JoeBeberapa hari yang lalu, kita dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan jika Joe Taslim akan berperan menjadi salah satu karakter klasik, Sub-Zero, dalam proyek reboot film Mortal Kombat. Namun, masih belum diketahui apakah dia akan berperan sebagai Kuai Liang atau Bi Han. Joe Taslim sendiri dikenal melalui perannya dalam film The Raid, garapan Gareth Evans.

Diskusi pun kemudian muncul di kalangan para pengguna internet, baik di Indonesia ataupun di luar negeri. Mereka membahas apakah ada aktor dari Indonesia lainnya, seperti Iko Uwais, yang juga akan berperan dalam film ini. Iko sendiri sekarang sudah mulai masuk ke dalam jajaran daftar aktor Hollywood, setelah bermain di film Miles 88 bersama Mark Wahlberg dan juga yang terbaru adalah Stuber. Jika Iko memang akan bermain di film ini, ada beberapa karakter yang dirasa pas untuk dia perankan. Siapa saja?

Scorpion

Scorpion merupakan rival abadi dari Sub-Zero. Dalam ceritanya, Scorpion pernah dibunuh oleh pengguna identitas Sub-Zero pertama yaitu Bi Han. Karena itulah dia pun membalaskan dendamnya kepada Sub-Zero lainnya yaitu Kuai Liang. Perseteruan diantara kedua karakter ini benar-benar menjadi “bumbu” yang pas untuk ditambahkan ke dalam cerita, seperti yang dilakukan dalam film orisinalnya.

Scorpion memiliki latar belakang yang sama dengan Sub-Zero, yaitu memiliki keahlian bela diri yang sangat tinggi. Sehingga, rasanya Scorpion bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Iko. Dari bentuk fisik pun Scorpion tidak terlalu banyak memperlihatkan lekuk otot, yang juga bisa menjadi alasan lain mengapa Iko Uwais bisa menjadi aktor yang pas untuk berperan sebagai Scorpion.

Kung Lao

Kung Lao merupakan salah satu fighter utusan dari bumi dalam turnamen Mortal Kombat. Kung Lao memiliki perawakan layaknya seorang petarung Kung Fu dari Cina dengan topi besar yang menjadi salah satu ciri khasnya. Kung Lao sendiri pertama kali muncul dalam game Mortal Kombat II dan memiliki kemampuan Fataliti dengan menggunakan topinya.

Selain Scorpion, Kung Lao juga bisa menjadi karakter Mortal Kombat lainnya yang pas bila diperankan oleh Iko Uwais. Berbeda dengan Scorpion, Kung Lao benar-benar memperlihatkan sisi bela diri yang khas dari bumi. Berbagai gerakan-gerakan bela diri yang dipraktekan benar-benar sangat luwes dan luar biasa. Iko sendiri memiliki dasar bela diri silat, yang tentunya gerakannya tidak akan terlalu asing dengan gerakan Kung Lao.

Liu Kang

Liu Kang merupakan karakter yang menjadi wajah game Mortal Kombat. Selain gamenya, bahkan Liu Kang banyak muncul di berbagai media sebagai perwakilan dari Mortal Kombat. Sebelum menjadi seorang petarung, Kang merupakan seorang biksu Shaolin yang diutus ke turnamen Mortal Kombat. Kang sekarang menjadi pelindung bumi bersama sang dewa petir, Raiden.

Karakter Liu Kang sedari awal sudah didesain untuk memiliki gerakan yang mudah untuk dilakukan, dibandingkan karakter lainnya. Dalam film The Raid, kita bisa melihat bagaimana aksi Iko melakukan bela diri. Gerakannya bisa dibilang hampir sama dengan gerakan Liu Kang, sehingga ini Liu Kang bisa jadi alternatif lain bagi Iko. Jika Iko Uwais memang akan berperan sebagai Liu Kang, mungkin dia harus sedikit melakukan latihan lagi karena bentuk fisik dari Liu Kang sendiri cukup besar dan kokoh ototnya.