Dalam berbagai cerita komik Thor, sosok perempuan ilmuwan bernama Jane Foster selalu menjadi karakter pendukung dalam ceritanya. Jane juga merupakan perempuan yang membuat Thor jatuh hati. Tapi, dalam cerita terbaru Thor peran Jane Foster berubah. Dia pernah menggantikan Thor Odinson sebagai dewa (atau dewi) petir dan menggunakan Mjolnir sebagai senjatanya. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Jane Foster Menjadi Female Thor

Dalam cerita komik Thor Vol.4 #1, sang dewa petir Thor Odinson harus kehilangan kemampuannya untuk bisa mengangkat Mjolnir. Ketika para Avengers bertarung melawan Nick Furry, Nick membisikan sesuatu ke telingan Thor yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk mengangkat Mjolnir. Palu ajaib tersebut akhirnya tertinggal di bulan, bahkan Odin sendiri tidak mampu mengangkat Mjolnir.

BACA JUGA:

Di akhir cerita kemudian diperlihatkan sosok karakter perempuan tiba di bulan dan mengangkat palu ajaib tersebut. Kemudian terungkap bahwa, saat palu milik Thor tersebut berada di bulan, Mjolnir sendiri yang kemudian “mengirimkan sinyal” kepada Jane. Dia kemudian meminta Heimdall untuk membawanya ke lokasi Mjolnir berada. Ketika Jane mengangkat Mjolnir, seluruh kekuatan Thor pun menjadi milik Jane.

Dia pun memutuskan untuk menyembunyikan identitasnya sebagai Female Thor. Tapi, Thor yang asli sendiri kelimpungan dan penasaran siapa yang mampu mengangkat Mjolnir tersebut. Female Thor sendiri pernah ikut bertempur dalam beberapa kesempatan, contohnya adalah dalam konflik antara Malekith the Accursed dan Frost Giants. Saat konflik ini juga Thor akhirnya sadar jika Jane menjadi “penerusnya” dan meminta Jane mengembalikan Mjolnir.

Thor kemudian menyadari jika Jane juga pantas untuk mengangkat Mjolnir, oleh sebab itu Thor pun akhirnya rela “memberikan” Mjolnir kepada Jane dan mengganti namanya menjadi Odinson saja. Jane juga pernah ikut bertempur dalam event Secret Wars dan menjadi anggota Avengers. Untuk tetap menyembunyikan identitas rahasianya, Jane tetap menjadi seorang senator perwakilan dari bumi di Kongres Dunia (Congress of Worlds).

Kekuatan Jane Foster Sebagai Female Thor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika Jane mengangkat palu Mjolnir di bulan seluruh kekuatan Thor menjadi milik Jane. Berkat kemampuan dari Mjolnir, Jane mampu untuk terbang bukan hanya antara wilayah yang ada di bumi melainkan juga antar dimensi. Dia menggunakan Mjolnir untuk bisa mengatur dan memanipulasi cuaca dan listrik.

Dengan menjadi Female Thor, penampilan seorang Jane Foster juga berubah. Setiap kali dia mengangkat Mjolnir dan berubah menjadi Female Thor, dia muncul dengan rambut panjang pirang, helm, dan sebuah kostum yang mirip dengan penampilan dari Thor. Tapi, ada harga yang harus dibayar oleh Jane Foster akibat dirinya menjadi Female Thor.

Jane Foster kemudian didiagnosa menderita kanker payudara. Semua itu akibat dirinya yang bertransformasi menjadi Female Thor dan seluruh radiasi yang ditimbulkan dari kekuatan Mjolnir yang dahsyat. Jane sendiri menolak berbagai pengobatan sihir dan lebih memilih untuk melakukan kemoterapi. Jane sendiri sebenarnya sempat mendapatkan bantuan dari Stepher Strange, salah satu orang yang mengetahui identitas asli Female Thor.

Strange sendiri khawatir dengan kondisi Jane. Bahkan dia sempat menyarankan Jane untuk tidak lagi bertransformasi menjadi Female Thor. Pasalnya, jika dia kembali berubah menjadi Female Thor dia akan terbunuh oleh kanker tersebut. Selama menjalani perannya sebagai Female Thor, Jane juga memiliki sifat yang sama dengan Thor yang asli yaitu bertarung demi kebaikan.

Oleh karena itu, Jane mengabaikan nasihat dari Strange untuk tidak berubah menjadi Female Thor ketika nasib warga Asgard berada dalam ancaman. Dia mengorbankan Mjolnir dan dirinya sendiri untuk menghentikan serangan besar yang menyerang Asgard. Odinson kemudian akhirnya mengetahui siapa sosok Female Thor sebenarnya, dan hatinya hancur saat mengetahui jika sosok tersebut adalah Jane Foster.

Odinson dan ayahnya, Odin, membawa tubuh Jane ke tempat yang aman dan mereka juga berhasil menghidupkan kembali Jane. Selain itu, Odinson juga kembali bisa mengangkat Mjolnir dan Jane meyakinkan Odinson untuk kembali menggunakan titel Thor. Jane sendiri kemudian “pensiun” sebagai Female Thor dan melanjutkan pengobatan kemoterapinya.

Natalie Portman Sebagai Female Thor Dalam Film Thor Selanjutnya

Berdasarkan laporan yang berkembang, di MCU Jane Foster akan menjadi Female Thor dalam film terbaru Thor yaitu Thor: Love and Thunder. Film yang akan disutradarai kembali oleh Taika Waititi merupakan film keempat Thor di MCU. Natalie Portman dikabarkan akan kembali ke perannya sebagai Jane Foster. Portman sendiri sempat muncul sebagai cameo dalam film Endgame dan berperan sebagai Jane Foster.

Hal tersebut terjadi ketika Rocket Racoon dan Thor kembali ke masa lalu, dengan msi untuk mengambil kembali Reality Stone yang berada di dalam tubuh Jane Foster. Pengumuman Natalie Portman yang akan kembali berperan sebagai Jane Foster sendiri diumumkan langsung dan dikonfirmasi saat panel Marvel Studios di acara SDCC kemarin.