The Taskmaster kemungkinan akan menjadi villain utama dalam film solo Black Widow, yang akan dibintangi oleh Scarlet Johansson. Kabar ini muncul setelah banyak beredarnya foto bocoran proses produksi filmnya di Budapest, yang memperlihatkan karakter Taskmaster yang sedang mengendarai sebuah mobil lapis baja di tengah-tengah kota Budapest. Kemungkinan adegan tersebut ketika dia sedang mengejar Natasha dan Yelena.

Meskipun masih belum dipastikan apakah Taskmaster akan menjadi villain utama di film ini, tapi Taskmaster bisa menjadi musuh yang pas untuk Natasha Romanova. Keduanya merupakan seorang agen rahasia yang sudah bekerja untuk beberapa agensi dan sama-sama menjadi seorang tentara bayaran. Taskmaster bisa jadi orang yang membuat Black Widow seperti yang kita kenal saat ini. lalu, siapa Taskmaster?

Taskmaster Versi Komik

Karkater Taskmaster pertama kali diperkenalkan pada komik Avengers #195 yang dirilis pada tahun 1980. Kemudian pada edisi #196 kita kemudian pertama kali diperkenalkan dengan origin story dari Taskmaster. Dia mengungkapkan dirinya kepada Ant-Man, Yellow Jacket, dan The Wasp, setelah mereka secara tidak sengaja membongkar salah satu sekolah rahasia untuk para penjahat miliknya.

Taskmaster kemudian mempraktekan kemampuannya kepada para pahlawan tersebut. Dia kemudian mampu mengalahkan mereka dengan menggunakan senjata dan gaya bertarung yang mereka praktekan. Taskmaster kemudian menjelaskan jika dirinya memiliki kemampuan untuk menirukan berbagai hal apapun sejak dia kecil. Sejak lulus SMA, Taskmaster bercita-cita untuk menjadi seorang pahlawan dan juga seorang villain.

Namun, keinginan tersebut batal setelah dia menganggap menjadi pahlawan tidak mendatangkan keuntungan dan menjadi seorang kriminal berkostum terlalu beresiko. Akhirnya dia muncul ide untuk membuat sekolah dan menjadi guru untuk siapapun yang mau membayarnya. Selama bertahun-tahun, Taskmaster sudah melatih berbagai karakter baik villain maupun pahlawan.

Selama bertahun-tahun itu pula Avengers selalu berusaha untuk menangkap Taskmaster dan menggagalkan usahanya, tapi usaha mereka selalu gagal. Taskmaster pernah bekerja untuk organisasi AIM dan juga HYDRA. Dia kemudian mendapatkan pengampunan penuh setelah bekerja untuk SHIELD. Taskmaster diberikan tugas untuk melakukan serangkaian tes keamanan untuk Hellicarrier yang baru saja dibuat oleh SHIELD dan tugas tersebut pun sukses.

MUST READ: Tips buat para Geeks Jomblo!

Cerita origin Taskmaster kemudian dilanjutkan dalam mini serinya yang dirilis pada 2010. Dalam ceritanya, Taskmaster merupakan seorang agen SHIELD dengan nama Tony Masters. Ada hal yang tidak diketahui Tony, yaitu kekuatan untuk menirukan gerakan apapun tersebut dia dapatkan setelah dirinya disuntik oleh sebuah serum yang tujuan awalnya adalah untuk menciptakan tiruan serum Super Soldier yang disuntikan kepada Steve Rogers.

Formula tersebut bekerja secara sempurna, dengan Tony sekarang yang memiliki reflek yang bagis dan kemampuan fisiknya meningkat drastis. Efek samping dari formula tersebut adalah dia harus kehilangan ingatan pribadinya. Semakin banyak dia menirukan gerakan atau menggunakan kekuatan tersebut, semakin banyak ingatan tentang masa lalunya yang hilang. Efek samping ini membuat dia lupa jika dirinya adalah agen SHIELD dan melupakan istrinya, Mercedes Merced.

Sisi positifnya adalah berkat bantuan dari Merced, SHIELD bisa mengetahui kegiatan atau aktifitas para villain yang belajar dari “sekolah” milik suaminya tersebut dan mengetahui apa rencana mereka dengan menyewa jasa Taskmaster.

Kekuatan Taskmaster

Berkat serum formula yang disuntikan kepadanya, dia kemudian memiliki kemampuan yang disebut sebagai “Photograpic Reflexes” yang memungkinkan Tony untuk menirukan gerapa sesulit apapun. Selain mampu menirukan gerakan, Tony juga memiliki “Photographic Memory” yang membuat Tony bisa mengingat hal detail apapun dari apa yang sudah dia lihat.

Meskipun Taskmaster memiliki semua kemampuan yang mengagumkan tersebut, Tony hanya bisa melakukannya dalam jangka waktu tertentu. Tapi, berkat latihan dan kemampuannya tersebut Tony belajar berbagai kemampuan dari superhero lainnya. Dia belajar akrobatik dari Spider-man, belajar menembak sasaran dengan tepat dari The Punisher dan Hawkeye, belajar bela diri dari Shang-Chi dan Iron Fist, dan bahkan dia belajar melemparkan tameng seperti Captain America.

Kemampuan yang sudah dia pelajari tersebut membuat Tony Masters menjadi seorang yang ahli dalam hal taktis, bahkan mampu memperkirakan gerakan selanjutnya dari musuh. Sebagai ahli dalam hal taktik, Tony juga mampu dalam hal penyamaran dengan menirukan suara dan tubuh siapapun yang sudah dia perhatikan (lihat). Semuanya dikombinasikan dengan kemampuan fisik yang luar biasa berkat serum Super Soldier yang sudah disuntikan oleh seorang ilmuwan Nazi.

Berkat kemampuan ini, Taskmaster pernah mengalahkan Captain America dan Iron Man secara bergiliran dan menang. Satu-satunya karakter yang tidak akan mungkin dia tirukan kemampuannya adalah Wade Wilson alias Deadpool. Dia juga kalah dalam pertarungan satu lawan satu dengan Deadpool. Namun, kelemahan dari kekuatan ini adalah semuanya bergantung kepada ingatannya. Ketika ingatan Tony pudar, semua gerakan dan kemampuan yang sudah dia pelajari tidak akan terlalu berjalan efektif.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2