Ini bukanlah pertama kalinya kita mendengar kabar ini, tetapi sepertinya film Joker hasil garapan Todd Philips akan bersiap untuk memasuki nominasi penghargaan Oscar tahun ini. Erick Weber seorang jurnalis terkenal asal Los Angeles mengungkapkan bahwa sumber-sumbernya yang telah menonton early screening dari film Joker berharap bahwa Joaquin Phoenix (pemeran Joker) mendapatkan nominasi aktor terbaik.

Meskipun film ini tak akan di putar dibioskop sampai dengan akhir pekan pertama pada bulan Oktober nanti, tetapi film Joker ini akan memulai debut penayangannya di Venice Film Festival. Ketua artistik dari festival tersebut, Alberto Barbera pun sebelumnya meyakini bahwa film Joker akan masuk ke dalam beberapa nominasi penghargaan besar.

Jika Joker benar-benar mendapatkan Oscar, sepertinya ini akan menjadi tahun yang besar untuk film bergenre seperti ini, setelah tahun lalu Black Panther dan Spider-Man: Into the Spider-Verse berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman tersebut. Tapi ditahun ini, selain film Joker, ada pesaingnya dari MCU yang juga digadang-gadang akan meraih Oscar yaitu Avengers: Endgame.

Endgame mungkin akan masuk dalam nominasi Sound Editing terbaik atau Visual Effects terbaik, setelah Endgame berhasil menggeser film Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa. Sementara itu film Joker akan menceritakan awal mula dari sosok Arthur Fleck sebelum ia bertransformasi menjadi sosok pyscho bernama Joker yang belum pernah diceritakan dalam film manapun.