Dalam sebuah cerita fiksi ataupun cerita di kehidupan nyata, kematian merupakan sesuatu hal yang sangat menyakitkan maupun menyedihkan. Kematian tersebut bisa membawa seseorang pada sebuah kesedihan yang luar biasa. Meskipun merupakan sesuatu yang menyedihkan dan menyakitkan, terkadang kematian tersebut juga bisa mengubah jalan cerita yang sedang berlangsung, tidak terkecuali dalam cerita One Piece. Berikut adalah karakter yang kematiannya mengubah jalan cerita One Piece secara keseluruhan.

Otohime

Cerita tentang permusuhan antara manusia dan manusia ikan sudah lama terjadi. Dalam cerita One Piece, perselisihan diantara kedua ras tersebut diakibatkan ketika suatu hari manusia tidak ingin menyumbangkan darahnya bagi seorang manusia ikan yang sekarat. Karena hal tersebut, manusia ikan akhirnya dendam dan tidak membenci sosok manusia yang dianggap sombong.

Namun, tidak semua manusia ikan setuju akan hal tersebut. Salah satunya adalah Otohime, ratu dari kerajaan Ryugu. Meskipun dia merupakan pemimpin wilayah manusia ikan, Otohime justru memiliki pikiran untuk bisa menyatukan manusia dan manusia ikan. Hal tentunya ditentang oleh banyak orang. Dia pun dibunuh oleh Howdy Jones dan memfitnah seorang bajak laut, yang membuat keadaan kedua ras semakin kacau. Tapi, masih ada yang percaya dengan mimpi Otohime untuk mendamaikan kedua ras tersebut salah satunya adalah sahabat Ace, Jinbei.

Edward Newgate/Whitebeard

Penyerangan kelompok bajak laut Whitebeard ke Marineford merupakan salah satu event One Piece yang sangat monumental. Hampir ribuan kru bajak laut Whitebeard hadir dalam pertarungan besar antara angkatan laut dan Whitebeard tersebut. Mereka hadir disana demi membebaskan Ace yang sebelumnya ditahan di Impel Down. Luffy juga sempat hadir dan membantu Whitebeard untuk membebaskan Ace.

Sayangnya, dalam penyerangan ini Whitebeard harus tewas setelah hidup sekian lama dan menjadi salah satu Yonko. Dia ditusuk oleh salah satu anak buahnya Squard, karena dia dipengaruhi oleh Sakazuki. Tidak hanya itu, dalam satu serangan terakhir dimana Whitebeard “mengusir” anak-anaknya supaya mereka pergi, Whitebeard diserang oleh seluruh pasukan angkatan laut. Puluhan tusukan, ratusan peluru, dan wajah yang separuhnya hilang menjadi akhir cerita dari sosok Edward Newgate.

Portgas D. Ace

Kematian Whitebeard membuat seluruh krunya terkejut dan sedih, namun kematian yang lebih mengejutkan lainnya di event tersebut adalah terbunuhnya Ace oleh Sakazuki. Saat Luffy sudah berhasil menyelamatkan Ace, mereka pun sempat menghabisi sebagian pasukan angkatan laut. Sakazuki yang melihat kejadian tersebut langsung bertindak untuk menghabisi Ace. Pertarungan keduanya sebenarnya cukup seimbang dan Ace mampu menangkis serangan Sakazuki.

Menyadari hal itu, Sakazuki akhirnya mengincar orang lain yaitu Luffy. Melihat adiknya diincar, Ace pun kemudian menahan serangan itu dengan tubuhnya. Tinju magma Sakazuki menembus tubuh Ace dan membakar organ dalamnya. Ace pun tewas. Melihat kematian kakaknya di depan matanya Luffy langsung tidak sadarkan diri. Jinbei dan kelompok Law pun kemudian membawa pergi Luffy ke tempat aman. Kematian Ace ini benar-benar sangat menyentuh hati para pembacanya dan sampai saat ini rasanya kematian Ace ini masih sangat membekas.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2