Sudah sejak lama para fans superhero sering kali berargumentasi tentang superhero mana yang akan menang melawan superhero lainnya. Salah satu superhero dari DC, Superman, sering kali menjadi karakter yang menjadi “standar” kekuatan superhero saat membandingkan dengan karakter superhero lainnya. Dengan berbagai kekuatan dan kemampuan yang tidak akan pernah habis, rasanya sulit untuk mencari superhero yang sepadan dengannya.

Di sisi lain, Thor, merupakan salah satu Avengers yang terkuat yang bisa saja menjadi superhero tangguh yang mampu mengalahkan Superman. Dengan kemampuan Asgardian yang dia miliki dan juga palu Mjolnir yang setia dengannya, Thor adalah seorang dewa yang mungkin sangat kuat dan mampu melampaui kekuatan Superman. Lalu, siapa yang akan menang?

Thor dan Superman Versi Yang Mana?

Dengan ada banyaknya realita dan lini masa yang dihidupkan ulang dalam cerita komik superhero, DC dan Marvel masing-masing memiliki beberapa versi dari Superman dan Thor. Tentunya perlu untuk kita tentukan versi mana dari masing-masing hero tersebut sebelum kita bandingkan. Dalam universe DC,  Superman Pre-Crisis memiliki level kekuatan yang cukup dahsyat.

Dalam beberapa komik yang bersetting sebelum event Crisis on Infinite Earths, Superman mengembangkan berbagai kemampuan baru saat dalam ceritanya sendiri Superman memperlihatkan level kekuatan yang tidak akan bisa disamakan dengan hero manapun. Contohnya, bersinnya Superman benar-benar sangat kuat, sampai-sampai mampu mengubah sistem matahari kita menjadi tidak beraturan.

Tapi, berbeda dengan versi Superman yang lebih modern, dimana dalam Post-Crisis Superman memiliki batas kekuatannya. Beberapa karakter, seperti Doomsday dan Darkseid, bahkan mampu menyaingi kekuatan Kal-El dalam hal kekuatan. Sementara itu, di sisi lain Thor memiliki konsistensi untuk urusan kekuatan. Beberapa versi Thor di masa depan atau realita alternatif bisa lebih kuat atau lebih lemah dibandingkan Thor yang muncul di Earth utama.

Agar perbandingannya adil, selanjutnya pembahasan antara Superman dan Thor ini akan mengambil Superman versi Post-Crisis Superman dan juga Thor yang sudah memiliki Mjolnir.

Thor Atau Superman Yang Lebih Kuat?

Untuk urusan kekuatan asli, Superman sepertinya menang dibanding Thor di semua sisi. Superman pernah mendirikan sebuah planet, memukul orang sampai ke luar angkasa dan menunjukan berbagai “aksi mustahil” lainnya. Di DC Universe, kekuatan dari Superman hampir tidak ada yang bisa menandinginya. Tapi, Thor juga sering memperlihatkan kekuatan yang sama dengan Superman.

Kekuatan Thor sendiri mampu untuk menghancurkan seluruh planet, saat pertarungannya melawan Beta-Ray Bill. Dia bahkan pernah mengalahkan Galactus dan Phoenix Force, dua makhluk kosmik yang menjadi “perwakilan” kekuatan kosmik dalam Universe Marvel. Dia pernah menahan seluruh Asgard, menahan gravitasi lubang hitam, dan mampu menahan beban sampai satu juta ton.

Meskipun Superman masih lebih kuat dibandingkan Thor untuk urusan ini, perbedaan kekuatan antara Superman versi Post-Crisis dan juga Thor tidak sejauh yang banyak fans bayangkan. Kekuatan mereka tetap sama-sama dahsyat dan kuat. Hanya saja, Superman lebih unggul dibanding Thor.

Siapa Yang Memiliki Lebih Banyak Power?

Untuk masalah Superpower, Superman menang dalam keberagaman kekuatan super. Superman memiliki kekuatan contohnya freeze breath dan heat vision yang bisa digunakan saat pertempuran. Intinya Superman lebih memiliki banyak pilihan kekuatan super. Di sisi lain, Thor sering bertarung melawan Frost Giants dan memiliki ketahanan terhadap ledakan energi para makhluk Celestials.

Superman mungkin akan mampu membuat Thor merasakan sakit, tapi rasanya tidak akan sampai melukai parah Thor. Selain memiliki kekuatan seorang Asgardian, Thor memiliki satu power utama yaitu petir. Sebagai seorang dewa petir, dia mampu mengendalikan dan memanipulasi listrik magis. Seperti yang kita ketahui, Superman memiliki sebuah kelemahan terhadap sihir dan kemampuan listrik magis Thor bisa digunakan untuk mengalahkan Superman.

Kekuatan Magis Thor dan Superman

Superman memiliki beberapa kelemahan. Yang paling terkenal adalah dia lemah terhadap Kryptonite dan juga red sun. Tapi, kelemahan lainnya yang sering dilupakan adalah sihir. Inilah alasan utama Shazam, seorang superhero dengan kemampuan sihir, mampu mengalahkan Superman dan berhasil memenangkan pertarungan tersebut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Thor memiliki power utama yaitu palu yang berisi sihir. Dengan kemampuan sihir miliknya yang kemudian dialirkan ke Mjolnir dengan kecepatan cahaya, tentunya bisa membuat Superman kesakitan. Kemampuan magis Thor membuatnya mampu untuk mempertahankan kekuatannya dalam kondisi apapun. Dia bisa membangkitkan kekuatan petir magis dahsyat yang mampu melukai.

Intinya, sekuat apapun kekuatan Superman tetap tidak akan mampu bertahan melawan salah satu dari kelemahannya. Thor memiliki kekuatan yang merupakan kelemahan dari Superman. Meskipun Superman memiliki kekuatan yang lebih, dengan kekuatan magis Thor Kal-El bisa merasakan kekuatan dahsyat yang dimiliki Thor.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2