Pada hari sabtu kemarin, dalam acara San Diego Comic Con 2019 Marvel Studios melakukan presentasi mereka setelah sempat absen. Selain mengumumkan rencana Phase 4 mereka, para fans juga terkejut dengan pengumuman bahwa Marvel akan kembali membuat film Blade, untuk ditampilkan di Marvel Cinematic Universe. Mahershala Ali didapuk untuk menjadi Eric Brooks yang baru menggantikan Wesley Snipes.

Sebenarnya adaptasi film ini bukan yang pertama kali untuk Blade. Sebelumnya pada film Blade sendiri sudah pernah dibuatkan triloginya yang diperankan oleh Wesley Snipes, dan tayang perdana pada 1998 silam. Tapi, siapa sosok Blade sang pemburu vampir ini? berikut adalah pembahasan tentang sosok Blade.

Siapa Blade?

Bisa dibilang Eric “Blade” Brooks ini merupakan seorang pemburu vampir dan anti-hero yang mencoba untuk “menyelamatkan” manusia dari serangan para vampir ganas. Karena pada tahun 70an Marvel belum terlalu menggali cerita horror, Blade sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1973 di komik The Tomb of Dracula #10. Pada dasarnya, Erick merupakan seorang vampir yang memburu vampir lainnya.

Erick lahir pada 1929 dari seorang ibu bernama Tara, yang meninggal saat melahirkan Eric. Tara sendiri sengaja dibunuh oleh Deacon Forst, vampir yang menyamar menjadi manusia dan juga ayah biologis Eric. Enzim vampir Deacon menurun kepada Eric, yang membuat Eric memiliki seluruh kemampuan vampir tapi tidak dengan kelemahannya.

Di film Blade versi Snipes, Blade dan manusia setengah vampir disebut sebagai Daywalkers karena kemampuannya untuk bisa keluar di siang hari. Suatu hari, Eric melihat seseorang yang diserang oleh vampir dan berhasil menyelamatkan orang tersebut. Orang tersebut bernama Jamal Afari, seorang musisi yang juga seorang pemburu vampir. Akhirnya Afari membawa Eric dan merawatnya, sekaligus dia juga mengajarkan bagaimana menjadi seorang pemburu vampir handal.

Nama “Blade” sendiri merupakan julukan dari sesama pemburu vampir lainnya. Hal tersebut dikarenakan kemampuan bertarungnya ketika dia masih remaja. Hasrat untuk berburu dan menghabisi vampir semakin menjadi, ketika gurunya Afari dibunuh oleh Dracula. Petualangan Blade untuk berburu vampir sendiri masih berlanjut sampai saat ini.

Blade punya satu musuh bebuyutan, yaitu Dr. Michael Morbius alias Morbius the Living Vampire. Tapi, Blade sendiri pernah “bergesekan” dengan karakter ikonik lainnya seperti X-Men, Doctor Strange, dan Spider-Man. Bahkan, selama beberapa waktu, Eric pernah menggunakan identitas Ronin yang dimiliki Clint dan bergabung dengan Mighty Avengers. Namun, baru-baru ini Blade bergabung dengan Avengers atas undangan dari raja T’Challa alias Black Panther.

Blade Dibuat Lebih Nyata

Karakter Erick Brooks ini merupakan karya dari seorang kreator legendaris Gene Colan dan Marv Wolfman di tahun 1973. Pada tahun 2001, Gene colan pernah diwawancarai oleh Comic Book Artist dan mengatakan bahwa penampilan saat ini (jaket kulit, gaya rambut, dan sebagainya) merupakan idenya dan penambahan bandolier atau sarung peluru di badannya merupakan ide Marv.

Marv mengatakan kepadaku bahwa Blade merupakan pria berkulit hitam, dan kami bicara tentang bagaimana seharusnya dia berpakaian, dan bagaimana seharusnya dia berpenampilan.

Menurut Colan, Blade merupakan perpaduan dari seorang aktor berkulit gelap dan seorang atlet. Colan juga sadar bahwa di tahun 70an, masih sangat jarang (bahkan belum ada) karakter berkulit hitam dalam cerita komik. Oleh karena itu, dia ingin menjadi yang pertama untuk menghadirkan karakter komik berkulit hitam.

Orang berkulit hitam belum pernah digambarkan pada saat itu. Jadi aku ingin menjadi salah satu yang pertama untuk menggambarkan karakter berkulit gelap di komik. Ada banyak orang berkulit gelap di dunia ini, mereka juga membeli buku komik, mengapa kita tidak boleh memberikan rasa nyaman kepada mereka? mengapa aku tidak boleh jadi yang pertama untuk menggambar mereka? aku benar-benar menikmatinya!

Blade Jadi Jembatan Baru MCU

Pengumuman Marvel tentang Blade yang akan menjadi bagian dari MCU tentunya membuat banyak fans gembira dan senang, apalagi Blade merupakan salah satu karakter yang sudah lama mereka inginkan bergabung ke MCU. Blade merupakan seorang pemburu vampir, tapi pertanyaannya kemudian dimana keberadaan para vampir tersebut di MCU?

Marvel mungkin sudah pernah menampilkan karakter alien seperti Thanos dan makhluk kosmik seperti Dormamu di MCU. Tapi, Marvel belum pernah menghadirkan sosok vampir sampai saat ini. Mungkin baru sekarang Marvel akan mencoba untuk menghadirkan villain lainnya, yaitu vampir (bisa jadi melalui film Morbius). Artinya Blade bisa menjadi jembatan untuk memperkenalkan makhluk “baru” lainnya di MCU.

Film Blade sendiri tidak akan dirilis di Phase 4 nanti, seperti yang ditegaskan oleh Kevin Feige saat diwawancara oleh Collider. Namun, bisa saja Blade versi MCU ini muncul lebih cepat dengan cara menjadi cameo di salah satu film Phase 4. Kemungkinan yang cocok adalah film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang rencananya akan dirilis pada 2021 mendatang.

Film tersebut digadang-gadang akan menjadi film horror Marvel pertama yang akan dibuat. Tapi, kita masih belum tahu sampai sejauh mana “horror” yang dimaksud tersebut. Blade bisa saja muncul sebagai cameo di film tersebut, dimana Strange bertemu dengan Blade dan bersama-sama membasmi musuh yang sama yaitu vampir – atau villain lainnya.

Kemungkinan lainnya adalah Blade dan Strange bisa saja menjadi “pionir” untuk membentuk Avengers versi sihir, yang disebut sebagai Avengers of the Supranatural di MCU. Dalam cerita komiknya, Doctor Strange dan Blade merupakan anggota dari kelompok tersebut. Sama seperti tim Avengers yang kita kenal, para Avengers of the Supranatural ini juga bertugas untuk melindungi mereka yang tidak berdosa dari serangan Ghost Rider (yang pada saat itu lepas kendali).

Masih belum banyak informasi yang bisa digali tentang proyek film Blade, selain spekulasi dan juga teori. Kita juga masih belum tahu kapan filmnya akan dirilis, selain petunjuk bahwa filmnya akan dirilis di Phase 5. Yang pasti, Marvel sedang menggodok sesuatu yang baru dengan bergabungnya Blade ke MCU. Apa cerita yang sedang dipersiapkan oleh Marvel? Apa peran Blade di MCU? semua pertanyaan baru akan terjawab ketika Phase 4 dimulai. Jadi, mari kita tunggu saja kejutan lainnya yang disiapkan oleh Marvel ya Geeks!

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.