

Tapi, Lord Boros tidak masuk ke dalam 3 level ancaman tersebut. Dia memiliki level ancaman sendiri, yaitu level God atau dewa. Bukan lagi kota, bukan lagi negara, tapi ancaman Lord Boros sudah bisa mengancam bumi dan manusia. Sampai sejauh ini, untuk level God sendiri baru diketahui satu karakter saja yaitu Boros (dan mungkin Orochi). Bisa jadi masih ada berbagai karakter dengan level God lainnya yang belum diperlihatkan.

Terinspirasi Dari Anime Lainnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Boros memiliki penampilan berbadan besar dengan armor emas di dadanya, dan memiliki rambut dengan model spike. Tapi, penampilan tersebut bisa berubah ketika Boros bertransformasi. Semakin tinggi level perubahan Boros, semakin besar kekuatannya dan juga semakin sulit untuk dikalahkan.

Sepertinya konsep transformasi ini terinspirasi dari salah satu seri populer, Dragon Ball, dimana ketika para Saiyan berubah menjadi Super Saiyan penampilannya, khususnya rambut, juga berubah. Hal ini pun berlaku kepada Boros yang rambutnya berubah ketika bertransformasi. ONE sepertinya memang senang memasukan berbagai referensi terkenal dan nyeleneh di ceritanya.

Satu-Satunya Yang Selamat Dari Pukulan Saitama

Saitama memiliki satu kelebihan, yaitu dia lebih kuat dari hero manapun. Tubuhnya tidak bisa terluka, dan yang paling dahsyat dari Saitama adalah dia mampu menghancurkan dan mengalahkan musuhnya hanya dengan satu kali serangan atau pukulan. Sudah banyak korban akibat satu pukulan saitama tersebut, yang terbaru adalah Elder Centipede ketika dia menyelamatkan King.

Boros merupakan satu-satunya karakter yang selamat dari pukulan mematikan Saitama tersebut, meskipun pada akhirnya dia tetap saja mati akibat pukulan tersebut. Boros menerima tiga pukulan, satu pukulan berantai, dan satu pukulan serius. Berbeda dengan karakter lainnya yang juga pernah selamat (seperti Sonic atau para pasukan Tank Top), dimana Saitama memang sejak awal tidak berniat untuk menghabisi mereka. Saitama sendiri menganggap pertarungannya dengan Boros merupakan pertarungan yang menarik.