Goku merupakan tokoh karakter utama dalam cerita Dragon Ball. Berkat cerita tersebut kepopuleran Goku terus meningkat, bukan hanya di kalangan para pecinta Dragon Ball tapi juga diluar kalangan penggemar Dragon Ball. Dalam cerita Dragon Ball, (khususnya dalam Dragon Ball Z) kita melihat bagaimana Goku hampir selalu menang dalam setiap pertarungan.

Tapi, sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Goku tidak selalu memenangkan pertempuran atau pertarungan dalam cerita Dragon Ball. Bahkan, semakin lama franchise Dragon Ball berjalan, semakin sering juga Goku kalah. Dalam seri Dragon Ball Super, ada beberapa kali dimana Goku tidak bisa mengalahkan villain utama dalam sebuah arc oleh dirinya sendiri. Berikut adalah deretan pertarungan yang tidak bisa dimenangkan oleh Goku.

Goku Melawan Demon King Piccolo

Salah satu kekalahan paling brutal yang pernah dialami oleh Goku adalah ketika dia melawan Demon King Picolo. Goku marah besar karena Krilin tewas. Akhirnya Goku pun pergi untuk menemui Tambourine, namun awan Kintoun miliknya justru diserang dari arah bawah dan kemudian hancur. Hal itu membuat Piccolo dengan mudah langsung melacak keberadaan Goku.

Tanpa adanya usaha ekstra, Piccolo kemudian mampu menghentikan Goku dan mengalahkannya. Satu-satunya alasan mengapa sang Saiyan muda tersebut berhasil bertahan hidup adalah sebuah kesempatan, yang membuat Goku akhirnya mampu melanjutkan ceritanya. Piccolo sendiri sebenarnya pernah dikalahkan oleh Goku dalam pertarungan sebelumnya.

Goku Melawan Majin Vegeta

Sebenarnya dalam pertarungan ini sulit untuk menentukan siapa pemenangnya. Di satu sisi, Goku dan Vegeta secara sadar menghentikan pertarungan mereka demi mengalahkan Majin Boo. Di sisi lainnya, Goku sadar jika dirinya tidak boleh lengah ketika menghadapai Vegeta yang tubuhnya dikendalikan oleh Bobidi. Oleh karena itu, dalam pertarungan ini Vegeta bisa dibilang adalah pemenangnya.

Kekalahan Goku dalam pertarungan ini akhirnya menjelaskan salah satu kelemahan yang dia miliki dalam cerita Dragon Ball Super. Dari kekalahan ini juga bisa diambil kesimpulan bahwa mungkin Vegeta mampu untuk mengahajar Goku sampai dia terluka parah, tapi untuk benar-benar mengalahkannya butuh usaha yang lebih. Vegeta mungkin memenangkan pertarungan ini, tapi Kakarot alias Goku masih tetap ada di bawah bayang-bayangnya.

Goku Melawan Raditz

Bisa dibilang Raditz mampu dikalahkan berkat kerja sama antara Goku dan Piccolo. Namun, sebenarnya tujuan utama Piccolo pada awalnya adalah membunuh Raditz baru setelahnya dia membunuh Goku. Jika Raditz dan Goku berhasil dikalahkan sekaligus, hal itu akan menjadi sebuah kemenangan bagi Piccolo, tapi tidak bagi Goku.

Goku mungkin kalah dalam pertarungannya melawan Raditz, tapi dia akhirnya berhasil mengalahkan radit dengan “bantuan” Piccolo. Momen ketika Goku memegang ekor milik Raditz, momen itulah dimana Goku sadar jika dia kalah dan butuh bantuan. Goku sadar dia harus mengorbankan dirinya sehingga Piccolo bisa menghabisi kakaknya tersebut.

Goku Melawan Jackie Chun

Kekalahan pertama Goku yang “benar-benar kalah” terjadi saat Goku bertarung melawan sang legendaris Jackie Chun, yang tidak lain adalah identitas rahasia dari kakek jin kura-kura alias Master Roshi. Setelah menyadari seberapa pesat perkembangan kekuatan dari Goku dan Kuririn (Krilin), Roshi akhirnya memutuskan untuk berpartisipasi dalam turnamen bela diri Tenkaichi Budokai ke 21.

Tujuan dari Master Roshi mengikuti turnamen beladiri tersebut adalah dia ingin memberikan pelajaran kepada murid-muridnya tentang rasa malu, dan juga merasakan bagaimana rasanya kalah. Saat mengalahkan Goku di ronde final, Master Roshi mengajarkan sebuah nilai berharga kepada Goku tentang bagaimana jika dia menghadapi musuh yang lebih kuat darinya. Satu hal yang disadari oleh Goku adalah akan selalu ada orang atau karakter yang lebih kuat dari dirinya. Nilai lain yang coba diajarkan adalah bagaimana Goku harus mencintai bela diri, bukan hanya sekedar menang.

Goku Melawan Tenshinhan

Goku harus menghadapai Tenshinhan dalam turnamen bela diri Tenkaichi Budokai ke 22. Namun, Goku kali ini sudah belajar banyak hal dari Master Roshi untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya dan tidak hanya mengincar kemenangan. Berbeda dengan Tenshinhan yang memang masih diliputi oleh keinginan untuk menguasai dunia.

Saat bertarung melawan Goku, Tenshinhan menyadari tentang bela diri yang sesungguhnya dan bagaimana bela diri tidak hanya sekedar tentang kemenangan. Karena Goku kalah teknis dalam pertarungan tersebut, Tenshinhan kemudian menolak kemenangannya melawan Goku sebagai sebuah kemenangan yang sah. Tenshinhan sempat memberikan kemenangannya kepada Goku, namun ditolak oleh Goku. Akhirnya Goku memaafkan Tenshinhan setelah dia sengaja kalah dalam pertarungan lainnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2