Saat pertama kali kabar yang menyebutkan jika Jake Gyllenhaal akan bergabung dalam film Spider-Man: Far From Home muncul, kabar tersebut benar-benar mengejutkan banyak fans. Setelah filmnya rilis, kita pun akhirnya bisa melihat bagaimana apiknya penampilan Gyllenhaal sebagai Quentin Beck, yang mana ternyata dia merupakan ancaman bagi Peter Parker.

Namun, seperti biasa Peter akhirnya mampu mengalahkan Mysterio dan membereskan semua masalah yang sudah dia lakukan. Bahkan Peter juga berhasil mengungkapkan perasaannya kepada MJ. Pertanyaannya kemudian, apakah Far From Home menjadi film pertama dan terakhir bagi Mysterios? Apakah kita akan kembali melihat Mysterio di MCU? berikut adalah pembahasan tentang hal tersebut.

Mysterio Adalah Ahli Ilusi

Dalam film Far From Home, Quentin Beck sudah berhasil “menipu” Peter dengan berbagai ilusi canggihnya. Dia bahkan mampu menampilkan sebuah ilusi yang membuat Peter percaya untuk memberikan teknologi EDITH kepada Quentin. Jika dia berhasil untuk mengelabui Peter, bukan hal yang mustahil dia melakukan hal yang sama di akhir filmnya.

Di akhir filmnya kita melihat bagaimana Peter berhasil mengalahkan semua ilusi dari Mysterio dengan mengandalkan kemampuan Spider-Sense miliknya. Mysterio kemudian terkena tembakan salah satu drone yang dia kendalikan, akibat dari kecerdasan seorang Spidey. Tapi, ada beberapa aspek di pertarungan final ini yang membuat kekalahan Mysterio tidaklah abadi.

Pertama, Quentin Beck dan timnya pernah menguasai teknologi EDITH yang ada di kacamatan Tony Stark. Mereka bisa saja mem-program ulang teknologi EDITH sebelum rencana besar mereka untuk menyerang London dilaksanakan. Kata-kata terakhir yang diungkapkan oleh Quentin juga menjadi petunjuk bahwa orang-orang akan percaya apapun yang disampaikan. Lagipula, Quentin Beck dan timnya sudah sejak lama merencanakan untuk “menghabisi” Tony Stark dan itu terjadi lebih dari 10 tahun yang lalu. Tentu saja Peter akan sulit mengalahkan rencana yang sudah dibangun sejak lama.

Identitas Spider-Man Yang Sudah Terbongkar

Kejutan muncul di tengah-tengah post-credit scene, dimana munculnya karakter ikonik J. Jonah Jameson, yang kembali diperankan J.K. Simmons, di sebuah layar megatron dengan menyampaikan sebuah kabar. Jameson memperlihatkan sebuah video dimana Spider-Man dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kematian sosok Mysterio.

Selain itu, yang mengejutkan adalah Jameson juga memutarkan sebuah video yang sebelumnya sudah direkam oleh Mysterio yang mengungkapkan identitas asli dari Spider-Man yaitu Peter Parker. Membocorkan identitas rahasia dari Spider-Man kemungkinan adalah salah satu strategi yang dipersiapkan oleh Beck dalam rencananya. Tapi, apakah itu merupakan sebuah kejadian yang spontan?

Setelah hal ini, tentunya beban yang harus dihadapi oleh Spidey akan lebih berat. Dia harus berusaha lebih kuat lagi untuk melindungi orang-orang yang dia sayangi. Dengan terbongkarnya identitas rahasia Spidey, “sistem pertahanan” Spider-Man pun akan berkurang. Hal ini akan membuat musuh-musuhnya lebih mudah untuk menyerang.

Akankah Sinister Six Muncul?

Sudah lama teori tentang kemunculan Sinister Six di film Spider-Man versi MCU ini berkembang di kalangan para fans. Bukan tanpa alasan. Sinister Six merupakan kelompok villain yang berisi para villain yang pernah dikalahkan oleh Spidey, beberapa diantaranya adalah Mysterio dan Vulture. Di film Homecoming kita melihat jika Vulture, yang diperankan oleh Michael Keaton, berada di penjara akibat perbuatannya yang mencuri teknologi alien.

Scorpion juga sudah diperkenalkan di akhir film Homecoming, dimana terlihat dia sedang berbicara dengan Vulture. Shocker dan Chameleon sendiri mungkin sudah mulai diperkenalkan di MCU. Untuk Chameleon sendiri, dalam komiknya dia memiliki nama Dmitri Smerdyakov. Dmitri sendiri dalam film Far From Home diceritakan sebagai anak buah dari Nick Fury. Karakter Aaron Davis alias Prowler juga sudah muncul dan diperankan oleh Donald Glover.

Total semuanya ada enam villain, yang tentunya pas dengan jumlah villain Sinister Six. Jika memang Mysterio tidak akan kembali muncul, mengapa Sony dan Marvel sudah merencanakan ini dari awal? Mysterio sendiri merupakan kandidat yang pas untuk memimpin kelompok tersebut bersama Vulture. Kita sendiri masih belum mengetahui, apakah Mysterio dan Vulture sebelumnya sudah pernah bertemu atau belum.

Kontrak Jake Gyllenhaal

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini bos Marvel Studios, Kevin Feige, mengungkapkan jika dirinya mencari karakter yang pas untuk dia perankan. Bahkan Feige sendiri mengaku dirinya melakukan beberapa kali pendekatan kepada Gyllenhaal agar dirinya bisa bergabung dengan Marvel. Sekarang, Marvel sudah berhasil menggaet Gyllenhaal untuk bergabung, tentunya Marvel tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dengan hanya menampilkan Gyllenhaal hanya di satu film saja.

Tentunya masih banyak elemen tentang sosok Mysterio yang masih belum kita ketahui, contohnya bagaimana dia akhirnya dia berubah menjadi sosok villain dan tentunya bagaimana dia membentuk kelompok Sinister Six bersama Vulture. Tentunya mengekplor karakter yang diperankan akan menjadi sebuah tantangan baru bagi Gyllenhaal. Sehingga dia bisa tampil di lebih dari satu film, seperti RDJ atau Chris Evans

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.