Dalam acara San Diego Comic Con kemarin, Kevin Feige akhirnya mengumumkan rencana proyek mereka untuk Phase 4 mendatang. Untuk Phase 4 ini, Marvel Studios hanya berdurasi dua tahun saja dari 2020 sampai 2022. Ada 10 proyek yang akan dirilis untuk Phase 4 nanti, terdiri dari 5 proyek film dan 5 lainnya adalah TV series untuk Disney Plus.

Yang mengejutkan adalah kelima film tersebut merupakan film baru alias tidak ada sekuel yang akan dirilis di Phase 4. Lalu, bagaimana peran Avengers: Endgame sebagai penghubung menuju ke Phase 4?

Thanos Memperkenalkan Eternals

Film pertama yang akan dirilis dari daftar film Marvel Studios untuk Phase 4 adalah Black Widow, yang akan berfokus pada cerita masa lalu dari seorang agen mata-mata Natasha Romanoff. Film kedua adalah film bertema kosmik dan dikabarkan akan menjadi film prekuel bagi seluruh cerita Marvel, The Eternals. Film ini dijadwalkan akan dirilis pada 6 November 2020.

Film ini tentunya masih sangat baru bagi sebagian penggemar Marvel dan MCU, mengingat untuk cerita kosmik sendiri mereka sebelumnya mengenal seri Guardians of the Galaxy. Bagaimana Thanos bisa memperkenalkan kita pada the Eternals? Thanos sendiri merupakan salah satu karakter dari ras Eternals dalam cerita komiknya. Jadi, apa yang dia lakukan dalam film Infinity War dan pasca Endgame bisa “berpengaruh” terhadap para Eternals lainnya, sekaligus memperkenalkan kita pada filmnya.

Tim Guardians Bertemu Dengan Eternals

Di akhir cerita film Endgame, kita melihat Thor akhirnya bergabung dengan tim Guardians of the Galaxy untuk ikut berpetualang di luar angkasa. Bahkan, di film Spider-Man: Far From Home kita mengetahui jika Thor sedang tidak berada di bumi. Kita tidak tahu dimana keberadaan Thor dan tim GOTG saat ini. Oleh karena itu, bisa saja mereka bertemu dengan para Eternals dan memperkenalkan kita pada anggotanya.

James Gunn sendiri sudah menjelaskan bahwa dirinya belum memiliki rencana untuk menghadirkan Thor dana film ketiga GOTG. Tapi, semenjak film The Eternals dan Thor: Love and Thunder dirilis sebelum film GOTG Vol. 3, ada beberapa kemungkinan jika sang dewa petir tersebut akhirnya kembali berpetualang sendirian di luar angkasa. Di film The Eternals, bisa saja kita melihat “perpisahan” tersebut.

Realita Buatan Scarlet Witch

Salah satu TV series Marvel yang akan tayang di Disney Plus adalah series tentang Vision dan Wanda Maximoff, yaitu WandaVision. Sesuai dengan judulnya, series tersebut mengisyaratkan tentang hubungan diantara mereka berdua. Tapi, seperti yang diketahui oleh Geeks, Vision sudah tewas di film Infinity War karena Thanos berhasil mengambil Mind Stone di kepalanya.

Jadi, bagaimana Vision bisa kembali ke MCU? atau setidaknya ke cerita Marvel? Vision tidak mungkin lagi dibuat dengan tidak adanya Tony Stark, meskipun kehadiran Professor Hulk sendiri masih ada. Opsi lainnya bagi Wanda adalah menggunakan kekuatannya untuk menciptakan realita yang dia bangun sendiri, seperti yang dia lakukan dlaam cerita komiknya. Ini juga bisa jadi jembatan bagi Wanda untuk bisa tampil di film Doctor Strange 2.

Doctor Strange Sudah Mengetahui Masa Depan

Film sekuel dari Doctor Strange juga akan dirilis pada 2021 mendatang. Filmnya sendiri berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Rumornya Doctor Strange akan berpetualang bersama dengan Scarlet Witch. Dengan adanya kata “multiverse” di dlama judulnya, filmnya sendiri nantinya kemungkinan benar-benar akan memperlihatkan kita berbagai realita lainnya di MCU.

Jika Scarlet Witch bisa mengembalikan Vision ke dalam cerita, bisakah dia mengembalikan karakter lainnya? Bisakah dia mencoba untuk merubah realita agar situasinya menjadi lebih baik? Menurut sang sutradara, film selanjutnya dari Doctor Strange akan memiliki unsur horor. Jika Strange sudah melihat masa depan ini sebelumnya di Infinity War, bisakah mereka yang sudah tewas di Endgame kemudian mengirim Wanda ke sebuah tempat yang mengerikan dan memulai cerita M-Day versi MCU?

Penebusan Dosa Hawkeye

Hawkeye benar-benar masuk ke jurang yang gelap dan dalam di cerita hidupnya. Dia kehilangan keluarganya yang sangat dia cintai di film Infinity War. Dia kemudian melepaskan identitasnya sebagai Hawkeye dan menggantinya menjadi Ronin. Dia membunuh banyak sekali penjahat, dan meskipun yang dia bunuh memiliki kesalahan yang fatal, Clint Barton pada dasarnya sudah mengambil nyawa banyak orang.

Di film Endgame dia hampir menebus dosanya dengan melompat dari Vormir, demi mendapatkan Soul Stone. Tapi, justru dia melihat teman dekatnya, Natasha, mati demi Soul Stone. Hal ini tentunya bisa menjadi jalan bagi Hawkeye, yang sudah bertemu kembali dengan keluarganya, untuk menebus semua kesalahan yang sudah dia lakukan di masa lalu. Jalan cerita ini bisa menjadi dasar cerita untuk TV seriesnya di Disney Plus. Di series ini juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyerahkan identitas Hawkeye ke generasi berikutnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.