Setelah sukses dengan bagian pertama dari film horror adaptasi novel Stephen King, IT, Warner Bros. kemudian melanjutkan kesuksesan filmnya dengan pembuatan film sekuelnya. Dengan setting 27 tahun setelah kejadian di film pertama, Pennywise akan kembali meneror kota dan para anak-anak The Losers’ Club pun harus kembali untuk menghabisi Pennywise untuk yang terakhir kalinya.

Film IT: Chapter Two sendiri rencananya akan dirilis pada 6 September mendatang, dan akan diisi oleh berbagai cast top Hollywood seperti James McAvoy dan Jessica Chastain. Saat acara SDCC kemarin, film ini kembali merilis trailer terbarunya. Seperti yang diperlihatkan dalam trailernya, film sekuel ini akan lebih banyak menampilkan adegan darah. Hal tersebut juga disampaikan oleh pemeran Beverly dalam film ini, Jessica Chastain, yang bahkan dia sampai beberapa kali mencuci mukanya karena terkena cipratan darah.

Lalu, jika memang filmnya akan banyak menampilkan adegan-adegan yang eksplisit bagaimana dengan rating filmnya? Berdasarkan situs rating film Amerika, MPAA, film IT: Chapter Two akan memiliki rating Restricted. Dalam penjelasannya, rating-R yang dimiliki filmnya bukan rating-R yang biasa. Disebutkan dalam penjelasannya, bahwa film tersebut akan “Terdapat banyak adegan kekerasan yang menganggu dan gambar yang penuh darah di sepanjang film”. Dengan kata lain, film ini memiliki rating hard-R.

Tapi, dengan banyaknya adegan eksplisit yang pastinya sudah banyak diduga oleh para fans, rating ini tentunya bukan sebuah kejutan yang besar. Meskipun seri IT ini sukses, sempat ada kritik yang diarahkan ke film pertama. Kritiknya lebih kepada kurangnya aspek yang ada dalam cerita novelnya, khususnya para karakter Loser’s Club. Film sekuel ini juga sempat memiliki kekhawatiran yang sama terkait para karakter, adegan dan bagaimana filmnya dibandingkan film pertamanya. Yang pasti, para fans IT pastinya akan senang dengan rating ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.