Berhasil ajak gebetan buat kencan kadang bikin kamu jadi kehabisan ide buat membuka percakapan yang seru. Meskipun sudah sering chat sampai tengah malam, makan siang bareng di kantor, atau ngobrol di pantry setiap pagi, namanya kencan punya kesan berbeda. Karena itu, wajar kalau kamu kikuk dan takut awkward saat mengajak gebetan kencan.

Namanya usaha, kamu pasti enggak mau kencanmu berakhir begitu saja. Ya, setelah kencan pertama, harus ada kencan berikutnya. Enggak seru ‘kan kalau kamu bahas soal klien atau rutinitas sehari-hari seperti informasi paket indiHome terbaru yang jelas-jelas praktis banget kalo bayar online, misalnya lewat Traveloka. Kamu perlu pertanyaan yang lebih seru dan bikin gebetan nyaman selama kencan.

1Biasanya ngapain kalau weekend?

Obrolan ini sebenarnya pertanyaan ringan, kamu mungkin langsung terpikirkan untuk mengajukan pertanyaan ini begitu ketemu gebetan. Nah, pertanyaan ini adalah modal yang bagus buat membuka percakapan panjang. Kamu juga bisa tahu preferensinya saat menghabiskan waktu di luar rutinitas kerja.

Kalau ternyata kalian punya kebiasaan yang sama pas weekend, bisa langsung jadi alibi buat ajak kencan selanjutnya ‘kan? Siapa tahu kamu bukan cuman dapat kesempatan kencan kedua, tetapi juga kencan-kencan selanjutnya.

2Work-life balance kamu kayak gimana, sih?

Menyempatkan waktu untuk kencan tentu bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Ya, terlebih lagi kalau gebetan ternyata punya banyak kesibukan di kantornya. Nah, sebaiknya kamu enggak mengganggu waktu luangnya dengan minta kencan sering-sering. Lebih baik ketahui bagaimana gebetan kamu mengisi waktu senggang selain bekerja.

Dari jawaban gebetan soal ini, kamu juga bisa melihat bagaimana preferensinya mengenai kepentingan profesional maupun personal. Kalau dia merasa nyaman dengan mempersiapkan hari Senin lebih cepat, mungkin sebaiknya kamu tidak mengajak kencan di hari Minggu. Gebetan mungkin lebih suka beristirahat di rumah sambil mempersiapkan diri menghadapi hari Senin yang sibuk.

3Kalau kamu enggak perlu kerja, mau ngapain?

Nah, pertanyaan ini bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Pembicaraan ini akan jadi topik yang menyenangkan kalau kamu punya kemiripan atau kesamaan pandangan. Kalian mungkin punya ketertarikan yang sama untuk traveling ke semua pantai di Indonesia atau hunting foto bangunan historis di seluruh dunia.

Ya, memang hampir enggak mungkin, sih, kalian benar-benar tidak bekerja dan menghabiskan waktu bersama. Namun, hal lain yang justru bisa dipelajari adalah kepribadian gebetan yang mungkin enggak sesuai dengan sudut pandang kamu. Nah, kalau seperti ini, ajakan kencan berikutnya mungkin bisa diajukan untuk orang lain saja ya.

4Pencapaian hidup apa yang paling kamu suka?

Enggak semua orang bisa terbuka soal pencapaian hidupnya. Ya, memang terkesan seperti pertanyaan saat wawancara kerja, tapi kalau gebetan bisa terbuka soal hal ini, artinya dia sudah nyaman untuk membahas hal yang cukup serius denganmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui apakah ada passion yang masih ingin dicapainya di kemudian hari. Nah, bisa langsung tawarkan kesempatan kencan selanjutnya sampai membahas impiannya yang belum terwujud.

Mengajak gebetan di kencan pertama memang sulit, tetapi ajakan kencan selanjutnya akan jauh lebih sulit. Kalau kencan pertamamu saja awkward, boro-boro mengajak kencan selanjutnya, mungkin kamu malah mati gaya sebelum kencan pertama selesai. Jadi, pastikan kamu membuka topik pembicaraan dengan pertanyaan yang tepat ya.