Nightmare adalah penguasa dari sebuah universe yang mengerikan yang disebut Dream Dimension. Nightmare seringkali dikaitkan dengan sosok Doctor Strange, karena Nightmare merupakan salah satu musuh bebuyutan dari Strange. Tapi, saat ini Nightmare sudah bukan hanya terkait pada Strange saja, melainkan juga berbagai karakter Marvel Comics lainnya.

Nightmare sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1963 dalam komik Strange Tales #110, komik yang juga menghadirkan sosok Doctor Strange untuk pertama kali. Nightmare sendiri digambarkan sebagai sosok iblis berkulit putih, mata berwarna hitan dan rambut yang berwarna hitam. Dia juga menggunakan semcam bodysuit yang juga digunakan dengan sebuah jubah. Dia pergi ke dimensi lainnya menggunakan tunggangan seekor kuda hitam bertanduk yang bernama Dreamstalker.

Nightmare di Komik Marvel

Sebagian besar origin story dari sosok Nightmare di Marvel Comics masih menjadi sebuah misteri besar. Namun, beberapa detail tentang Nightmare perlahan mulai diperlihatkan. Nightmare lahir di dimensi Everinnye, sebuah universe yang sama dengan tempat kelahiran musuh Doctor Strange lainnya, Dweller-In-Darkness.

Nightmare kemudian menjadi penguasa di alam mimpi buruk (Nightmare Realm) yang ada di dalam Dream Dimension. Nightmare juga merupakan ayah dari tiga orang anak, Dreamqueen, Terrence Ward, dan Daydream. Berbeda dengan kedua anak lainnya, Terrence (yang kemudian dikenal sebagai trauma) lahir setelah Nightmare menggunakan seorang laki-laki sebagai “alat” untuk menghamili seorang perempuan bernama Naomi. Dreamqueen dan Daydream didapatkan setelah dia memperkosa beberapa perempuan.

Muncul di volume yang sama, Nightmaremerupakan musuh pertama yang dihadapi oleh Doctor Strange di Marvel Comics. Nightmare mengurung Strange dalam sebuah mimpi seorang pebisnis yang dihantui oleh rasa bersalah akibat pembunuhan yang dia lakukan, dengan harapan si pembunuh tersebut akan membunuh Doctor Strange demi menjaga semua rahasianya.

Ancient One kemudian membantu Doctor Strange keluar dari mimpi buruk tersebut. Setelah pertemuan pertama tersebut, Nightmare memiliki misi utama yaitu mengalahkan Doctor Strange. Untuk mewujudkan tujuannya, dia pun melakukan hal yang sama kepada karakter lainnya demi mendapatkan informasi tentang sosok Strange. Belajar dari pengalaman, Strange akhirnya belajar untuk bisa keluar dari jebakan Nightmare.

Setelah mempelajarinya, Doctor Strange pun membantu orang-orang yang terjebak di dalam mimpi buruk akibat ulan Nightmare. Dia juga bahkan belajar tentang mantra sihir untuk melindungi dirinya ketika tidur. Karena, dia tahu jika Nightmare masih mengincar nyawanya. Suatu ketika, Nightmare bergabung dengan Fear Lords, sekelompok makhluk yang memakan rasa takut dan memiliki misi yang sama, yaitu menciptakan rasa takut yang besar di bumi.

Doctor Strange mampu menahan serangan mereka, namun akhirnya Strange meminta bantuan kepada Daredevil untuk menghentikan usaha Fear lords dan Nightmare. Alasan Strange memilih Daredevil adalah dia dikenal sebagai orang yang tidak memiliki rasa takut.

Kekuatan dan Kelemahan Nightmare Versi Komik

Nightmare memiliki kemampuan untuk menculik bentukastral dari manusia atau makhluk lainnya ketika mereka tertidur. Dia kemudian akan membawa bentuk astral tersebut ke Nightmare Realm dimana dia akan menyiksa korbannya dengan berbagai macam cara yang dia inginkan. Hampir sebagian besar populasi di dunia tidak sadar akan kehadiran dari sosok Nightmare, yang membuat mereka semakin mudah untuk disiksa.

Nightmare sendiri memiliki tujuan (selain mengalahkan Doctor Strange), yaitu membawa seluruh dunia nyata ke dalam dunianya. Nightmare memang mampu menyiksa targetnya yang sedang tertidur atau bermimpi, tapi jika manusia tidak bermimpi atau berhenti untuk bermimpi makasosok Nightmare akan hilang. Kekuatan Nightmare juga akan melemah ketika dia berada di luar dimensinya. Namun, bukan berarti dia tidak bisa menyiksa targetnya.

Ketika dia menyiksa korbannya di dalam dimensinya, kenangan atau siksaan Nightmare tersebut akan “berbekas” ketika mereka bangun. Efek yang dihasilkan dari siksaan Nightmare benar-benar masih akan terasa ketika mereka tersadar, baik dalam bentuk halusinasi maupun sebuah hayalan. Dia juga mampu untuk menyerap energi dari manusia yang sedang bermimpi.

Nightmare juga mampu untuk masuk secara paksa dalam pikiran seseorang dan mengendalikan tubuhnya. Inilah yang dia lakukan ketika dia memperkosa beberapa wanita dan melahirkan anaknya. Ini juga pernah dia lakukan terhadap Hulk, yang dikenal memiliki perilaku yang tidak stabil. Pengaruh Nightmare terhadap Hulk benar-benar membuat Hulk semakin beringas dan mengerikan.

Nightmare mungkin tidak memiliki kelebihan dalam hal bertarung, tapi memiliki kecerdasan. Dia juga dikenal memiliki strength dan daya tahan yang sangat kuat. Jika terdesak dan dibutuhkan, Nightmare bisa membangkitkan makhluk lainnya dari dimensinya untuk perlindungan ekstra. Juga tidak lupa perlindungan dari Dreamstalker.

Nightmare memiliki sebuah senjata yang bernama Mystic Prod, sebuah tongkat yang bisa membangkitkan sebuah labirin yang tidak memiliki jalan keluar. Sehingga mereka yang terjebak di dalamnya, mustahil untuk bisa keluar dan meloloskan diri.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2